Kebijakan Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Pendidikan Agama Islam

Farid Setiawan, Annisa Septarea Hutami, Dias Syahrul Riyadi, Virandra Adhe Arista, Yoga Handis Al Dani

Abstract


Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) yaitu suatu aksi pendidikan yang merupakan tanggung jawab dari sistem pendidikan guna menguatkan karakter pada peserta didik. Adapun posisi Pendidikan Agama Islam menjadi mata pelajaran yang paling utama untuk menguatkan pendidikan karakter anak bangsa. Ikut sertanya mata pelajaran PAI dalam penguatan pendidikan karakter menjadi sangat strategis dan kuat. Penerapan penguatan pendidikan karakter melalui mata pelajaran PAI menyebabkan kebiasaan baru yang diterima oleh peserta didik dalam mengamalkan ajaran agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kebijakan pemerintah tentang penguatan pendidikan karakter dengan menggunakan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode library research atau bisa disebut dengan penelitian pustaka yang merupakan objek kajian penelitian dengan menggabungkan berbagai informasi yang berhubungan dengan tema maupun problema yang sedang dibahas. Hasil yang didapatkan yaitu, 1) pengertian pendidikan karakter; 2) relevansi pembelajaran PAI dengan penguatan pendidikan karakter; 3) pentingnya penguatan pendidikan karakter untuk peserta didik; dan 4) peran guru PAI dalam melakukan penguatan pendidikan karakter terhadap peserta didik.


Keywords


Agama Islam; Kebijakan Penguatan Karakter; Pendidikan

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 175 times | PDF view : 124 times

References


Agung, I. (2017). PERAN FASILITATOR GURU DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK). PERSPEKTIF: Ilmu Pendidikan, 31 (2), 106-109.

Ainissyifa, H. (2014). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 8 (1), 1-26.

Ainiyah, N. (2013). PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN ISLAM. Jurnal Al-Ulum, 13 (1), 25-38.

Anshori, I. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Halaqa: Islamic Education Journal, 1 (2), 63-74.

Anwar, S., & Salim, A. (2018). Pendidikan Islam dalam Membangun Karakter Bangsa di Era Milenial. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9 (2), 233-247.

Arsyad, Sulfemi, W. B., & Fajartriani, T. (2020). Penguatan Motivasi Shalat dan Karakter Peserta Didik melalui Pendekatan Pembelajaran Kontekstual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 6 (2), 185-204.

Dalyono, B., & Lestariningsih, E. D. (2017). IMPLEMENTASI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH. Bangun Rekaprima, 3 (2), 33-42.

Farida, S. (2016). PENDIDIKAN KARAKTERDALAM PRESPEKTIF ISLAM. Kabilah, 1 (1), 198-207.

Hadisi, L. (2015). PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANAK USIA DINI. Jurnal Al-Ta'dib, 8 (2), 50-69.

Haniyyah, Z., & Indana, N. (2021). PERAN GURU PAI DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER ISLAMI SISWA DI SMPN 03 JOMBANG. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 1 (1), 75-86.

Huda, M. (2021). STRATEGI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA ISLAM. Turatsuna : Jurnal Keislaman dan Pendidikan, 3 (1).

Khaidir, & Saputra, M. (2019). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Agama Islam di MTSS Nurur Rasyad Al-Aziziyah Tijue. SEMDI UNAYA, 359-367.

Khamalah, N. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter di Madrasah. Jurnal Kependidikan, 5 (2), 200-215.

Kosim, M. (2020). Penguatan Pendidikan Karakter Di Era Industri 4.0: Optimalisasi Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Tadris: Jurnal Pendidikan Islam, 15 (1), 88-107. doi:10.19105/tjpi.v15i1.2416

Kusnoto, Y. (2017). INTERNALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTERPADA SATUAN PENDIDIKAN. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 4 (2), 247-256.

Lubis, R. R., & Nasution, M. H. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah Ibtidaiyah. JIP: Jurnal Ilmiah PGMI, 3 (1), 15-32.

Mohammad, A. (2019). KEBIJAKAN KURIKULUM DAN DINAMIKA PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONESIA. SUKMA: Jurnal Pendidikan, 3 (2), 137-168. doi:https://doi.org/10.32533/03201.2019

Muchtar, A. D., & Suryani, A. (2019). Pendidikan Karakter Menurut Kemendikbud (Telaah Pemikiran atas Kemendikbud). Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 3 (2), 50-57.

Omeri, N. (2015). Pentingnya Pendidikan Karakter dalam Dunia Pendidikan. Jurnal Manajer Pendidikan, 9 (3), 464-468.

Perdana, N. S. (2018). IMPLEMENTASI PERANAN EKOSISTEM PENDIDIKAN DALAM PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER PESERTA DIDIK. JURNAL REFLEKSI EDUKATIKA, 8 (2), 183-191.

Ratnasari, K., Permatasari, Y. D., & Sholihah, M. (2020). PERAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER SOSIAL DALAM BERMASYARAKAT. Falasifa: Jurnal Studi Keislaman, 11 (2), 153-161.

Ridlo, S. (2020). PENTINGNYA PENDIDIKAN ISLAM BAGI PESERA DIDIK DI ABAD KE-21. SCHOLASTICA: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 2 (1), 18-27.

Rony, & Jariyah, S. A. (2020). URGENSI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM MEMBENTUK AKHLAK PESERTA DIDIK. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1 (1), 79-100.

Samrin. (2016). PENDIDIKAN KARAKTER (SEBUAH PENDEKATAN NILAI). Jurnal Al-Ta’dib, 9 (1), 120-143.

Shidiq, A. F., & Raharjo, S. T. (2018). PERAN PENDIDIKAN KARAKTER DI MASA REMAJA SEBAGAI PENCEGAHAN KENAKALAN REMAJA. Jurnal Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat, 5 (2), 176-187 . doi:https://doi.org/10.24198/jppm.v5i2.18369

Sunarso, A. (2020). REVITALISASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI INTERNALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) DAN BUDAYA RELIGIUS. Kreatif: Jurnal Kependidikan Dasar, 10 (2), 155-169. doi:https://doi.org/10.15294/kreatif.v10i2.23609

Suryanti, E. W., & Widayanti, F. D. (2018). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS RELIGIUS. Conference on Innovation and Application of Science and Technology, (pp. 254-262).

Syarif, M. (2014). PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA (Studi Analisis Perilaku Siswa Madrasah Aliyah Negeri 1 Palembang). Jurnal Conciencia, 14 (2), 71-93. doi:https://doi.org/10.19109/conciencia.v14i2.96

Tamami, B. (2018). PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP PENDIDIKAN KARAKTER SISWA DI SMA SULTAN AGUNG KASIYAN- PUGER-JEMBER TAHUN PELAJARAN 2016/2017t. TARLIM, 1 (1), 21-30.

Wibowo, A. M. (2014). Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa Melalui Mata Pelajaran PAI pada SMA EKS RSBI di Pekalongan. Jurnal Analisa, 21 (2), 291-303.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Apikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Zulaikah, S. (2019). PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPN 3 BANDAR LAMPUNG. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 10 (1), 83-93. doi:https://doi.org/10.24042/atjpi.v10i1.3558




DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.2809

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Annisa Septarea Hutami, Farid Setiawan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

Alamat Redaksi:

Jurusan Tarbiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111

Telp (Setria) 0857 141 777 54

Email: jurnal.al-mudarris@iain-palangkaraya.ac.id / setria.utama.rizal@iain-palangkaraya.ac.id

View My Stats