DARI TRADISIONAL MENUJU DIGITAL: ADOPSI INTERNET OLEH NAHDLATUL ULAMA SELAMA PANDEMI COVID-19
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1600 times | PDF view : 1084 timesReferences
Abdalla Uba Adamu. (t.t.). Islam and the Internet. Diambil 1 Juni 2020, dari http://www.kanoonline.com/publications/islam_and_the_internet.htm
Ahmad, A. W. (2020, Maret 16). Melihat Corona dari Perspektif Aqidah dan Fiqih. Diambil 1 Juni 2020, dari https://islam.nu.or.id/post/read/117874/melihat-corona-dari-perspektif-aqidah-dan-fiqih
Al-Kandari, A. A., & Dashti, A. (2014). Fatwa and the Internet: A Study of the Influence of Muslim Religious Scholars on Internet Diffusion in Saudi Arabia. Prometheus, 32(2), 127–144. https://doi.org/10.1080/08109028.2014.998929
Aminuddin, L. H. (2018). Rekonstruksi Wacana Modernis-Tradisionalis: Kajian Atas Pemikiran Keislaman Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama Pasca Reformasi. Kodifikasia, 12(1), 93-112–112. https://doi.org/10.21154/kodifikasia.v12i1.1426
Armfield, G. G., & Holbert, R. L. (2003). The Relationship Between Religiosity and Internet Use. Journal of Media and Religion, 2(3), 129–144. https://doi.org/10.1207/S15328415JMR0203_01
Azis, M., & Muiz, A. (2020, April 28). Perkuat Ekonomi Warga, NU OKU Timur Luncurkan Beras Nusantara. Diambil 1 Juni 2020, dari https://www.nu.or.id/post/read/119522/perkuat-ekonomi-warga--nu-oku-timur-luncurkan-beras-nusantara-
Barker, E. (2005). Crossing the Boundary: New Challenges to Religious Authority and Control as a Consequence of Access to the Internet. Dalam Religion and cyberspace (hlm. 72–90). Routledge.
Basis Pendukung. (t.t.). Diambil 1 Juni 2020, dari /static/9/basis pendukung
Berger, Peter L., & Luckmann, T. (1966). The Social Construction of Reality: A Treatise in the Sociology of Knowledge. Garden City: Doubleday.
Berger, Peter Ludwig. (1981). The Homeless Mind: Modernization and Consciousness. USA: Penguin Books.
Bockover, M. I. (2003). Confucian Values and the Internet: A Potential Conflict. Journal of Chinese Philosophy, 30(2), 159–175. https://doi.org/10.1111/1540-6253.00112
Bruinessen, D. M. van. (1994). NU ; Tradisi, Relasi-Relasi Kuasa, Pencarian Wacana Baru. Yogyakarta: Lkis Pelangi Aksara.
Bunt, G. R. (2003). Islam in the Digital Age: E-Jihad, Online Fatwas and Cyber Islamic Environments. London: Pluto Press.
Fealy, G. (2012). Ijtihad Politik Ulama ; Sejarah NU 1952-1967. Yogyakarta: Lkis Pelangi Aksara.
Hadi, & Muiz, A. (2020, April 26). Cegah Covid-19, Satgas NU NTB Peduli Berbagi APD ke Rumah Sakit. Diambil 1 Juni 2020, dari https://www.nu.or.id/post/read/119481/cegah-covid-19--satgas-nu-ntb-peduli-berbagi-apd-ke-rumah-sakit-
Hardiman, F. B. (2004). Filsafat Modern: Dari Machiavelli sampai Nietzsche. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Hosen, N. (2008). Online Fatwa in Indonesia: From Fatwa Shopping to Googling a Kiai’.
Inglehart, R. (1990). Culture Shift in Advanced Industrial Society. Chichester: Princeton University Press.
Iqbal, A. M. (2017a). Agama dan Adopsi Media Baru: Penggunaan Internet oleh Gerakan Salafisme di Indonesia. Jurnal Komunikasi Indonesia, II(2), 77-88–88. https://doi.org/10.7454/jki.v2i2.7834
Iqbal, A. M. (2017b). Cyber-Activism and the Islamic Salafi Movement in Indonesia (PhD Thesis). Murdoch University.
Istoria, A. W. (2011). Runtuhnya Dikotomi Tradisionalis dan Modernis: Menilik Dinamika Sejarah Nahdatul Ulama dan Muhammadiyah. ISTORIA: Jurnal Pendidikan Dan Sejarah, 9(1). https://doi.org/10.21831/istoria.v9i1.6258
Jati, W. R. (2016). Cyberspace, Internet dan Ruang Publik Baru: Aktivisme Online Politik Kelas Menengah Indonesia. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 3(1), 25–35. https://doi.org/10.22146/jps.v3i1.23524
Kurniawan, A. (2020a, Maret 20). Hukum Menjaga Jarak Jamaah dan Shaf Shalat Jumat dari Covid-19. Diambil 1 Juni 2020, dari https://islam.nu.or.id/post/read/118000/hukum-menjaga-jarak-jamaah-dan-shaf-shalat-jumat-dari-covid-19
Kurniawan, A. (2020b, Maret 25). Mengapa Umat Islam Tidak Shalat Jumat Karena Covid-19? Diambil 1 Juni 2020, dari https://islam.nu.or.id/post/read/118200/mengapa-umat-islam-tidak-wajib-shalat-jumat-karena-covid-19-
Kurniawan, A. (2020c, April 2). Pencegahan Covid-19 dan Hifzhun Nafs dalam Ushul Fiqih Lintas Zaman (1). Diambil 1 Juni 2020, dari https://islam.nu.or.id/post/read/118591/pencegahan-covid-19-dan-hifzhun-nafs-dalam-ushul-fiqih-lintas-zaman--1-
Kurniawan, A. S., & Asrori, M. (2020, Mei 1). NU Care-LAZISNU Lampung Tengah Salurkan Donasi kepada Warga Terdampak Corona. Diambil 1 Juni 2020, dari https://www.nu.or.id/post/read/119653/nu-care-lazisnu-lampung-tengah-salurkan-donasi-kepada-warga-terdampak-corona
Lim, M. (2005). Islamic Radicalism and Anti-Americanism in Indonesia: The Role of the Internet. Washington: East-West Center Washington.
Little, L. K. (2007). Plague and the End of Antiquity: The Pandemic of 541-750. Cambridge: Cambridge University Press.
Mudzofar, H., & Arifin, S. (2020, April 26). 5000 Paket Sembako Dibagikan PCINU Malaysia saat Pandemi Covid-19. Diambil 1 Juni 2020, dari https://www.nu.or.id/post/read/119478/5000-paket-sembako-dibagikan-pcinu-malaysia-saat-pandemi-covid-19
Muhtada, D. (2020, Maret 24). Agama dan Mitigasi Wabah COVID-19. Diambil 1 Juni 2020, dari Https://csis.or.id/ website: https://csis.or.id/publications/agama-dan-mitigasi-wabah-covid-19/
Muntaha, A. (2020, Maret 29). Plafon Belanja Penduduk Terjangkit Covid-19 dalam Kajian Fiqih. Diambil 1 Juni 2020, dari https://islam.nu.or.id/post/read/118411/plafon-belanja-penduduk-terjangkit-covid-19-dalam-kajian-fiqih
Qomar, M. (2002). NU “liberal”: Dari Tradisionalisme Ahlussunah ke Universalisme Islam. Bandung: Mizan.
Rumadi. (2008). Post-Tradisionalisme Islam: Wacana Intelektualisme Dalam Komunitas NU. Fahmina Institute.
Sahal, H., & Ahmad, F. (2019, Oktober 22). Kiai Said: Santri Harus Inovatif, Cerdas, dan Melek Teknologi. Diambil 1 Juni 2020, dari https://www.nu.or.id/post/read/112487/kiai-said--santri-harus-inovatif--cerdas--dan-melek-teknologi
Situmorang, J. R. (2012). Pemanfaatan Internet Sebagai New Media Dalam Bidang Politik, Bisnis, Pendidikan dan Sosial Budaya. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(1). Diambil dari http://journal.unpar.ac.id/index.php/JurnalAdministrasiBisnis/article/view/418
Struktur. (t.t.). Diambil 1 Juni 2020, dari /static/12/struktur
Syamsudin, M. (2020, Maret 8). 3 Tanda Pedagang Masker Masuk Kategori Monopoli yang Haram. Diambil 1 Juni 2020, dari https://islam.nu.or.id/post/read/117582/3-tanda-pedagang-masker-masuk-kategori-monopoli-yang-haram
Utami, H. P., & Huda, M. S. (2017). Peranan Tim Cyber Nahdlatul Ulama Jawa Timur Dalam Meningkatkan Nilai-Nilai Aswaja. Jurnal Mediakita : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, 1(1). https://doi.org/10.30762/mediakita.v1i1.537
Yusdani. (2015). Pemikiran dan Gerakan Muslim Progresif. EL TARBAWI, 8(2), 146–160.
Zayn, H., & Setiawan, K. (2020, Mei 1). Bentuk LAZISNU, Nahdliyin Inggris Bantu WNI Terdampak Covid-19. Diambil 1 Juni 2020, dari https://www.nu.or.id/post/read/119642/bentuk-lazisnu--nahdliyin-inggris-bantu-wni-terdampak-covid-19
Zizek, S. (2020). Pandemic!: COVID-19 Shakes the World. New York: John Wiley & Sons.
DOI: https://doi.org/10.23971/jsam.v16i1.1745
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Muhammad Irfan Wahid
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My StatsEditor and Administration Address:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M)
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya
G. Obos St., Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia, Postal Code 73112
Email: [email protected]