KONSEP ZUHUD DALAM AL-QURAN (STUDI ANALISIS TAFSIR MAFATIH AL-GHAIB)
Abstract
Zuhud memiliki banyak pengertian, ada beberapa ulama yang mendeskripsikan zuhud dengan meninggalkan yang haram adalah kewajiban dan meningggalkan yang halal adalah keutamaan. Namun, ada juga yang berpendapat bahwa zuhud adalah ajaran meninggalkan dunia, tidak perlu bekerja dan hanya beribadah saja. Pemahaman ini seakan-akan memberikan kesan bahwa orang yang hidup dengan zuhud memiliki sikap anti dunia. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengungkap makna zuhud dari sisi al-Quran dalam penafsiran ar-Razi pada kitab tafsir beliau M?fat?h al-Ghaib. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian kajian kepustakaan (library research) dengan menggunakan metode maudh?i. Hasil penelitian dalam tulisan ini, menurut ar-Razi zuhud merupakan perilaku yang dianjurkan untuk tidak serakah terhadap harta walaupun mampu mendapatkannya, tidak berlebihan dalam suka cita sehingga lupa untuk bersyukur dan sombong, memiliki perilaku qanaah dan bersyukur terhadap rezeki yang didapatkan, jangan berbuat dosa demi anak dan mengabaikan pahala dari Allah, bersabar dalam menghadapi ejekan orang, mengutamakan akhirat karena memilih dunia saja membuat rugi di akhirat kelak dan kehidupan dunia hanya sementara sedangkan akhirat kekal.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 651 times | PDF view : 768 timesReferences
Aditya, R. P. (2017). Zuhud dalam Tafsir Ruh al Ma’ani karya al Alusi (Undergraduate, UIN Sunan Ampel Surabaya). UIN Sunan Ampel Surabaya. https://doi.org/10/Daftar%20Pustaka.pdf
Adz Dzahabi, M. H. (1900). At Tafsir wal Mufassirun Jilid I. Kairo: Maktabah wa Habbah.
Ar-Razi, M. (1981a). Tafsir Al-Fakhru Ar-Razi (Jilid 18). Beirut: Daru al-Fikri.
Ar-Razi, M. (1981b). Tafsir Al-Fakhru Ar-Razi (Jilid 17). Beirut: Daru al-Fikri.
Ar-Razi, M. (1981c). Tafsir Al-Fakhru Ar-Razi (Jilid 19). Beirut: Daru al-Fikri.
Ar-Razi, M. (1981d). Tafsir Al-Fakhru Ar-Razi (Jilid 29). Beirut: Daru al-Fikri.
Ar-Razi, M. (1981e). Tafsir Al-Fakhru Ar-Razi (Jilid 30). Beirut: Daru al-Fikri.
Ar-Razi, M. (1981f). Tafsir Al-Fakhru Ar-Razi (Jilid 6). Beirut: Daru al-Fikri.
Ar-Razi, M. (1981g). Tafsir Al-Fakhru Ar-Razi (Jilid 31). Beirut: Daru al-Fikri.
Bilad, C. Z. E. (2018). Belajar Bijaksana dari Kaum Sufi (D. R. Sholihah, Ed.). Tangerang Selatan: Yayasan Islam Cinta Indonesia. Diambil dari http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/3864/
Damayanti, L., & Maksum, M. (2013). Zuhud sebagai Solusi Prilaku Hedonis-Materialistik: Telaah atas Konsep Zuhud Ibnu Qayyim Al-Jauzi. Progresif : Media Publikasi Ilmiah, 1(2). Diambil dari https://ejournal.unibo.ac.id/index.php/progresif/article/view/220
Eliza. (2013). Makna dan Sejarah Ajaran Zuhud dalam Tasawuf. AL MUNIR : Jurnal Komunikasi Dan Penyiaran Islam, (0), 74–93. https://doi.org/10.15548/amj-kpi.v0i0.745
Firdaus. (2018). Studi Kritis Tafsir Mafatih Al-Ghaib. Jurnal Al-Mubarak: Jurnal Kajian Al-Qur’an Dan Tafsir, 3(1), 52–61. https://doi.org/10.47435/al-mubarak.v3i1.214
Hafiun, M. (2017). Zuhud dalam Ajaran Tasawuf. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(1), 77–93. https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.141-07
Handayani, R. (2019). Zuhud di Dunia Modern: Studi atas Pemikiran Sufisme Fazlur Rahman. Jurnal Al-Aqidah, 11(1), 31–43. https://doi.org/10.15548/ja.v11i1.906
Hidayati, T. W. (2016). Perwujudan Sikap Zuhud Dalam Kehidupan. Millati Journal of Islamic Studies and Humanities, 1(2), 243–258.
Ibnu-Mukram, J. M. (1992). Lisan Al-`Arabi. Dar as-Sadr.
Kalabadi, A. B. M. al. (1969). Ta’rif li Madzhabi Ahli al Tashawuf. al Kulliyat al azhariyah.
Muhtadin. (2020). Zuhud dan Signifikansinya terhadap Modernitas (Pemikiran Abu Al-Qasim Al-Qusyairi dalam Kitab Risâlat Al-Qusyairiyat Fî ’ilmi Al-Tashawwuf ). Indonesian Journal of Islamic Theology and Philosophy, 2(1), 79–96. https://doi.org/10.24042/ijitp.v2i1.6801
Mukhlis, A. (2017). Pemikiran Tasawuf Imam Al-Ghazali. Pancawahana : Jurnal Studi Islam, 12(2), 39–47.
Muqit, A. (2020). Makna Zuhud Dalam Kehidupan Prespektif Tafsir Al-Qur’an. Ta’wiluna: Jurnal Ilmu Al-Qur’an, Tafsir Dan Pemikiran Islam, 1(2), 36–51.
Naisaburi, A. al Q. A. K. H. al. (t.t.). Al-Risalah Al-Qusyairiyah. Dar al Khair.
Nasiri. (2020). Puncak Prestasi Thariqah Mutakallimin Perspektif Pakhruddin ar-Razi. Jurnal Keislaman, 3(2), 159–170. https://doi.org/10.54298/jk.v3i2.3153
Nasution, K. M. (2019). Pengaplikasian Sikap Wara’ dan Zuhud Dalam Kehidupan Nyata. Al-Fikru: Jurnal Ilmiah, 13(2), 155–162. https://doi.org/10.51672/alfikru.v13i2.20
Putri, E. W. (2019). Zuhud Milenial Dalam Perspektif Hadis. El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Tafsir Hadis, 8(2), 70–88. https://doi.org/10.29300/jpkth.v8i2.2243
Ridho, A., & Fatcholi, I. (2021). Zuhud Dalam Al-Qur’an (Studi Tafsîr Al-Nûr). El-Waroqoh: Jurnal Ushuluddin dan Filsafat, 5(2).
Rosyidin. (2020). Konsep Zuhud dalam Perspektif Tafsir (Studi Komparatif Kitab Lathaif Al-Isyarat dan Tafsir Al-Azhar). Institut Ilmu Al-Qur’an (IIQ) Jakarta. Diambil dari http://repository.iiq.ac.id//handle/123456789/1168
Saripah, T., Mulyana, Y., & Kamaludin, U. A. (2017). Fungsi Zuhud terhadap Ketenangan Jiwa (Studi Analisis terhadap Tafsir Jailani Karya Abd al-Qadir Jail?ni). Al-Bayan: Jurnal Studi Ilmu Al- Qur’an Dan Tafsir, 2(2), 132–146. https://doi.org/10.15575/al-bayan.v2i2.1894
Setiawan, T., & Romdoni, M. P. (2022). Analisis Manhaj Khusus Dalam Tafsir Mafâtih Al-Ghaib Karya Al-Razi. Jurnal Iman dan Spiritualitas, 2(1), 49–60. https://doi.org/10.15575/jis.v2i1.15829
Siswanti, G. N. (2019). Eksistensi dan Konsep Syifa’ dalam Tafsir Fakhrudin Al-Razi. Al-Mada: Jurnal Agama, Sosial, Dan Budaya, 2(2), 1–16. https://doi.org/10.31538/almada.v2i2.330
Siswanto, E. (2018). Zuhud tapi Kaya dalam Perspektif Hadis. Al-Bukhari : Jurnal Ilmu Hadis, 1(2), 223–238. https://doi.org/10.32505/al-bukhari.v1i2.963
Triana, R. (2017). Zuhud Dalam Al-Quran. Al-Tadabbur: Jurnal Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, 2(03). https://doi.org/10.30868/at.v2i03.195
Yusnaini, S. (2015). Zuhud Hasan Al-Basri (Kajian Historis Kehidupan Sufi). Serambi Tarbawi, 3(1). https://doi.org/10.32672/tarbawi.v3i1.1240
DOI: https://doi.org/10.23971/jsam.v19i1.5586
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Nahdiah Puteri, Taufik Warman Mahfuzh, Cecep Zakarias El Bilad

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
View My StatsEditor and Administration Address:
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M)
State Islamic Institute (IAIN) Palangka Raya
G. Obos St., Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Indonesia, Postal Code 73112
Email: [email protected]