Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh di MI/SD

Filzah Nur Amalia, Lu’luil Maknun

Abstract


Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan tentang dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran jarak jauh di MI/SD. Penulisan artikel ini dilakukan dengan menggunakan metode SLR (Systematic Literature Review). Teknik pengumpulan data dengan cara menelusuri berbagai referensi di jurnal nasional dan internasional yang berkaitan dengan pembelajaran jarak jauh di MI/SD pada masa pandemi Covid-19. Setelah mencari berbagai referensi, penulis menyeleksi, menganalisis, dan menyajikan secara sistematis di dalam artikel ini. Hasil artikel ilmiah ini menyajikan enam topik bahasan, yaitu: 1) dampak Covid-19, 2) pengertian pembelajaran jarak jauh, 3) implementasi pembelajaran jarak jauh, 4) dampak terhadap peserta didik, 5) dampak terhadap pendidik, dan 6) dampak terhadap orang tua. Berdasarkan hasil kajian ini, penulis menyimpulkan bahwa dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran jarak jauh di MI/SD memiliki berbagai kekurangan dan keterbatasan pada prosesnya. Tetapi, keterbatasan pembelajaran jarak jauh tersebut dapat terlaksana dengan baik, apabila dalam proses pembelajaran ada kerjasama yang bagus antara siswa, orang tua, dan guru dalam melaksanakan belajar di rumah. Kebaruan yang didapat dari hasil penelitian ini adalah implementasi pembelajaran jarak jauh akan menjadi efektif jika segala kebutuhan untuk menunjang proses pembelajaran tersebut terpenuhi. Kemahiran peserta didik, pendidik dan orang tua dalam menggunakan teknologi menjadi aspek penting terlaksananya implementsi pembelajaran jarak jauh yang baik.


Keywords


Covid-19; Pembelajaran Jarak Jauh; Implementasi Pembelajaran

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1000 times | PDF view : 616 times

References


Abidin, Zainal, Adeng Hudaya, and Dinda Anjani. 2020. “Efektivitas Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19.” Research and Development Journal of Education 1 (1): 131–46.

Ahmad, Iqbal Faza. 2020. “Alternative Assessment In Distance Learning In Emergencies Spread Of Coronavirus Disease (Covid-19) In Indonesia.” Jurnal Pedagogik 7 (01): 200.

Anugrahana, Andri. 2020. “Hambatan, Solusi Dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 10 (3): 282–89.

Astini, Ni Komang Suni. 2020. “Pemanfaatan Teknologi Informasi Dalam Pembelajaran Tingkat Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi Covid-19.” Lampuhyang 11 (2): 13–25.

Chakraborty, Misha, and Fredrick Muyia Nafukho. 2014. “Strengthening Student Engagement: What Do Students Want In Online Courses?” European Journal of Training and Development.

Chusna, Puji Asmaul, and Ana Dwi Muji Utami. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Peran Orang Tua Dan Guru Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Anak Usia Sekolah Dasar.” Premiere: Journal of Islamic Elementary Education 2 (1): 11–30.

Darmalaksana, Wahyudin. 2020. “Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka Dan Studi Lapangan.” Pre-Print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. 2020. “Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2 (1): 55–61.

Fauzi, Irfan, and Iman Hermawan Sastra Khusuma. 2020. “Teachers’ Elementary School In Online Learning Of Covid-19 Pandemic Conditions.” Jurnal Iqra’: Kajian Ilmu Pendidikan 5 (1): 58–70.

Hamdani, Acep Roni, and Asep Priatna. 2020. “Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Di Masa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang.” Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang 6 (1): 1–9.

Kahfi, Ashabul. 2020. “Tantangan Dan Harapan Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi Covid 19.” Dirasah: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar Islam 3 (02): 137–54.

Kusumadewi, Rida Fironika, Sari Yustiana, and Khoirotun Nasihah. 2020. “Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak Covid-19 Di SD.” Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD) 1 (1).

Megawanti, Priarti. 2020. “Persepsi Peserta Didik Terhadap PJJ Pada Masa Pandemi Covid 19.” Jurnal Faktor UNINDRA 7 (2): 75–82.

Mufarikhah Umar, Lulus, and Mochamad Nursalim. 2020. “Studi Kepustakaan Tentang Dampak Wabah Covid-19 Terhadap Kegiatan Belajar Mengajar Pada Siswa Sekolah Dasar (SD).” Jurnal BK UNESA 11 (4).

Purwanto, Agus, Rudy Pramono, Masduki Asbari, Choi Chi Hyun, Laksmi Mayesti Wijayanti, and Ratna Setyowati Putri. 2020. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar.” EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling 2 (1): 1–12.

Rasheed, Falowo. 2007. “Factors Impeding Implementation Of Web-Based Distance Learning.” AACE Journal 15 (3): 315–38.

Rigianti, Henry Aditia. 2020. “Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara.” Elementary School: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Ke-SD-An 7 (2).

Salim, Salim, Zulaika Zulaika, Nanda Miranda, and Askur Amin. 2021. “Distance Learning: Implementation in Langkat Elementary School during the Covid-19 Pandemic.” Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan 7 (01): 87–92.

Sari, Widya, Andi Muhammad Rifki, and Mila Karmila. 2020. “Abalisis Kebijakan Pendidikan Terkait Implementasi Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Darurat Covid 19.” JURNAL MAPPESONA 2 (2).

Setiawan, Adib Rifqi, and Arij Zulfi Mufassaroh. 2020. “Lembar Kegiatan Siswa Untuk Pembelajaran Jarak Jauh Berdasarkan Literasi Saintifik Pada Topik Penyakit Coronavirus 2019 (Covid-19).” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 2 (1): 28–37.

Setyorini, In. 2020. “Pandemi COVID-19 Dan Online Learning: Apakah Berpengaruh Terhadap Proses Pembelajaran Pada Kurikulum 13?” Journal of Industrial Engineering & Management Research 1 (1): 95–102.

Siahaan, Matdio. 2020. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan.” Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan 20 (2).

Simatupang, Nova Irawati, Sri Rejeki Ignasia Sitohang, Angelia Patricia Situmorang, and Ismenny Martalena Simatupang. 2020. “Efektivitas Pelaksanaan Pengajaran Online Pada Masa Pandemi Covid-19 Dengan Metode Survey Sederhana.” Jurnal Dinamika Pendidikan 13 (2): 197–203.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Yolanda, Olivia. 2020. “Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar.” Oikonomia: Jurnal Manajemen 16 (2).




DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.2412

Article Metrics

Abstract view : 1000 times
PDF - 616 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Filzah Nur Amalia

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

Alamat Redaksi:

Jurusan Tarbiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111

Telp (Setria) 0857 141 777 54

Email: jurnal.al-mudarris@iain-palangkaraya.ac.id / setria.utama.rizal@iain-palangkaraya.ac.id

View My Stats