PENGEMBANGAN LITERASI MATEMATIKA SEKOLAH DALAM PERSPEKTIF MULTIPLE INTELLIGENCES

Abdul Halim Fathani

Abstract


Dewasa ini, masyarakat dituntut mampu memanfaatkan pengetahuannya secara optimal agar lebih cerdas dan kritis dalam menerima dan mengolah informasi. Hal ini sangat penting untuk menunjang pemecahan masalah yang semakin kompleks. Menjawab tuntutan sekaligus kebutuhan zaman inilah, pendidikan memegang peran penting dalam menyiapkan generasi bangsa yang berkompeten, termasuk di dalamnya adalah penguasan matematika dan pemahamannya secara holistik. Matematika menjadi pondasi dalam pengembangan sains dan teknologi. Oleh karena itu, masyarakat dengan segala keunikan kecerdasan individunya (mulptiple intelligences) harus memiliki kemampuan literasi matematika yang memadai. Masyarakat dituntut mampu memanfaatkan matematika secara teoritis dan aplikatif. Semua pelaku pendidikan matematika harus terus melakukan ijtihad demi peningkatan kemampuan literasi matematika.

Katakunci: Matematika Sekolah, Literasi matematika, Matematika Realistik, Multiple Intelligences


Article Metrics

Abstract view : 6015 times | PDF (Bahasa Indonesia) view : 6407 times

References


Chatib, Munif. 2009. Sekolahnya Manusia: Sekolah Berbasis Mutiple Intelligences. Bandung: Kaifa.

Draft Mathematics Framework. 2013. https://www.oecd.org/pisa.

Fathani, Abdul Halim. 2013. Gaya Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematik Ditinjau dari Tingkat Kecenderungan Kecerdasan Matematik dan Linguistik. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 18 Mei 2013. Malang: UIN Malang.

Fathani, Abdul Halim. 2011. Gaya Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematik Berdasarkan Multiple Intelligences. Tesis. Malang: Universitas Negeri Malang.

Gardner, Howard. 1998. Multiple Intelligences: The Theory in Practice. New York: BasicBooks.

http://litbang.kemdikbud.go.id.

http://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2016/12/hasil-survei-pisa-peningkatan-capaian-indonesia-termasuk-empat-besar.

https://www.oecd.org/pisa/.

Jasmine, Julia. 2007. Professional’s Guide: Teaching with Multiple Intelligences. Terjemahan oleh Purwanto (Panduan Praktis Mengajar Berbasis Multiple Intelligences). Bandung: Nuansa.

Johar, Rahmah. 2012. “Domain Soal PISA untuk Literasi matematikaâ€. Jurnal Peluang, Volume 1, Nomor 1, Oktober.

Jufri, Lucky Heriyanti. 2015. “Penerapan Double Loop Problem Solving untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Level 3 pada Siswa Kelas VIII SMPN 27 Bandungâ€. LEMMA. 2(1).

Khikmiyah, Fatimatul dan Midjan. 2016. “Pengembangan Buku Ajar Literasi Matematika untuk Pembelajaran di SMPâ€. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika dan Pembelajarannya. Universitas Muhammadiyah Gresik. 1(2)

Mahdiansyah dan Rahmawati. 2014. “Literasi matematika Siswa Jenjang Pendidikan Menengah: Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks Indonesiaâ€. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 20(4).

Maryanti. 2012. Peningkatan Literasi matematika Peserta didik Melalui Pendekatan Metacognitive Guidance. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

OECD. 2010. 2009. Matemathics Framework. Paris: PISA, OECD Publishing.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah

Sari, Rosalia Hera Novita. 2015. Literasi matematika: Apa, Mengapa, dan Bagaimana. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Sue, Thomson. 2013. A Teacher’s Guide to PISA Mathematical Literacy. Australia: ACER Press.

Tim Fasilitator Pelatihan Pekerti-AA Kopertis Wilayah VII. 2014. Modul Pelatihan Pengembangan Ketrampilan Dasar Teknik Instruksional (PEKERTI). Surabaya: Kopertis Wilayah VII.

UNESCO. 2016. Literacy for All. http://en.unesco.org/themes/literacy-all. diakses 7 November 2016.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v4i2.524

Article Metrics

Abstract view : 6015 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 6407 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.