Model discovery learning berbantuan PheT simulation untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kompetensi gerak harmonik sederhana

Kristantiniati Kristantiniati, Ishafit Ishafit

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan proses pembelajaran dan meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui pembelajaran menggunakan model discovery learning berbantuan PhET simulation pada kompetensi gerak harmonik sederhana. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Sumber data pada penelitian ini berasal dari peserta didik kelas X MIPA2 SMAN 1 Pegandon membuka 36 peserta didik dan kolabolator/teman sejawat. Metode pengumpulan data menggunakan lembar observasi untuk proses pembelajaran, aktivitas kehadiran dan aktivitas kerja kelompok, menggunakan tes untuk hasil belajar.Hasil penelitian ini memberikan data peningkatan aktivitas kehadiran dalam belajar dari siklus I rata-rata nilai 56,1 menjadi 65,0 pada siklus II, aktivitas kelompok rata-rata nilai 54,4 pada siklus I menjadi 75,6 pada siklus II. rata-rata nilai hasil belajar peningkatan kognitif dari 57,23 pada kondisi awal menjadi 68,19 pada siklus I dan 72,50 pada siklus II, pada kondisi awal 44 % peserta didik mencapai KKM meningkat menjadi 58,33 % pada siklus I dan 63 ,89% pada siklus II.


Keywords


Model discovery learning, PhET simulation, Hasil belajar

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 172 times | PDF view : 147 times

References


Ariani, Y., & Kenedi, A. K. (2018). Model polya dalam peningkatan hasil belajar matematika pada pembelajaran soal cerita volume di sekolah dasar. Jurnal Inspirasi Pendidikan, 8(2), 25–36. https://doi.org/10.21067/jip.v8i2.2520.

Catur Okti Windaria, F. A. Y. (2021). Penerapan model problem based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 9(1), 61–70.

Daryanto, & Karim, S. (2017). Pembelajaran abad 21. Yogyakarta: Gava Media.

Fitriana, F. (2019). Penerapan model discovery learning pada pembelajaran ipa materi tekanan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 5(2), 100-108. https://doi.org/10.33394/jk.v5i2.1805.

Hariyanto, A. (2017). Pengaruh discovery learning berbantuan paket program simulasi phet terhadap prestasi belajar fisika. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 1(3), 365-378. https://doi.org/10.24832/jpnk.v1i3.321.

Hartini, S. (2016). Pengembangan modul fisika pada pokok bahasan listrik dinamis dengan menggunakan model discovery learning di SMAN 5 Banjarmasin. Jurnal Fisika Flux, 13(1), 121–125. https://doaj.org/article/a88ae7eb8b704421bb1bcee40a989e41.

Khaerunnisak, K. (2018). Peningkatan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa melalui simulasi physic education technology (PhET). Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 4(2), 7-12. https://doi.org/10.29303/jppipa.v4i2.109.

Niswatuzzahro, V., Fakhriyah, F., & Rahayu, R. (2018). Penerapan model discovery learning berbantuan media audio visual untuk meningkatkan literasi sains siswa kelas 5 SD. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 8(3), 273–284. https://doi.org/10.24246/j.js.2018.v8.i3.p273-284.

Nurahman, A., Widodo, W., Ishafit, I., & Saulon, B. O. (2019). The development of worksheet based on guided discovery learning method helped by PhET simulations interactive media in newton’s laws of motion to improve learning outcomes and interest of vocational education 10th grade students. Indonesian Review of Physics, 1(2), 37-41. https://doi.org/10.12928/irip.v1i2.776.

Pardede, E., Suyanti, R. D., Pardede, E., & Suyanti, R. D. (2016). Efek model pembelajaran guided discovery berbasis kolaborasi dengan media flash terhadap keterampilan proses sains dan hasil belajar kognitif tinggi fisika siswa SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(1), 12–17.

Prima, E. C., Putri, A. R., & Rustaman, N. (2018). Learning solar system using PhET simulation to improve students’ understanding and motivation. Journal of Science Learning, 1(2), 60-70. https://doi.org/10.17509/jsl.v1i2.10239.

Putri, I. S., Juliani, R., Fisika, J. P., Learning, D., & Belajar, H. (2017). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar siswa dan aktivitas siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 91–94.

S, M., & Bare, Y. (2019). Meningkatkan hasil belajar siswa pada konsep perubahan dan pelestarian lingkungan hidup dengan model discovery learning di SMAS Katolik ST Gabriel Maumere. BIOEDUSCIENCE: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains, 3(2), 84–89. https://doi.org/10.29405/j.bes/3284-893298.

Sahara, L., Nafarudin, N., Fayanto, S., & Tairjanovna, B. A. (2020). Analysis of improving students’ physics conceptual understanding through discovery learning models supported by multi-representation: measurement topic. Indonesian Review of Physics, 3(2), 57-65. https://doi.org/10.12928/irip.v3i2.3064.

Salamah, U., & Mursal. (2017). Meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik menggunakan metode eksperimen berbasis inkuiri pada materi kalor. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 5(1), 59–65.

Sanjaya, W. (2016). Strategi pembelajaran: berorientasi standar proses pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Sappaile, B. I., Djaman, N., Ba’ru, Y., Kadir, K., & Darwis, M. (2018). Penerapan model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari minat belajar siswa SMP Negeri di Kota Rantepao. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(2), 252-266. https://doi.org/10.31331/medives.v2i2.597.

Saregar, A. (2016). Pembelajaran pengantar fisika kuantum dengan memanfaatkan media phet simulation dan LKM melalui pendekatan saintifik: dampak pada minat dan penguasaan konsep mahasiswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 5(1), 53–60. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v5i1.105.

Sari, E. R., Marungkil, P., & Sahrul, S. (2017). Pengaruh model discovery learning terhadap hasil belajar fisika pada pokok bahasan kalor di SMP Negeri 2. Jurnal Inonovasi dan Pembelajaran Fisika, 1(1), 119–126.

Saridewi, N., Suryadi, J., & Hikmah, N. (2017). The implementation of discovery learning method to increase learning outcomes and motivation of student in senior high school. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA, 3(2), 124-133. https://doi.org/10.30870/jppi.v3i2.782.

Subyantoro. (2019). Penelitian tindakan kelas. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Sasanti, M., Hartini, S., & Mahardika, A. I. (2017). Pengembangan LKS dengan model IDL untuk melatihkan keterampilan proses sains pada pokok bahasan listrik dinamis di SMAN 5 Banjarmasin. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 5(1), 46-59. https://doi.org/10.20527/bipf.v5i1.2815.

Sudirman, R., Arafah, K., Amin, B. D., Fisika, P., & Makassar, N. (2020). Evaluating the implementation of the discovery learning model in physics at SMA Negeri 6 Makassar. Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhamadiyah Metro, 8, 299–309. https://doi.org/10.26618/jpf.v8i3.3868.

Sujanem, R., Sutarno, E., & Aris Gunadi, I. G. (2019). Pelatihan dan pendampingan pembuatan media simulasi praktikum IPA SMP dengan program simulasi PhET. International Journal of Community Service Learning, 3(1), 11-17. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v3i1.17485.

Supurwoko, S., Cari, C., Sarwanto, S., Sukarmin, S., Budiharti, R., & Dewi, T. S. (2017). Virtual lab experiment: physics educational technology (PhET) photo electric effect for senior high school. International Journal of Science and Applied Science: Conference Series, 2(1), 381-386. https://doi.org/10.20961/ijsascs.v2i1.16750.

Susanti, S. D., Taqwa, M. R. A., & Sulur, S. (2020). Pengembangan e-module berbasis discovery learning berbantuan PhET pada materi teori kinetik gas untuk mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 6(2), 287-296. https://doi.org/10.29303/jpft.v6i2.2234.

Susilawati, & Ishafit. (2020). Pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis inquiry learning berbantuan media simulasi dengan modellus pada pokok bahasan gerak melingkar. RADIASI: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 13(1), 29–34. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/radiasi/article/view/134/82.

Thohari, U. H., Madlazim, M., & Rahayu, Y. S. (2019). Developing learning tools guided discovery models assisted PhET simulations for trainning critical thinking skills high school students. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding, 6(4), 390-397. https://doi.org/10.18415/ijmmu.v6i4.1008.

Tumanggor, A. M. R., Supahar, S., Ringo, E. S., & Harliadi, M. D. (2020). Detecting students’ misconception in simple harmonic motion concepts using four-tier diagnostic test instruments. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 9(1), 21–31. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v9i1.4571.

Walker, J., Halliday, D., & Resnick, R. (2011). Fundamentals of physics. In Fundamentals of Physics. http://www.lavoisier.fr/notice/frJPOSOAXWKRRLKO.html.

Yusuf, M., & Wulan, A. R. (2016). Penerapan model discovery learning tipe shared dan webbed untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kps siswa. Edusains, 8(1), 48–56. https://doi.org/10.15408/es.v8i1.1730.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v10i1.3540

Article Metrics

Abstract view : 172 times
PDF - 147 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.