IMPLEMENTASI STRATEGI KPPE UNTUK AKSELERASI INTERNALISASI ISLAM WASATHIYAH DI INDONESIA

Slamet Widodo, Yuni Yulianti, Setio Budi

Abstract


Praktik agama Islam yang sempurna seharusnya memberikan nilai kemaslahatan bagi manusia secara menyeluruh. Namun faktanya, masih ditemukan oknum atau kelompok yang mengamalkan Islam secara ekstrim terlalu ke kiri atau ke kanan. Hal tersebut mengakibatkan radikalisme, terorisme, anarkisme, rasisme, chauvinisme, dan konflik antar etnis masih sering terjadi di masyarakat. Oleh karena itu, diperlukan upaya - upaya penyelesaian yang tepat, salah satunya yaitu dengan akselerasi internalisasi Islam Wasathiyah melalui implementasi strategi KPPE (Konsep Perencanaan Praktik Evaluasi). Strategi KPPE didasari oleh konsep, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang tersistem, terstruktur, terkontrol, terukur, dan masif. Penelitian ini memiliki 3 tujuan, yaitu: (1) untuk mendeskripsikan konsep IW (Islam Wasthiyah) secara komprehensif, (2) untuk mendeskripsikan best practice pengimplementasian IW, dan (3) untuk mendeskripsikan konsep pengimplementasian strategi KPPE agar tercipta akselerasi internalisasi IW di Indonesia. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumen artikel penelitian yang membahas IW di Indonesia, sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan teknik perbandingan tetap. Sedangkan teknik kevalidan konstruk digunakan untuk mengetahui keabsahan data yang diperoleh. Hasil penelitian ini yaitu: (1) konsep IW adalah adil atau seimbang atau pertengahan atau yang terbaik. IW dapat memposisikan seseorang di antara dua ujung yang ekstrim, tidak fanatik materialisme atau spiritualisme, (2) pengimplementasian IW dapat diterapkan dalam 12 aspek kehidupan, yaitu ideologi, politik, ekonomi, diplomasi, kesehatan, teknologi, sosial, budaya, pertahanan, keamanan, agama, dan pendidikan, (3) strategi KPPE dilakukan dengan 11 cara, antara lain uji kompetensi wawasan IW, menyusun roadmap, membuat standar, membuat dan menetapkan kebijakan, sosialisasi, pelatihan, internalisasi, observasi, studi kasus per konteks, perbaikan, dan peningkatan.


Keywords


Islam wasathiyah, the concept of planning practice evaluation, internalization, Indonesia.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 559 times | PDF view : 247 times

References


Afwadzi, B. (2020). Membangun Moderasi Beragama di Taman Pendidikan Al-Qur’an dengan Parenting Wasathiyah dan Perpustakaan Qur’ani. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 16(2), 106–120. https://doi.org/10.20414/transformasi.v16i2.2647

Amar, A. (2018). Pendidikan Islam Wasathiyah ke-Indonesia-an. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 2(1), 18–37. https://doi.org/10.35309/alinsyiroh.v2i1.3330

Amiruddin, M. M., Sapa, N. bin, & Syatar, A. (2020). Uncovering Wasathiyah Values On Sharia Banking. Al-Mashrafiyah: Jurnal Ekonomi, Keuangan, Dan Perbankan Syariah, 15–28. https://doi.org/10.24252/al-mashrafiyah.v4i2.14676

Anwarudin, U. K. (2020). Analisis Implementasi Pendidikan Islam Wasathiyah dalam Mengembangkan Pemikiran Holistik Mahasiswa. Jurnal At-Tadbir, 30(2), 113–128. https://doi.org/10.52030/attadbir.v30i2.60

Bustomi, A. A. (2020). Reaktivasi Paradigma Islam Wasathiyah Masyarakat Kampus melalui Sinergi Potensial Pendidikan Tinggi & Pesantren. AL-IFKAR: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 14(02), 47–63.

Dimyati, A. (2017). Islam Wasatiyah: Identitas Islam Moderat Asia Tenggara dan Tantangan Ideologi. Islamic Review: Jurnal Riset Dan Kajian Keislaman, 6(2), 139–168. https://doi.org/10.35878/islamicreview.v6i2.167

Faelasup. (2021). Islam dan Moderasi Beragama Dalam Perspektif Hadits. Tahdis: Jurnal Kajian Ilmu Al-Hadis, 12(1). https://doi.org/10.24252/tahdis.v12i1.19542

Faiqah, N., & Pransiska, T. (2018). Radikalisme Islam VS Moderasi Islam: Upaya Membangun Wajah Islam Indonesia yang Damai. Al-Fikra : Jurnal Ilmiah Keislaman, 17(1), 33–60. https://doi.org/10.24014/af.v17i1.5212

Fitri, A. Z. (2015). Pendidikan Islam Wasathiyah: Melawan Arus Pemikiran Takfiri di Nusantara. KURIOSITAS: Media Komunikasi Sosial Dan Keagamaan, 8(1), 45–54. https://doi.org/10.35905/kur.v8i1.147

Hafidzi, A. (2020). Cultural Education As An Effort To Prevent Religious-Based Radicalism On Social Media In Indonesia. Potret Pemikiran, 24(1), 58–70. https://doi.org/10.30984/pp.v24i1.1116

Hayumi. (2019). Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah NU dan Muhammadiyah Dalam Mewujudkan Islam Washatiyyah: Studi Kasus: SMA MALNU PLUS Pandeglang dan SMA Muhammadiyah Kota Serang. QATHRUNÂ, 6(2), 25–48. https://doi.org/10.32678/qathruna.v6i2.4151

Hiqmatunnisa, H., & Zafi, A. A. (2020). Penerapan Nilai-Nilai Moderasi Islam Dalam Pembelajaran Fiqih di PTKIN Menggunakan Konsep Problem Basic Learning. JIPIS, 29(1), 27–35. https://doi.org/10.33592/jipis.v29i1.546

Ilmiah, W., & Sujanah, N. (2020). Islam Wasathiyah Dalam Bingkai Kemajemukan Indonesia. Jurnal Pendidikan Karakter JAWARA, 6(2).

Jupendri. (2021). Islam Wasathiyah dalam Perspektif Muhammadiyah Ditinjau dari Aspek Komunikasi Politik. (Journal Pd Social Sciencce and Humanities), 1(1), 52–65.

Khairiah. (2021). Konflik Dalam Masyarakat: Manajemen Pendidikan Multikultural Dapat Membentuk Islam Wasathiyah Di Indonesia. At-Ta’lim : Media Informasi Pendidikan Islam, 20(1), 13–23. https://doi.org/10.29300/attalim.v20i1.4277

Kulsum, U. (2020). Konstelasi Islam Wasathiyah dan Pancasila Serta Urgensinya Dalam Bernegara Perspektif Maqasid al-Syari’ah. Journal of Islamic Civilization, 2(1), 51–59. https://doi.org/10.33086/jic.v2i1.1493

Masykuri, Qodriyah, K., & Bz, Z. (2020). Pendidikan Islam Multikultural Berwawasan Wasathiyah: Penguatan Karakter wasathiyah Santri Patriot Panji Pelopor. JURNAL ISLAM NUSANTARA, 4(2), 246–257. https://doi.org/10.33852/jurnalin.v4i2.234

Muchtar, M. I. (2013). “Ummatan Wasathan” Dalam Perspektif Tafsir Al-Tabariy. PILAR, 4(2). Diambil dari https://journal.unismuh.ac.id/index.php/pilar/article/view/455

Niam, Z. W. (2019). Konsep Islam Wasathiyah Sebagai Wujud Islam Rahmatan lil ‘alamin: Peran Nu dan Muhammadiyah dalam Mewujudkan Islam Damai di Indonesia. Palita: Journal of Social Religion Research, 4(2), 91–106. https://doi.org/10.24256/pal.v4i2.764

Nur, A. (2016). Konsep Wasathiyah dalam Al-Quran (Studi Komparatif antara Tafsir al-Tahrîr wa al-Tanwîr dan Aisar al-Tafâsîr). Jurnal An-Nur, 4(2). Diambil dari https://ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/Annur/article/view/2062

Permana, I. S., Juariah, S. J., & Prayoga, A. (2021). Moderasi Islam Pada Tafsir Sunda Ayat Suci Lenyepaneun Karya Mohammad Emon Hasim. Al-Tarbawi Al-Haditsah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 58–88. https://doi.org/10.24235/tarbawi.v6i1.7739

Pratama, E. G. & Ferdiyan. (2021). Religion and Public Diplomacy: The Role of Nahdlatul Ulama (NU) in Indonesia - Afghanistan Peace Agenda. Jurnal Penelitian, 18(1), 1–12. https://doi.org/10.28918/jupe.v18i1.3470

Priatmoko, S. (2019). The Internalization Of Wasathiyah Values In Inclusion Madrasah: A Case Study Of Integrated Madrasah Ibtida’iyah Of Ar-Roihan Malang. Al-Bidayah, 11(2), 358–378. https://doi.org/10.14421/al-bidayah.v11i2.521

Qomar, M. (2019). Islam Nusantara: An Indonesian Translation to Practice Islam. Epistemé: Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, 14(1), 131–150. https://doi.org/10.21274/epis.2019.14.1.131-150

Rizky, A. T., & Zakiah, A. R. S. (2020). Islam Wasathiyah dalam Wacana Tafsir Ke-Indonesia-an (Studi Komparatif Penafsiran M. Quraish Shihab dan Buya Hamka). Aqwal, 1(1), 1–28. https://doi.org/10.28918/aqwal.v1i1.3515

Rusmiati, E. T., & Ritonga, R. (2019). Counselling on the Role of Women in the Implementation of the Concept of Wasathiyah (Moderate) Islam. ICCD, 2(1), 269–272. https://doi.org/10.33068/iccd.Vol2.Iss1.116

Saleh, M. N. I., Nudin, B., Khusaini, K., Alim, P., & Putri, I. A. (2019). Islamic Boarding School and the Deradicalization Efforts of Islamic Education in Madura. Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 259–286. https://doi.org/10.14421/jpi.2019.82.259-286

Syaripudin. (2018). Principles Of Moderation In Islamic Politics. Ri’ayah: Jurnal Sosial Dan Keagamaan, 3(01), 31–43.

Tambunan, A. (2019). Islam Wasathiyah To Build A Dignified Indonesia (Efforts To Prevent Radical—Terrorism). ADI Journal on Recent Innovation, 1(1), 54–61. https://doi.org/10.34306/ajri.v1i1.504

Woodward, M. (2021). Making Modern Muslim Women: The ‘Aisyiyah-Muhammadiyah Madrasah Perempuan Berkemajuan Program. Journal of Aisyiyah Studies, 1(1), 1–34. https://doi.org/10.31101/joas.v1i1.2078




DOI: https://doi.org/10.23971/jsam.v19i1.6351

Article Metrics

Abstract view : 559 times
PDF - 247 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Studi Agama dan Masyarakat


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

Alamat Redaksi:

Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M)

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111

Email: [email protected]