Model Integrasi Media dan Teknologi dalam Pembelajaran PAI

Ahmad Nur Ghofir Mahbuddin

Abstract


Pembelajaran membutuhkan media dan teknologi guna membantu seorang guru, baik dalam penyampaian pengetahuan, penanaman nilai dan penguasaan ketrampilan. Pada era perkembangan teknologi yang begitu canggih, masih terdapat pembelajaran PAI yang bersifat normatif. Sehingga, dibutuhkan kemampuan untuk mengelola media dan teknologi tersebut dengan baik. Tujuan dari penulisan artikel ini yaitu memaparkan pentingnya integrasi media dan teknologi dalam pembelajaran PAI guna menjadikan pembelajaran yang selama ini bersifat normatif menjadi inovatif, kreatif dan efektif. Hasil penelitian ini adalah 1) menjelaskan integrasi media dan teknologi guna menciptakan pelajar yang memiliki sikap kepemimpinan dan nilai-nilai Islami yang mencerminkan karakter sesuai dengan Al-Quran dan Hadis. 2) Peran Integrasi media dan teknologi dalam pembelajaran PAI adalah suatu usaha untuk memadukan antara teknologi dan media dengan PAI dalam rangka mutu dan kualitas pembelajaran PAI. 3) Pada prinsipnya proses pembelajaran PAI yang memanfaatkan suatu media sebagai alat bantu penyampai pengetahuan, nilai atau sikap dan keterampilan harus berpegang pada prinsip-prinsip pemilihan media, penggunaan media, dan pendidikan Islam. 4) Faktor metodologi, sarana, dan yang terakhir adalah SDM, yang harus ada dalam pembelajaran PAI. 5) Pentingnya integrasi media dan teknologi dalam pembelajaran sebagai solusi dalam memperbaiki mutu pendidikan, baik sarana dan prasarana, sumber belajar atau bahkan seorang pendidik dalam hal ini guru.

 


Keywords


integration; learning PAI; media; technologi,

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 809 times | PDF view : 1961 times

References


Ahmad Zabidi. (2019). KREATIVITAS GURU DALAM MEMANFAATKAN TEKNOLOGI SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PAI DI SD SEKECAMATAN BAWEN KABUPATEN SEMARANG. Jurnal Inspirasi, 3(2), 128–144.

Baharuddin, N. W. E. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Ar-Ruzz Media.

Choli, I. (2020). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN INDUSTRI 4.0. Tahdzib Al-Akhlaq: Jurnal Pendidikan Islam. https://doi.org/10.34005/tahdzib.v3i2.891

Danim, S. (2019). Literasi pendidikan era revolusi industri 4.0. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS PGRI PALEMBANG, 12(01).

Daud, A., Aulia, A. F., & Ramayanti, N. (2019). Integrasi teknologi dalam pembelajaran: Upaya untuk beradaptasi dengan tantangan era digital dan revolusi industri 4.0. Unri Conference Series: Community Engagement. https://doi.org/10.31258/unricsce.1.449-455

Edison, E., & Fathurrochman, I. (2020). PENDIDIKAN SEBAGAI MEDIA INTEGRASI AGAMA DAN SAINS DALAM ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0. Jurnal Literasiologi. https://doi.org/10.47783/literasiologi.v3i1.76

Fakultas, S., Pendidikan, I., Negeri, U., Abtrak, S., Nasional, P. P., Kuci, K., Pendidikan, P., Pendidikan, P. P., Pendidikan, M., & Suryadi, A. (2017). Permasalahan Mutu Pendidikan Dalam Perspektif Pembangunan Pendidikan. Edukasi, 2(1).

Mahnun, N. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). An-Nida’, 37(1), 27–35.

Masjudin, M. (2020). Manfaat Media Teknologi Dalam Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Tarbawi: Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial. https://doi.org/10.37216/tarbawi.v5i2.295

Muhaimin. (2010). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan Perguruan Tinggi. PT Rajagrafindo Persada.

Nuryana, Z. (2019). PEMANFAATAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM. TAMADDUN. https://doi.org/10.30587/tamaddun.v0i0.818

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. FITRAH:Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333. https://doi.org/10.24952/fitrah.v3i2.945

Priyanto, D. (2014). PEMETAAN PROBLEMATIKA INTEGRASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM 222 DENGAN SAINS DAN TEKNOLOGI. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan. https://doi.org/10.24090/insani




DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v3i2.2312

Article Metrics

Abstract view : 809 times
PDF - 1961 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Ahmad Nur Ghofir Mahbuddin

License URL: https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

Alamat Redaksi:

Jurusan Tarbiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111

Telp (Setria) 0857 141 777 54

Email: jurnal.al-mudarris@iain-palangkaraya.ac.id / setria.utama.rizal@iain-palangkaraya.ac.id

View My Stats