Materi Pendidikan Akhlak menurut Al-Qur’an: Analisis Surah Al-Hujarat Ayat 11-12
Abstract
Pendidikan Islam memainkan peranan penting dalam menciptakan manusia yang tidak hanya berkualitas pada intelektualitas saja, namun juga mulia pada tataran akhlak. Untuk mewujudkan peranan tersebut, maka pendidikan akhlak memiliki posisi yang sangat strategis dalam pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis materi pendidikan akhlak dalam surah Al-Hujarat ayat 11 dan 12. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan. Data dianalisis menggunakan metode analisis isi. Berdasarkan analisis terhadap data penelitian, disimpulkan bahwa substansi nilai akhlak dalam surah Al-Hujarat ayat 11 dan 12 adalah tentang etika sosial seorang muslim dalam bermasyarakat. Substansi ajaran tentang etika sosial ini merupakan materi penting dalam pendidikan akhlak agar terwujud tatanan kehidupan sosial yang harmonis
Kata Kunci : Pendidikan Islam; Akhlak; Al-Hujarat; Al-Qur'an.
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 971 times | PDF view : 817 timesReferences
Ahmadi, A. A. Z., & Shobahiya, M. (2017). Penggunaan Kata “لا” bermakna “Jangan” dalam Al-Qur’an (Perspektif Pendidikan Islam). Suhuf, 29(2), 125–138.
Al-Asfahani, A.-R. (2008). Mu’jam Mufradat Al-Faz Al-Qur’an. Dar Al-kutub Al-Ilmiyah.
Al-Maraghi, A. M. (1993). Tafsir Al-Maraghi, Terj. Anshori Umar Sitanggal. Karya Toha Putra.
Andrian, B. (2020). Komunikasi dan Akulturasi: Studi Fenomenologi pada Masyarakat Lokal dan Muslim di Perbatasan Indonesia-Malaysia. NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, 4(1), 51–63. https://doi.org/10.23971/njppi.v4i1.1981
As-Suyuti, J. (2008). Lubabun Nuqul Fii Asbabin Nuzul Terj. Abdul Hayyie. Gema Insani Press.
Ath-Thabari, A. J. M. bin J. (2008). Jami’ Al-Bayan At-Ta‟wil Ayi Al-Qur’an Terj. Abdul Somad, Yusuf Hamdani (Vol. 13). Pustaka Azzam.
Azamiyah. (2017). Konsep Pendidikan Karakter Dalam Al-Qur‟an Surah Al-Hujarat: 11- 13. TADARUS, 6(1), Article 1. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Tadarus/article/view/935
Bakri, S. (2016). Asbabun Nuzul: Diaog Antara Teks dan Realita Kesejarahan. Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir, 1(1), 1–18.
Bisri, A., & Fatah, Munawir. A. (1999). Kamus Al-Bisri. Pustaka Progresif.
Ghani, A. (2015). Pendidikan Akhlak Mewujudkan Masyarakat Madani. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 273–284. https://doi.org/10.24042/atjpi.v6i2.1518
Hamriah. (2012). Pendidikan Islam dan Pembinaan Etika Moral. Sulesana: Jurnal Wawasan Keislaman, 7(2), 13–19. https://doi.org/10.24252/.v7i2.1371
Hijazi, M. (1993). Tafsir Al-Wadih. Dar Al-Jamil.
HM, A., Mualimin, & Nurliana. (2018). Elit Agama dan Harmonisasi Sosial di Palangkaraya. Khazanah: Jurnal Studi Islam Dan Humaniora, 16(2), 277–296. https://doi.org/10.18592/khazanah.v16i2.2337
Ibn Katsir, A. al-F. I. (1986). Tafsir Ibnu Katsir. Al-Maktabah At-Tijariyah.
Khoiruddin, M. (2017). Etika Komunikasi dalam Al-Qur’an. DIDAKTIKA TAUHIDI: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30997/dt.v2i1.303
Lestari, W. A. (2017). Konsep Pendidikan Akhlak dalam al-Qur’an Surat al-Hujurat Ayat 11 dan 12 (Kajian Perbandingan antara Tafsir al-Azhar Buya Hamka dengan Tafsir al-Mishbah M. Quraish Shihab) [Skripsi, Universitas Islam Negeri Alauddin]. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/5346/
Maulani, A. (2012). Tranformasi Learning dalam Pendidikan Multikultural Keberagaman. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 1(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jppfa.v1i1.1049
Muhammad, A. (2014). Pendidikan Agama Islam dalam Membangun Etika Sosial (Telaah Pemikiran A. Qodri A. Azizy. Jurnal Penelitian Agama, 15(1), 1–25. https://doi.org/10.24090/jpa.v15i1.2014.pp1-25
Munirah. (2017). Akhlak dalam Perspektif Pendidikan Islam. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 4(2), 39–47.
Mutiah, T., Albar, I., Fitriyanto, F., & Rafiq, A. (2020). Etika Komunikasi dalam menggunakan Media Sosial. Global Komunika : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 1(1), 14–24.
Qutb, S. (2003). Tafsir Fi Zhilalil Qur’an: Di Bawah Naungan Al-Qur’an. Gema Insani Press.
Ramadan, S., Enoh, & Junaedi, L. (2017). Implikasi Pendidikan dari Q.S Al-Hujurat Ayat 12 tentang Larangan Ghibah dan Upaya-upaya Menghindarinya. Prosiding Pendidikan Agama Islam, 3(1), 7–11. https://doi.org/10.29313/.v0i0.6080
Rizal, A. S. (2015). Orientasi Dan Konteks Sosial Pendidikan Islam: Memahami Dimensi Eksiologis Pendidikan Islam. taklim, 13(1). http://jurnal.upi.edu/taklim/view/3334/orientasi-dan-konteks-sosial-pendidikan-islam-:-memahami-dimensi-eksiologis-pendidikan-islam.html
Sabila, N. A. (2019). Integrasi Aqidah Dan Akhlak (Telaah Atas Pemikiran Al-Ghazali). NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, 3(2), 74–83. https://doi.org/10.23971/njppi.v3i2.1211
Saekan, M. (2017). Ideologi Kemanusiaan dalam Pendidikan Islam. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(1), 141–164. https://doi.org/10.21043/edukasia.v12i1.2263
Setiawan, A. I., & Pratama, M. A.-Q. (2018). Karakteristik Pendidikan Islam Periode Nabi Muhammad Di Makkah dan Madinah. NALAR: Jurnal Peradaban dan Pemikiran Islam, 2(2), 130–137. https://doi.org/10.23971/njppi.v2i2.958
Shihab, M. Q. (2001). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an (Vol. 13). Lentera Hati.
Shudur, M. M. (2016). Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak dalam Al-Qur’an (Kajian Tafsir Surat Al-Hujurat Ayat 11-13). Sumbula: Jurnal Studi Keagamaan, Sosial Dan Budaya, 1(2). http://ejournal.kopertais4.or.id/mataraman/index.php/sumbula/article/view/2330
Tang S, M., Muslimah, & Riadi, A. (2020). The Concept of Multicultural Education in Al-Qur’an Surah Al-Hujarat Verse 11-13. SYAMIL: Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education), 8(2), 119–133. https://doi.org/10.21093/sy.v8i2.2558
Wahyuddin, W. (2010). Asbabun Nuzul sebagai Langkah Awal Menafsirkan Al-Qur’an. Jurnal Sosial Humaniora, 3(2), 192–203. https://doi.org/10.12962/j24433527.v3i2.649
Yanuardanah, & Mualimin. (2020). Elit Agama dan Perdamaian: Pertemuan Imam Besar Al-Azhar dan Paus Fransiskus dalam Konstruksi Media. Hikmah, 14(2), 217–230. https://doi.org/10.24952/hik.v14i2.2718
DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v3i2.2336
Article Metrics
Abstract view : 971 timesPDF - 817 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2020 saiful lutfi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Jurusan Tarbiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya
Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111
Telp (Setria) 0857 141 777 54