Improving Students’ Civic Education Achievement Through Picture

Asnafiyah Asnafiyah, Yuli Widi Hastuti

Abstract


ABSTRAK

Hasil pre-observasi menunjukkan guru PKn di kelas II SDN 2 Kajoran, Klaten Selatan, belum pernah menggunakan media pembelajaran. Nilai PKn siswa pada Ujian Tengah Semester masih rendah. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn dengan menggunakan media gambar. Rumusan masalah penelitian ini adalah: 1. Bagaimana proses pembelajaran selama pra siklus PKn siswa kelas II SDN 2 Kajoran, Klaten Selatan? 2. Seberapa besar peningkatan hasil belajar PKn siswa kelas II SDN 2 Kajoran, Klaten Selatan, setelah menggunakan media gambar? Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Pengumpulan data dilakukan melalui lembar post test, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian menunjukkan: 1. Proses pembelajaran selama pra siklus tidak menarik. 2. Pembelajaran PKn menggunakan gambar pada siklus I menunjukkan nilai rata-rata 85,7 dengan kriteria “baik” dan ketuntasan belajar 60% atau 6 dari 10 siswa tuntas. Siklus II menunjukkan nilai rata-rata 87,5 dengan kriteria “baik” dan ketuntasan belajar 80% atau 8 dari 10 siswa tuntas. Hasil belajar siswa pada pelajaran PKn meningkat setelah menggunakan media gambar.

 

Kata Kunci: Hasil belajar kognitif, PKn, dan Media gambar


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 115 times | PDF view : 105 times

References


Abdul Majid. 2014. “Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar”. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Ana Ratna Wulan “Taksonomi Bloom Revisi”, FPMIPA UPI, diakses pada laman http;//scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=taksonomi+bloom+revisi&oq=takso nomi++bloom+#d=gs_qabs&p=&u=%23p%3DhMDnPLMkuXQj pada tanggal 17 Juli 2018 pukul 11.33 WIB.

Arif Sadiman, dkk. 2011. “Media Pendidikan, Pengertian, pengembangan, dan Pemanfaatannya”. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Azhar Arsyad. 2013. “Media Pembelajaran”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Daryanto. 2010. ”Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran”. Yogyakarta: Gava Media.

Davit Setiawan, “Menguak Dugaan Kekerasan Terhadap Anak Berkebutuhan Khusus”, dalam laman www.kpai.go.id/berita/menguak-dugaan-kekerasan-terhadap-anak-berkebutuhankhusus yang di terbitkan pada tanggal 30 mei 2014 dan diakses pada tanggal 18 juli 2018 pukul 09.00 WIB.

Fatmawati, Dewi Septiwiharti dkk. “Penggunaan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III Pada Mata Pelajaran PKn di SDN 05 Lakea Kabupaten Boul,” Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 5 No. 4 ISSN 2354-614X, Juli 2018.

Interview with Ms. Siti Markhamah, Class II Teacher at SD Negeri 2 Kajoran, at SD Negeri 2 Kajoran, January 12, 2018.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Kurikulum 2006 Sekolah Dasar/Madrasah Aliyah, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 61 Tahun 2014 Tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, 16 Juli 2018.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Kurikulum 2006 Sekolah Dasar/Madrasah Aliyah, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 61 Tahun 2014 Tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, 16 Juli 2018.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Sistem Pendidikan Nasional Undang-Undang Republik Indonesia No 39 Tahun 2003.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Undang-Undang Nomor 20 tentang Sisdiknas, 2003.

Nana Sudjana. 2004. “Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar”. Jakarta: Sinar Baru Algesindo.

Nana Sudjana. 2007. “Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar”. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Observasi Proses Pembelajaran PKN di Kelas II SD Negeri 2 Kajoran, Tanggal 12 Januari 2018.

Observasi Proses Pembelajaran PKn yang Dilakukan Oleh Ibu Siti Markhamah di Kelas II SD Negeri 2 Kajoran, Tanggal 22 Januari 2018.

Hamalik, Oemar. 2006. “Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem”. Jakarta: Bumi Aksara.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 61 Tahun 2014 tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

Siti Halifah Magorani, Anthonius Palimbong dkk , “Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Gambar Pada Pembelajaran IPS di Kelas IV SDN Tou Kabupaten Banggai”, Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 11 ISSN 2354-614X, Juli 2018, hlm. 167

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v3i2.2216

Article Metrics

Abstract view : 115 times
PDF - 105 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Asnafiyah and Yuli Widi Hastuti

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

Alamat Redaksi:

Jurusan Tarbiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111

Telp (Setria) 0857 141 777 54

Email: jurnal.al-mudarris@iain-palangkaraya.ac.id / setria.utama.rizal@iain-palangkaraya.ac.id

View My Stats