Pengembangan bahan ajar IPA berbasis RIAS pada tema global warming untuk meningkatkan kreativitas peserta didik

Diah Rosita Dewi, Ahmad Muhlisin, Rina Rahayu

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan, efektivitas dan respon guru dan peserta didik terhadap bahan ajar berbasis pembelajaran RIAS pada tema globalisasi dan dampaknya pada ekosistem. Model pengembangan yang digunakan merupakan model ADDIE. Subyek penelitian sebanyak 20 peserta didik di tentukan menggunakan cluster sampling dengan desain uji coba pretest dan posttest. Hasil penelitian pengembangan yang diperoleh adalah: (1) Kelayakan pengembangan bahan ajar menunjukan kriteria layak dengan presentase 80,1% dari ahli bahan ajar dan 73,6% dari ahli materi; (2) Efektifitas bahan ajar berdasarkan perolehan skor Uji T menunjukan t hitung  -11,87 dan t table -1,68 Sehingga Ho ditolak dan Ha diterima dengan kesimpulan signifikan, dan N-gain menujukan rata-rata skor sebesar 0,42 dengan kategori peningkatan sedang; (3) Kepraktisan bahan ajar diperoleh 81,4% dari peserta didik dan 87,3% yang disimpulkan dalam kategori sangat praktis.


Keywords


Bahan Ajar, Kreativitas, RIAS

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 100 times | PDF view : 91 times

References


Amzil, A. (2013). The effect of a metacognitive intervention on college students’ reading performance and metacognitive skills. Journal of Educational and Developmental Psychology, 4(1), 27–45. https://doi.org/10.5539/jedp.v4n1p27

Andani, D. T., & Yulian, M. (2018). Pengembangan bahan ajar electronic book menggunakan software kvisoft flipbook pada materi hukum dasar kimia di SMA Negeri 1 Panton Reu Aceh Barat. Jurnal IPA & Pembelajaran IPA, 2(1), 1-6.

Arikunto, S. (2012). Prosedur penelitian suatu pendekatan praktek. Jakarta: Rineka Cipta..

Ardianti, S. D., Pratiwi, I. A., & Kanzunnudin, M. (2017). Implementasi Project Based Learning (PJBL) Berpendekatan Science Edutainment Terhadap Kreativitas Peserta Didik. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2), 145–150. https://doi.org/10.24176/re.v7i2.1225

Irawatie, A., Iswahyuni, Setyawati, M. E., & Kesehatan. (2019). Comparative study of post-marriage nationality of women in legal systems of different countries. International Journal of Multicultural and Multireligious Understanding Jakarta International Conference on Social Sciences and Humanities Education Learning D. 27–42. http://ijmmu.com

Kırmızı, Ö. (2015). The influence of learner readiness on student satisfaction and academic achievement in an online program at higher education. Turkish Online Journal of Educational Technology, 14(1), 133–142.

Kolić-Vehovec, S., Zubković, B. R., & Pahljina-Reinić, R. (2014). Development of metacognitive knowledge of reading strategies and attitudes toward reading in early adolescence: The effect on reading comprehension. Psihologijske Teme, 23(1), 77–98.

Mathew. (2017): Improving the effectiveness of interventions to reduce smoking among people living with severe mental ill-health. National Center for Biotecnology Information.

Muhlisin, A., Sarwanti, S., Jalunggono, G., Yusliwidaka, A., Mazid, S., & Nufus, A. B. (2021). RIAS Learning Model: a Character Education Innovation. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(1), 660–667. https://doi.org/10.35445/alishlah.v13i1.520

Napitupulu, C. A., Ananda, K., Praticia, R., & Rahmadini, V. W. (2020). Implementasi pembelajaran kolaboratif daring (online collaborative learning) dalam rangka pembentukan dukungan sosial mahasiswa PG PAUD FKIP Universitas Palangka Raya. J. Pendidik. Dan Psikol. Pint. Harati, 16(2), 1-17.

Nurdiansyah, & Widodo, A. (2017). Manajemen Sekolah Berbasis ICT.

Priyanto, R. T. Dartu.(2015). Pengaruh kreativitas dan kebiasaan belajar terhadap prestasi belajar otomatif siswa tingkat XII SMK Giripuro Sumpiuh tahun pelajar 2014/2015”. Jurnal Pendidikan, 6(02), 167-173.

Richardson, C., & Mishra, P. (2018). Learning environments that support student creativity: Developing the SCALE. Thinking Skills and Creativity, 27, 45–54. https://doi.org/10.1016/j.tsc.2017.11.004

Syofyan, H., & Halim, A. (2016, July). Penerapan metode problem solving pada pembelajaran ipa untuk peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. In Prosiding Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu & Call For Papers UNISBANK (SENDI_U) KE-2 Tahun.

Sugiyono. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode penelitian kualitatif, kuantitatif dan R&D.Bandung: Alfabeta.

Umriyah, dkk. (2012). Penggunaan bahan ajar dengan pendekatan andragogi sebagai upaya meningkatkan kreativitas dan hasil belajar siswa SMA RSBI. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 8(1), 68-73.

Zubaidah, S., Yuliati, L., dan Mahanal, S. (2013). Model dan Metode pembelajaran SMP IPA. Cetakan 1. Malang: Universitas Negeri Malang.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v9i2.3922

Article Metrics

Abstract view : 100 times
PDF - 91 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.