PENERAPAN PEMBELAJARAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING AND COMPOSITION (CIRC) BERBANTUAN WEBSITE BLOGSPOT PADA MATA KULIAH METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN FISIKA
Abstract
Penelitian ini bertujuan menerapkan Pembelajaran CIRC Berbantuan Website Blogspot pada mata kuliah metodologi penelitian pendidikan fisika. Metode penelitian ini menggunakan metode pre-experiment dengan one group pre-test post-test design. Hasil Penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah Pembelajaran CIRC Berbantuan Website Blogspot yaitu rata-rata pre-test 14,00, rata-rata post-test 67,44 dan rata-rata N-Gain 0,62, kategori sedang. Uji perbedaan rata-rata hasil belajar mahasiswa sebelum dan setelah Pembelajaran CIRC Berbantuan Website Blogspot dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan nilai pre-test dan post-test pada penerapan Penerapan Pembelajaran CIRC Berbantuan Website Blogspot.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)Article Metrics
Abstract view : 677 times | PDF (Bahasa Indonesia) view : 730 timesReferences
Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran, Bandung : Alfabeta.
BM, S. M. 2015. penerapan pembelajaran fisika berbasis e-learning pada materi pokok fluida statis. Inovasi Pendidikan Fisika, 4(2).
Hake, R. R. 1998. Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. American journal of Physics, 66(1), 64-74.
Hanum, N. S. 2013. Keefetifan E-Learning sebagai Media Pembelajaran (Studi Evaluasi Model Pembelajaran E-Learning SMK Telkom Sandhy Putra Purwokerto). Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(1).
Huda, M. 2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jenisa, K., & Lubis, A. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Konstruksi Bangunan Siswa Kelas X TGB SMK Negeri 1 Lubuk Pakam. Educational Building, 2(1).
Kusmana, A. 2017. E-learning dalam Pembelajaran. Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 14(1), 35-51.
Madhu, G & Jyoti, A. 2014. Cooperative Integrated Reading Composition (Circ): Impact On Reading Comprehension Achievement In English Among Seventh Graders. International Journal of Research in Humanities, Arts and Literature, 2(5), 37-46 .
Putranto, E. P. (2010). Penerapanmodel pembelajaran kooperatif tipe circ berbantuan moduluntuk meningkatkan keaktivan dan hasil belajar siswa kelas VIIIA MTS N 1 gemolong tahun ajaran 2009/2010 (Doctoral dissertation,Universitas Sebelas Maret).
Slavin, R.E. 2008. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.
Wijaya, M. (2012). Pengembangan model pembelajaran e-learning berbasis web dengan prinsip e-Pedagogy dalam meningkatkan hasil belajar. Jurnal Pendidikan Penabur, 11(19), 20-27.
DOI: https://doi.org/10.23971/eds.v6i2.937
Article Metrics
Abstract view : 677 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 730 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Contact Person:
Luvia Ranggi Nastiti (Can't talk, WhatsApp only +62 811520115)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.