Materi Pendidikan Akhlak menurut Al-Qur’an: Analisis Surah Al-Hujarat Ayat 11-12

Saiful Lutfi

Abstract


Pendidikan Islam memainkan peranan penting dalam menciptakan manusia yang tidak hanya berkualitas pada intelektualitas saja, namun juga mulia pada tataran akhlak. Untuk mewujudkan peranan tersebut, maka pendidikan akhlak  memiliki posisi yang sangat strategis dalam pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis materi pendidikan akhlak dalam surah Al-Hujarat ayat 11 dan 12. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Data dianalisis menggunakan metode analisis isi. Berdasarkan analisis terhadap data penelitian, disimpulkan bahwa substansi nilai akhlak dalam surah Al-Hujarat ayat 11 dan 12 adalah tentang etika sosial seorang muslim dalam bermasyarakat. Substansi ajaran tentang etika sosial ini merupakan materi penting dalam pendidikan akhlak agar terwujud tatanan kehidupan sosial yang harmonis

 

Kata Kunci : Pendidikan Islam; Akhlak; Al-Hujarat; Al-Qur'an.


Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 709 times | PDF view : 695 times

References


Ahmadi, A. A. Z., & Shobahiya, M. (2017). Penggunaan Kata “لا” bermakna “Jangan” dalam Al-Qur’an (Perspektif Pendidikan Islam). Suhuf, 29(2), 125–138.

Al-Asfahani, A.-R. (2008). Mu’jam Mufradat Al-Faz Al-Qur’an. Dar Al-kutub Al-Ilmiyah.

Al-Maraghi, A. M. (1993). Tafsir Al-Maraghi, Terj. Anshori Umar Sitanggal. Karya Toha Putra.

Andrian, B. (2020). Komunikasi dan Akulturasi: Studi Fenomenologi pada Masyarakat Lokal dan Muslim di Perbatasan Indonesia-Malaysia. NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, 4(1), 51–63. https://doi.org/10.23971/njppi.v4i1.1981

As-Suyuti, J. (2008). Lubabun Nuqul Fii Asbabin Nuzul Terj. Abdul Hayyie. Gema Insani Press.

Ath-Thabari, A. J. M. bin J. (2008). Jami’ Al-Bayan At-Ta‟wil Ayi Al-Qur’an Terj. Abdul Somad, Yusuf Hamdani (Vol. 13). Pustaka Azzam.

Azamiyah. (2017). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur‟an Surah Al-Hujarat: 11- 13. TADARUS, 6(1), Article 1. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Tadarus/article/view/935

Bakri, S. (2016). Asbabun Nuzul: Diaog Antara Teks dan Realita Kesejarahan. Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir, 1(1), 1–18.

Bisri, A., & Fatah, Munawir. A. (1999). Kamus Al-Bisri. Pustaka Progresif.

Ghani, A. (2015). Pendidikan Akhlak Mewujudkan Masyarakat Madani. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 273–284. https://doi.org/10.24042/atjpi.v6i2.1518

Hamriah. (2012). Pendidikan Islam dan Pembinaan Etika Moral. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 7(2), 13–19. https://doi.org/10.24252/.v7i2.1371

Hijazi, M. (1993). Tafsir Al-Wadih. Dar Al-Jamil.

HM, A., Mualimin, & Nurliana. (2018). Elit Agama dan Harmonisasi Sosial di Palangkaraya. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 16(2), 277–296. https://doi.org/10.18592/khazanah.v16i2.2337

Ibn Katsir, A. al-F. I. (1986). Tafsir Ibnu Katsir. Al-Maktabah At-Tijariyah.

Khoiruddin, M. (2017). Etika Komunikasi dalam Al-Qur’an. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30997/dt.v2i1.303

Lestari, W. A. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak dalam al-Qur’an Surat al-Hujurat Ayat 11 dan 12 (Kajian Perbandingan antara Tafsir al-Azhar Buya Hamka dengan Tafsir al-Mishbah M. Quraish Shihab) [Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5346/

Maulani, A. (2012). Tranformasi Learning dalam Pendidikan Multikultural Keberagaman. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jppfa.v1i1.1049

Muhammad, A. (2014). Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Etika Sosial (Telaah Pemikiran A. Qodri A. Azizy. Jurnal Penelitian Agama, 15(1), 1–25. https://doi.org/10.24090/jpa.v15i1.2014.pp1-25

Munirah. (2017). Akhlak dalam Perspektif Pendidikan Islam. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 39–47.

Mutiah, T., Albar, I., Fitriyanto, F., & Rafiq, A. (2020). Etika Komunikasi dalam menggunakan Media Sosial. Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 1(1), 14–24.

Qutb, S. (2003). Tafsir Fi Zhilalil Qur’an: Di Bawah Naungan Al-Qur’an. Gema Insani Press.

Ramadan, S., Enoh, & Junaedi, L. (2017). Implikasi Pendidikan dari Q.S Al-Hujurat Ayat 12 tentang Larangan Ghibah dan Upaya-upaya Menghindarinya. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 3(1), 7–11. https://doi.org/10.29313/.v0i0.6080

Rizal, A. S. (2015). Orientasi Dan Konteks Sosial Pendidikan Islam: Memahami Dimensi Eksiologis Pendidikan Islam. taklim, 13(1). http://jurnal.upi.edu/taklim/view/3334/orientasi-dan-konteks-sosial-pendidikan-islam-:-memahami-dimensi-eksiologis-pendidikan-islam.html

Sabila, N. A. (2019). Integrasi Aqidah Dan Akhlak (Telaah Atas Pemikiran Al-Ghazali). NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, 3(2), 74–83. https://doi.org/10.23971/njppi.v3i2.1211

Saekan, M. (2017). Ideologi Kemanusiaan dalam Pendidikan Islam. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(1), 141–164. https://doi.org/10.21043/edukasia.v12i1.2263

Setiawan, A. I., & Pratama, M. A.-Q. (2018). Karakteristik Pendidikan Islam Periode Nabi Muhammad Di Makkah dan Madinah. NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, 2(2), 130–137. https://doi.org/10.23971/njppi.v2i2.958

Shihab, M. Q. (2001). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an (Vol. 13). Lentera Hati.

Shudur, M. M. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Surat Al-Hujurat Ayat 11-13). Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 1(2). http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/2330

Tang S, M., Muslimah, & Riadi, A. (2020). The Concept of Multicultural Education in Al-Qur’an Surah Al-Hujarat Verse 11-13. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 8(2), 119–133. https://doi.org/10.21093/sy.v8i2.2558

Wahyuddin, W. (2010). Asbabun Nuzul sebagai Langkah Awal Menafsirkan Al-Qur’an. Jurnal Sosial Humaniora, 3(2), 192–203. https://doi.org/10.12962/j24433527.v3i2.649

Yanuardanah, & Mualimin. (2020). Elit Agama dan Perdamaian: Pertemuan Imam Besar Al-Azhar dan Paus Fransiskus dalam Konstruksi Media. Hikmah, 14(2), 217–230. https://doi.org/10.24952/hik.v14i2.2718




DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v3i2.2336

Article Metrics

Abstract view : 709 times
PDF - 695 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 saiful lutfi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

Alamat Redaksi:

Jurusan Tarbiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111

Telp (Setria) 0857 141 777 54

Email: jurnal.al-mudarris@iain-palangkaraya.ac.id / setria.utama.rizal@iain-palangkaraya.ac.id

View My Stats