PENGEMBANGAN VIDEO REMEDIASI SEBAGAI TINDAK LANJUT FEEDBACK ASESMEN FORMATIF PADA MATERI CAHAYA DAN ALAT OPTIK
Abstract
Setiap siswa memerlukan waktu yang berbeda-beda untuk menuntaskan suatu materi pembelajaran. Perbedaan waktu yang diperlukan untuk menuntaskan suatu materi pembelajaran dapat difasilitasi salah satunya dengan pembelajaran remedial, namun pembelajaran remedial secara klasikal menyita waktu karena siswa dan guru harus meluangkan waktu tambahan untuk melaksanakannya. Hal tersebut dapat diminimalisasi dengan menyediakan video pembelajaran yang disusun berdasarkan permasalahan yang muncul dalam proses asesmen formatif. Penelitian & pengembangan ini merupakan bagian penelitian & pengembangan asesmen formatif berbantuan perangkat mobile yang peneliti lakukan. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan video remediasi yang layak digunakan sebagai tindak lanjut feedback asesmen formatif.
Desain penelitian & pengembangan mengadaptasi desain ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi) dan evaluating (evaluasi). Data dalam penelitian & pengembangan ini berupa data kuantitatif dan kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari penilaian kualitas video oleh validator dan siswa SMP Terbuka Pahandut Kota Palangkaraya, sementara data kualitatif diperoleh dari komentar dan saran terhadap video.
Hasil penelitian dan pengembangan adalah tujuh video remedial pada materi cahaya dan alat optik yang layak digunakan pada aplikasi asesmen formatif berbantuan perangkat mobile yang peneliti kembangkan untuk Materi IPA SMP khususnya materi Cahaya dan Alat Optik.
Kata Kunci: video remedial, cahaya dan alat optik
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 469 times | PDF (Bahasa Indonesia) view : 476 timesReferences
Basri, I., Y. 2011. Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Di Bidang Cad/Cam Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Remedial. Jurnal Teknologi Informasi & Pendidikan, 3(1): 19-30.
Block, J. H. 1971. Mastery Learning Teory and Practice. New York: Rinehart and Winston. Branch, R., M.. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York:Springer.
Carroll, J. B. 1989. The Carroll Model: A 25-Year Retrospective and Prospective View.
Educational Researcher, 18: 26-31.
Chester, A., Buntine, A., Hammond, K., & Atkinson, L. 2011. Podcasting in education: Student attitudes, behavior and self- efficacy. Educational Technology & Society,
(2), 236–247
Heilesen, S. B. 2010. What is the academic efficacy of podcasting? Computers & Education,
(3), 1063-1068.
Hendarto, S., Sunyoto & Aryadi, W. 2012. Penggunaan Video Animasi Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Kompetensi Sistem Starter. Automotive Science and Education Journal, 1 (1): 38-43.
Hill, J. L., & Nelson, A. 2011. New technology, new pedagogy? Employing video podcasts in learning and teaching about exotic ecosystems. Environmental Education Research,
(3), 393-408.
Ibrahim M., Antonenko P.D., Greenwood C.M., and Wheeler D.. 2012. Effects of segmenting, signaling, and weeding on learning from educational video. Learning, Media and Technology, 37:220-235.
Jarvis, C., & Dickie, J. 2010. Podcasts in support of experiential field learning. Journal of
Geography in Higher Education, 34(2), 173-186.
Leijen, A., Lam, I., Wildschut, L., Simons, P. R. J., & Admiraal, W. 2009. Streaming video
to enhance students’ reflection in dance education. Computers & Education, 52(1),
-176. doi: 10.1016/j.compedu.2008.07.010
Lester, F. K. 2007. Second Handbook ofResearch on Mathematics Teaching and Learning:
a project of the national council of teachers of matematics. USA: NCTM.
Marsandi, 2016. Pengembangan Asesmen Formatif pada Materi Indra Penglihatan dan Alat Optik. Makalah disajikan Seminar Nasional II Biologi, Pembelajaran, dan Lingkungan Hidup Perspektif Interdisipliner, Malang, 26 Maret 2016.
Mena, A.L., Julio, C., & Godinho, A. 2014. Using Animated Videos for Science Engagement and Science Learning. Makalah disajikan dalam 13th International Public Communication of Science and Technology Conference, Salvador, 5 Mei 2014, (Online), (www.pcst-2014.org), diakses 1 Desember 2015.
Mayer, R. E., & Moreno, R. 2003. Nine ways to reduce cognitive load in multimedia learning. Journal of Educational Psychologist, 38: 43–52.
OECD. 2015. Education Policy Outlook 2015: Making Reform Happen. OECD Publishing, (Online), (http://dx.doi.org/10.1787/9789264225442-en, diakses 1 April 2015).
Patel, D.N., 2013. Remedial Teaching Using CAI Programme for the Unit Chemistry in Everyday Life of 12th Science Chemistry. International Journal for Research in Education, 2 (4): 32-35.
Slavin, R. E. 2013. School and ClassroomOrganization. New York: Routledge.
Sudjana, N. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Sweller, J.. 1988. Cognitive load during problem solving: Effects on learning. Cognitive
Science, 12:257-285.
Sweller, J.. 1989. Cognitive technology: Some procedures for facilitating learning and problem-solving in mathematics and science. Journal of Educational Psychology,
:457-466.
Sweller, J.. 1994. Cognitive load theory, learning difficulty, and instructional design.
Learning and Instruction, 4:295-312.
Tuttle, H. G. 2013. Formative Assesment Responding To Your Students. New York: Routledge.
DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v4i2.515
Article Metrics
Abstract view : 469 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 476 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Contact Person:
Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.