Implementasi electronic learning material (ELEMA) berbasis student-centered learning mata kuliah zoologi invertebrata

Agus Haryono, Chaidir Adam, Soaloon Sinaga, Sitti Minah, Indah Fitriani

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah: (1) Menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kritis mahasiswa melalui implementasi ELEMA berbasis student-centered learning dan (2) Menganalisis respon mahasiswa terhadap implementasi ELEMA berbasis student-centered learning pada mata kuliah Zoologi Invertebrata. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa aktif semester 3 (tiga) Program Studi Pendidikan Bologi FKIP Universitas Palangka Raya yang memprogramkan mata kuliah Zoologi Invertebrata. Data keterampilan berpikir kritis mahasiswa dianalisis secara kuantitatif menggunakan rumus n-gain. Data diolah menggunakan program Microsoft Excel 2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis mahasiswa yang dibelajarkan dengan ELEMA pada mata kuliah Zoologi Invertebrata meningkat dengan rerata gain sebesar 0,71 dalam kategori Tinggi. Respon mahasiswa terhadap implementasi ELEMA dalam perkuliahan Zoologi Invertebrata menunjukkan rata-rata perolehan skor 86,5 yang menunjukkan respon sangat baik.


Keywords


Bahan Ajar Elektronik; Keterampilan Berpikir Kritis; Student-Centered Learning; Zoologi Invertebrata

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 149 times | PDF view : 153 times

References


Afiatin, T. (2005). Pembelajaran berbasis student centered learning. Disampaikan dalam Lokakarya SCL Program Hibah Kompetensi A-2 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia pada tanggal 18-19 Agustus 2005.

Hake, R. R. (1998). Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American Journal of Physics, 66(1), 64–74. https://doi.org/10.1119/1.18809

Hamalik. (2008). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem, 155. Jakarta: PT Bumi Aksara

Harsono, H. (2008). Student-centered learning di perguruan tinggi. Jurnal Pendidikan Kedokteran dan Profesi Kesehatan Indonesia, 3(1), 4-8.

Haryono, A., Basuki, B., Adam, C., Savitri, S., Araina, E., & Fahrina, R. (2021). The development of elema-scl protozoa for invertebrate zoology courses. International Conference on Elementary Education, 3(1 SE-Articles), 212–218.

Jacobs, G. M., Renandya, W. A., & Power, M. (2016). Simple, powerful strategies for student centered learning. Springer International Publishing.

Kristanto, A., Mustaji, & Mariono, A. (2017). The development of instructional materials e-learning based on blended learning. International Education Studies, 10(7), 10–17.

Kumar, K., & Cherono, L. (2018). Mobile base learning application for campus on android platform, case study-university of tourism, technology and business studies. International Journal of Computer Trends and Technology (IJCTT), 62(1), 35–39.

Lujara, S. (2010). Development of e-learning content and delivery for self-learning environment: case of selected rural secondary schools in Tanzania. Blekinge Institute of Technology.

Musahrain. (2016). Developing android-based mobile learning as a media in teaching english. Proceeding The 2nd International Conference on Teacher Training and Education, Sebelas Maret University, 307–313.

Salim, S., & Maryanti, E. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran matematika melalui teori pembelajaran perangkat lunak berbantuan sibernetik diturunkan. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4 (2), 229-238. doi:https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.16068.

Sanjaya, W. (2013). Kurikulum dan pembelajaran: toeori dan praktik pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v10i1.3451

Article Metrics

Abstract view : 149 times
PDF - 153 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.