STRATEGI DAN MOTIVASI MAHASISWA PENGHAFAL AL-QURAN DI PONDOK PESANTREN TAHFIZUL AL-QURAN NURUL FURQON MALANG

Muhammad Ayyinna Yusron Farouq

Abstract


Al-Quran merupakan satu-satunya kitab suci Allah yang dihafalkan oleh banyak manusia di dunia ini. Menjadi santri yang menghafalkan Quran sekaligus mahasiswi akan melewati banyak dinamika kehidupan. Menghafal Al-Qur'an merupakan perbuatan terpuji dan mulia. PPTQ Nurul Fruqon sebagai wadah para penghafal Quran berusaha menerapkan strategi dan, motivasi yang tepat untuk menghafal Al-Quran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Sumber data penelitian adalah mahasiswa fakultas sosial humaniora dan fakultas sains dan teknologi di PPTQ Nurul Furqon. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan penyajian data, reduksi data penarikan kesimpulan dan verifikasi. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengetahui strategi menghafal Al-Quran pada santri mahasiswa PPTQ Nurul Furqon Malang, dan (2) mengetahui motivasi menghafal Al-Quran pada santri mahasiswa pondok PPTQ Nurul Furqon Malang. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, diambil kesimpulan tentang (1) motivasi mahasiswa dalam menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren Tahfidzul Quran Putri Nurul Furqon Malang diantaranya (a) menumbuhkan rasa cinta terhadap Al-Quran, (b) membahagiakan keluarga. Strategi menghafal Al-Quran pada santri mahasiswa Pondok Pesantren Tahfizul Quran Nurul Furqon Malang adalah adalah (a) Manajemen Waktu, (b) Murajaah Al-Quran, (c) Teratur Menambah Hafalan (Takrir), (d).Istiqomah Setoran dan Nderes.

Keywords


Strategi; Motivasi;Mahasiswa

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 238 times | PDF view : 198 times

References


Abu Raiya, H. (2008). A Psychological Measure of Islamic Religiousness: Evidence for Relevance, Reliability and Validity (Vol. 69, hlm. 3258). ProQuest Information & Learning, US.

Adinda, B. (2022, Juni 4). Wawancara.

Ahillah, T. (2022). Dinamika Mahasiswa Penghafal Al-Qur’an (Studi Kasus di Pondok Pesantren Tahfidzul Qur’an Putri Nurul Furqon Malang) (Thesis, Universitas Islam Malang). Universitas Islam Malang. Diambil dari http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/5518

Al Ghautsani, Y. bin A. (2018). Cara Mudah & Cepat Menghafal Al-Qur’an. Jakarta: Pustaka Imam Asy Syafi’i.

Al-Hafidz, A. W. (2005). Bimbingan Praktis Menghafal Al-Qur’an (Cet.3). Jakarta: Bumi Aksara.

Amalia, H. (2020). Hubungan Motivasi dengan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an pada Santri Penghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Sabilul Hasanah Banyuasin (Undergraduate, UIN Raden Fatah Palembang). UIN Raden Fatah Palembang. Diambil dari http://repository.radenfatah.ac.id/17772/

An-Nawawi, A. Z. Y. bin S. (1982). At-Tibyan Fi Adabi Hamalatil—Quran. Al-Haramain.

Az-zawawi, Y. A. F. (2010). Revolusi Menghafal Al-Qur`an: Cara Menghafal, Kuat Hafalan dan Terjaga Seumur Hidup (ed. 1 cet. 1). Solo: Insan Kamil.

Badruzaman, D. (2019). Metode Tahfidz Al-Qur’an di Pondok Pesantren Miftahul Huda II Kabupaten Ciamis. Idea : Jurnal Humaniora, (0), 245–253. https://doi.org/10.29313/idea.v0i0.4888

Chusaini. (2022, Juni 6). Wawancara.

Defani. (2022, Juni 3). Wawancara.

Devita. (2022, Juni 4). Wawancara.

Faishol, R., Warsah, I., Mashuri, I., & Sari, N. (2021). Efektivitas Metode Muroja’ah Dalam Menghafal Al-Quran pada Siswa di Sekolah Arunsat Vittaya School Pattani Thailand. INCARE, International Journal of Educational Resources, 2(1), 066–100.

Ghozali, M., & Rizal, D. A. (2021). Tafsir Kontekstual Atas Moderasi Dalam Al-Qur’an: Sebuah Konsep Relasi Kemanusiaan. Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 17(1), 31–44. https://doi.org/10.23971/jsam.v17i1.2717

Hanifah, U. (2021). Dinamika Tahfizhul Qur?an Online di Era Pandemi (Studi Living Qur?an IIQ Jakarta) (Skripsi, Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta). Institut Ilmu Al Quran (IIQ) Jakarta. Diambil dari http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1417

Hidayah, N. (2018). Motivasi Menghafal Al-Qur’an Mahasiswa Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang Angkatan 2015/2016 (Undergraduate, UIN Walisongo Semarang). UIN Walisongo Semarang. Diambil dari http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/8326/

Huda, M. N. (2018). Budaya Menghafal Al-Quran: Motivasi dan Pengaruhnya Terhadap Religiusitas. Sukma: Jurnal Pendidikan, 2(2), 247–260. https://doi.org/10.32533/02205.2018

Husna, M. (2021). Strategi Menghafal Al-Qur’an pada Santri Mahasiswa Pondok Pesantren Tahfizul Qur’an Nurul Furqon Malang (Skripsi, Universitas Islam Malang). Universitas Islam Malang. Diambil dari http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/3490

Ilyas, M. (2020). Metode Muraja’ah dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an. Al-Liqo: Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 1–24. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.140

Lifia, R. (2020). Strategi dan Problematika Menghafal Al-Qur’an pada Santriwati Formal dan Nonformal (Pondok Pesantren Tachfidzul Qur’an Al Hasan Patihan Wetan Babadan Ponorogo) (Diploma, IAIN Ponorogo). IAIN Ponorogo. Diambil dari http://etheses.iainponorogo.ac.id/10961/

Moleong, L. J. (1989). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muttaqin, M. S. (2018). Pengaruh Pelaksanaan Metode Pembelajaran Kiai Terhadap Motivasi dan Hasil Hafalan Al-Qur’an Santri di PPTQ Raudhatussholihin dan PPTQ Nurul Furqon Malang (Masters, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim). Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Malang. Diambil dari http://etheses.uin-malang.ac.id/11282/

Nafis Muhajir, A. M. (2021, Juni 6). Wawancara.

Nur. (2022, Juni 3). Wawancara.

Putri Lestari, Y. E. (2022, Juni 2). Wawancara.

Qosim, A. (2008). Hafal Al-Qur’an Dalam Sebulan (1 ed.). Solo: Qiblat Press.

Saputra, S. B., Ramdani, P., Ramdani, S. M., & Rusmana, D. (2022). Memahami Kata-Kata Sumpah dalam Terjemahan Indonesia Surah As-Syams dengan Pendekatan Hermeneutika Double Movement Fazlul Rahman. Jurnal Studi Agama dan Masyarakat, 18(1), 1–11. https://doi.org/10.23971/jsam.v18i1.3620

Shafia, A. B., & Widianto, E. (2021). Pelatihan Menghafal Al- Qur’an Menggunakan Metode Murojaah dan Tasmi’ untuk Meningkatkan Tahfidz Juz 30 di SDI Al-Barokah Pamekasan Madura. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3), 145–151.

Sopyan, A., & Hanafiah, N. (2022). Pembiasaan Muroja’ah Untuk Meningkatkan Hafalan Al-Qur’an. Indonesian Journal of Education and Social Sciences, 1(2), 100–105. https://doi.org/10.56916/ijess.v1i2.230

Ulum, M. S. (2007). Menangkap Cahaya Al-Qur’an. Malang: UIN-Malang Press.

Utami, T. (2020). Problematika Santri Dalam Menghafal Al-Qur’an di Pesantren Tahfiz Alif Ciputat Tangerang Selatan (UIN Syarif Hidayatullah Jakarta). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Diambil dari https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/57631/1/Skripsi%20Tamala%20full%20FIX%201.pdf

Walliman, N. (2011). Research Methods: The Basics. New York: Routledge.

Wika. (2019). Problematika Dalam Menghafal Al-Qur’an Bagi Anak-Anak di Rumah Tahfidz Taman Pendidikan Daarul ‘Ilmi Kelurahan Sukarami Kecamatan Selebar Kota Bengkulu (Diploma, IAIN Bengkulu). IAIN Bengkulu. Diambil dari http://repository.iainbengkulu.ac.id/3906/




DOI: https://doi.org/10.23971/jsam.v19i1.4564

Article Metrics

Abstract view : 238 times
PDF - 198 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Studi Agama dan Masyarakat


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Alamat Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M)

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111

Email: [email protected]