Penerapan Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Melalui Alat Peraga Torso dalam Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di SDN Muara Bumban 1 Kabupaten Murung Raya
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 252 times | PDF view : 283 timesReferences
Asnawir, H. & Usman Basyiruddin M. 2002. Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers. Al-Mudarris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam p-ISSN: 2622-1993 Vol. 2, No. 2, November 2019, pp. 220 - 240 e-ISSN: 2622-1586 239
BSNP. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BSNP
Bungin, Burhan.2008. Penelitian Kualitatif Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group.
Dewi, Putu. 2014. Penerapan Pendekatan Contextual teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Keaktifan Hasil Belajar IPA siswa Kelas VI SDN 3 Tonja Tahun Ajaran 2014/2015.
Djamarah, Bahri, Syaiful. Zain, Aswan. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta. Jakarta.
Elina, Anita. 2014. Penerapan Metode Diskusi Melalui Media Torso Terhadap Keaktifan Dan Hasil Belajar Biologi Pada Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Sorong.
Hidayati, Yulia, Maftuhah. 2012. Pembelajaran Penjumlahan Bilangan Pecahan dengan Metode CTL (Contextual Teaching and Learning)di SD Muhammadiyah. Surakarta.
Ibrahim. 2015. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta
Indahwati, Vista. 2017. Memberdayakan Berfikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) dengan media Torso Ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Tuban.
Irmansyah, Fiki, Bagus. 2014. Efektivitas Media Pembelajaran Model Torso Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Kalasan. Yogyakarta
Juliandri, Dedy. 2016. Penerapaan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Statistika.
Majid Abdul. 2014. Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Nurdin Syafrudin, Adriantoni. 2016. Kurikulum dan Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.
Prastowo Andi. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Jogjakarta: DIVA Perss.
Pratiwi, Dian. 2013. Pemanfaatan Media Torso Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD No.2 Paket Agung Singaraja. Bali.
Ristanti, Devi, dwi. 2015. Penerapan Model CTL (Contextual Teaching and Learning) Dengan Media Konkret Peningkatan Kreatifitas dan hasil Belajar Siswa Materi Relief Kelas IV SD Negeri 2 Sidomoro. Gersik.
Sanjaya, Wina. 2012. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group.
Sudjana, Nana. 2001. Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung :Sinar Baru Algensindo.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA,CV.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Kencana Prenada Media Group.
Trianto. 2010. Model pembelajaran Terpadu konsep, strategi, dan implementasinya dalam kurikulum tingkat satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v2i2.1837
Article Metrics
Abstract view : 252 timesPDF - 283 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Erisma Nurhaliza
License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Jurusan Tarbiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya
Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111
Telp (Setria) 0857 141 777 54
Email: jurnal.al-mudarris@iain-palangkaraya.ac.id / setria.utama.rizal@iain-palangkaraya.ac.id