Analisis Kesulitan Guru PAUD dalam Membelajarakan IPA pada Anak Usia Dini

Dyah Setyaningrum Winarni

Abstract


Pendidikan anak usia dini (PAUD) sebagai dasar pendidikan anak yang lebih tinggi dan menyiapkan generasi pembelajar yang memilki jiwa kompetisi yang sehat sangat penting. Hal tersebut bisa dilakukan melalui pembelajaran sains. Penelitian ini menganalisis kesulitan guru PAUD dalam membelajarkan sains pada anak usia dini. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif dengan sampel 35 orang guru PAUD di Kecamatan Tegowanu, Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik informant review atau umpan balik dari informan oleh Milles dan Hubberman.  Untuk menjamin validitas data yang dikumpulkan juga menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesulitan guru PAUD dalam membelajarkan sains pemahaman konsep sains yang masih kaku dengan mengikuti buku acuan, keterbatasan alat, bahan, dan waktu, serta penerapan konsep sains yang belum mengacu pada lingkungan anak usia dini. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi guru PAUD harus ditingkatkan sesuai dengan tujuan membelajarkan sains pada anak usia dini.


Keywords


: pendidikan nak usia dini, sains, kesulitan guru PAUD

Article Metrics

Abstract view : 2110 times | PDF (Bahasa Indonesia) view : 1790 times

References


Agustini, Ketut Setia Adi., I Ketut Gading, dan Luh Ayu Tirtayani. 2016. Pengaruh Metode Pembelajaran Eksperimen terhadap Keterampilan Proses Sains pada Kelompok B Semester II TK Kartika VII-3. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4 No.2: 1-10.

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Aswin, Fauzia. 2003. Psikologi Perkembangan Anak. Jakarta: Depdikbud.

Departemen Pendidikan Nasional. 2007. Pedoman Pembelajaran Bidang Pengembangan Fisik Motorik di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Dirjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Miles, M.B. and Huberman, A.M. (1984). Qualitative Data Analysis: A Sourcebook of New Methods. Beverly Hills CA: Sage Publications.

Mulyasa. 2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nugraha, Ali. 2008. Pengembangan Pembelajaran Sains Pada Anak Usia Dini. Bandung.

Sudono, A. 2000. Sumber Belajar dan Alat Permainan. Jakarta: Grasindo.

Sujiono. 2008. Metode Pengembangan Fisik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Surakhmad, Winarno. 2000. Pengantar Penelitian Ilmiah Dasar Metode Teknik. Bandung: Tarsito.

Undang – Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.




DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v5i1.578

Article Metrics

Abstract view : 2110 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1790 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Contact Person:

Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.