Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh di MI/SD

Authors

  • Filzah Nur Amalia UIN Syarif Hidayatullah
  • Lu’luil Maknun UIN Syarif Hidayatullah

DOI:

https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.2412

Keywords:

Covid-19, Pembelajaran Jarak Jauh, Implementasi Pembelajaran

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan tentang dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran jarak jauh di MI/SD. Penulisan artikel ini dilakukan dengan menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Teknik pengumpulan data dengan cara menelusuri berbagai referensi di jurnal nasional dan internasional yang berkaitan dengan pembelajaran jarak jauh di MI/SD pada masa pandemi Covid-19. Setelah mencari berbagai referensi, penulis menyeleksi, menganalisis, dan menyajikan secara sistematis di dalam artikel ini. Hasil artikel ilmiah ini menyajikan enam topik bahasan, yaitu: 1) dampak Covid-19, 2) pengertian pembelajaran jarak jauh, 3) implementasi pembelajaran jarak jauh, 4) dampak terhadap peserta didik, 5) dampak terhadap pendidik, dan 6) dampak terhadap orang tua. Berdasarkan hasil kajian ini, penulis menyimpulkan bahwa dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran jarak jauh di MI/SD memiliki berbagai kekurangan dan keterbatasan pada prosesnya. Tetapi, keterbatasan pembelajaran jarak jauh tersebut dapat terlaksana dengan baik, apabila dalam proses pembelajaran ada kerjasama yang bagus antara siswa, orang tua, dan guru dalam melaksanakan belajar di rumah. Kebaruan yang didapat dari hasil penelitian ini adalah implementasi pembelajaran jarak jauh akan menjadi efektif jika segala kebutuhan untuk menunjang proses pembelajaran tersebut terpenuhi. Kemahiran peserta didik, pendidik dan orang tua dalam menggunakan teknologi menjadi aspek penting terlaksananya implementsi pembelajaran jarak jauh yang baik.

Author Biographies

Filzah Nur Amalia, UIN Syarif Hidayatullah

Prodi PGMI

Lu’luil Maknun, UIN Syarif Hidayatullah

Prodi PGMI

References

Abidin, Zainal, Adeng Hudaya, and Dinda Anjani. 2020.

Ahmad, Iqbal Faza. 2020.

Anugrahana, Andri. 2020.

Astini, Ni Komang Suni. 2020.

Chakraborty, Misha, and Fredrick Muyia Nafukho. 2014.

Chusna, Puji Asmaul, and Ana Dwi Muji Utami. 2020.

Darmalaksana, Wahyudin. 2020.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020.

Fauzi, Irfan, and Iman Hermawan Sastra Khusuma. 2020.

Hamdani, Acep Roni, and Asep Priatna. 2020.

Kahfi, Ashabul. 2020.

Kusumadewi, Rida Fironika, Sari Yustiana, and Khoirotun Nasihah. 2020.

Megawanti, Priarti. 2020.

Mufarikhah Umar, Lulus, and Mochamad Nursalim. 2020.

Purwanto, Agus, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Choi Chi Hyun, Laksmi Mayesti Wijayanti, and Ratna Setyowati Putri. 2020.

Rasheed, Falowo. 2007.

Rigianti, Henry Aditia. 2020.

Salim, Salim, Zulaika Zulaika, Nanda Miranda, and Askur Amin. 2021.

Sari, Widya, Andi Muhammad Rifki, and Mila Karmila. 2020.

Setiawan, Adib Rifqi, and Arij Zulfi Mufassaroh. 2020.

Setyorini, In. 2020.

Siahaan, Matdio. 2020.

Simatupang, Nova Irawati, Sri Rejeki Ignasia Sitohang, Angelia Patricia Situmorang, and Ismenny Martalena Simatupang. 2020.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yolanda, Olivia. 2020.

Downloads

Published

2021-05-01