Implementasi Pendidikan Spiritual Dalam Meningkatkan Akhlak Santri Di Pondok Pesantren Subulas Salam Selobekiti Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang

Muhammad Dimyati Mabruri, Aris Musnandar

Abstract


Penerapan nilai-nilai akhlak di pondok pesantren menjadi hal yang utama. Penerapan ini dilaksanakan dalam berbagai kegiatan, baik bersifat formal maupun non formal,  mengingat pondok pesantren memiliki pendidikan formal. Penelitian ini berjenis penelitian deskriptif kualitatf dan menggunakan kualitatif yang mengedepankan fenomena yang dialami oleh subjek berupa perilaku, persepsi, pandangan, dan motivasi. Data dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dan studi dokumentasi, sebagai sumber informasi adalah para civitas pondok pesantren Subulas Salam Selobekiti kecamatan Wonosari Kabupaten Malang. Data dianalisis melalui tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Selanjutnya pengecekan keabsahan data dengan uji kredibilatas untuk menguji kevalidan data. Hasil penelitian: (1) implementasi nilai-nilai akhlak di pondok pesantren Subulas Salam melalui kegiatan rutin dan wajib, Bentuk implementasi berupa perilaku tawadlu, perilaku disiplin, perilaku hidup sederhana, dan perilaku jujur perkataan dan perbuatan, (2) kegiatan spiritual yang telah diterapkan menjadi harapan semua pihak termasuk santri dalam bertindak dan bersikap yang dibarengi penerapan nilai-nilai salaf untuk mewujudkan nilai tawadlu’, nilai kedisplinan, nilai kejujuran, dan nilai kesederhanaan, dan (3) relevansi nilai-nilai spiritual terhadap santri, yaitu terbentuknya perilaku tawadlu, penggunaan waktu yang baik, kegiatan ubudiyah dan amaliyah, dan kejujuran perkataan dan perbuatan.

 



Keywords


Implementation; Spiritual Education; Morals;

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 701 times | PDF view : 1248 times

References


Aminuddin. (2006). Membangun Karakter dan Kepribadian Melalui Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Graha Ilmu.

Drajat, Z. (1993). Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: CV. Ruhama.

Hamalik, O. (2001). Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Hamid, A. (n.d.). usul al-tarbiyah al-islamiyah fi al-sunnah an-nabawiyah. Tunis: Darul Arabiyah lil Kitab.

Ilyas, Y. (2006). Kuliah Spiritual. Yogyakarta: Pustaka Pelajar Offset.

Moleong, L. J. (2001). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Pt. Rosda Karya.

Nawawi, H. (2005). Penelitian Terapan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.




DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v3i2.2366

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muhammad Dimyati Mabruri dan Aries Musnandar

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

Alamat Redaksi:

Jurusan Tarbiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111

Telp (Setria) 0857 141 777 54

Email: [email protected] / [email protected]

View My Stats