Analisis Nilai Pendidikan Karakter pada Film “Sang Pemimpiâ€
Abstract
Tujuan pendidikan nasional adalah untuk membentuk manusia yang karakter, salah satu metode yang digunakan adalah melalui media film. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) Nilai-nilai karakter yang ada pada film “Sang Pemimpiâ€; (2) Metode Pembentukan karakter pada film “Sang Pemimpiâ€
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan semiotik, jenis penelitian dokumen (documentary research). Data primer dalam penelitian ini adalah film Sang Pemimpi. Sedangkan data sekunder diperoleh dari surat kabar, internet, video daring, juga pada referensi lain yang berkorelasi dengan tema karakter pada film ini. Teknik pengumpulan data yang akan digunakan adalah metode dokumentasi karena objek penelitian adalah film. Teknik Analisis menggunakan. Penafsiran prospektif (prospective) dan kategorisasi (mengelompokkan) nilai-nilai
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa film Sang Pemimpi (1) mengandung nilai-nilai karakter yaitu Religius, Jujur, Disiplin, Toleransi, Kerja Keras, Kreatif, Mandiri, Rasa Ingin Tahu, Menghargai Prestasi, Bersahabat/Komunikatif, dan Peduli Sosial (2) Metode pembentukan karakter pada film “sang pemimpi†melalui empat metode yaitu keteladanan, kedisiplinan, pembiasaan, penciptaan suasana kondusif.
Kata Kunci: Analisis, Pendidikan Karakter, Sang PemimpiFull Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 2235 times | PDF view : 890 timesReferences
Hidayatullah, Furqan. 2010, Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa, Yuma Pustaka, Surakarta
Zubaedi, 2012, Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi Dan Aplikasinya Dalam Lemabaga Pendidikan, Kencana Prenada Media, Jakarta
Van de Carr F.Rene,March Lehrer, 2004, Cara Baru Mendidik Anak Sejak Dalam Kandungan, Kaifa, Bandung
Pranajaya. 1992, Film dan Masyarakat, Sebuah Pengantar. Yayasan Pusat Perfilman. H Ustman Ismail:. Jakarta
Kito, Inan, 2018, Anies Baswredan : Utamakan Karakter Dalam Pendidikan ( https://www.youtube.com/watch?v=6StVO7mdeio, diakses pada tanggal 1 Januari 2019)
Ihsan,Fuad, 2013, Dasar-dasar Kependidikan: Komponen MKDMK, Rineka Cipta: Jakarta
Sobur, Alex, 2004, Semiotika Komunikasi, PT Remaja Rosdakarya, , Cet. 2, Bandung
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktik, PT.Rineka Cipta, , Cet. 13, Jakarta
Moleong, Lexy J., 2007, Metodologi Penelitian Kualitatif, PT. Remaja Rosdakarya, , Cet. 24., Bandung
DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v1i2.1100
Article Metrics
Abstract view : 2235 timesPDF - 890 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Jurusan Tarbiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya
Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111
Telp (Setria) 0857 141 777 54
Email: jurnal.al-mudarris@iain-palangkaraya.ac.id / setria.utama.rizal@iain-palangkaraya.ac.id