Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pola Pendekatan Pembelajaran Tematik Integralistik

Muchamad Fauyan, Kadar Wati

Abstract


Artikel ini bertujuan mendeskripsikan internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui pola pendekatan pembelajaran tematik integralistik pada kelas IV SDN Cempereng Batang. Permasalahan dikotomi atau membedakan dan memisahkan antara mata pelajaran yang berbasis agama (akhlak) dan mata pelajaran sains yang terjadi di banyak sekolah saat ini menjadi alasan untuk mengungkap praktik pendidikan karakter yang tidak hanya menjadi tanggung jawab mata pelajaran Agama atau Pendidikan Kewarganegaraan (PKn). Metode penelitiannya lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Pengumpulan datanya dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dari guru, Kepala Sekolah, dan Siswa. Analisisnya dilakukan dengan teknik analisis Miles and Huberman. Hasil penelitiannya: (1) internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui pola pendekatan pembelajaran tematik integralistik, terdiri dari lima komponen, yaitu kesiapan, perencanaan, upaya, pelaksanaan, dan evaluasi; (2) nilai-nilai pendidikan karakter yang diinternalisasikan melalui pola pendekatan pembelajaran tematik integralistik lengkap ada 18 nilai sebagaimana dalam Kemdikbud, yaitu nilai religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial dan tanggung jawab. (3) faktor pendukung internalisasi nilai-nilai pendidikan karakter melalui pola pendekatan pembelajaran tematik integralistik ada tiga yaitu sarana dan prasarana yang memadai, guru, dan ekstrakurikuler, sedangkan faktor penghambat ada dua yaitu lingkungan tempat tinggal siswa dan media massa. Hasil penelitian ini sangat relevan bagi yang ingin mendalami contoh-contoh internalisasi pendidikan karakter dalam proses pembelajaran.

Keywords


Internalisasi Nilai, Pendidikan Karakter, Pembelajaran Tematik

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 850 times | PDF view : 1108 times

References


Anggarwati, M. D. (2019). Pendidikan Nilai Karakter Dan Spiritual Berbasis Komunitas di MI Miftahul Huda Dono-Sendang Kabupaten Tulungagung. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 2(2), 170–183. https://doi.org/10.23971/mdr.v2i2.1674

Ariyanti, F., Rustopo, R., & Setya Putri, A. D. (2019). Analisis Nilai Karakter dalam Pembelajaran Tematik Tema Cita-Citaku. Indonesian Values and Character Education Journal, 2(1), 43. https://doi.org/10.23887/ivcej.v2i1.17942

Daí. (2018). Wawancara Pribadi, Wawancara dengan Guru Kelas IV.

Estuwardhani, N. A., & Mustadi, A. (2015). Pengembangan Bahan Ajar Modul Tematik-Integratif dalam Peningkatan Karakter Peserta Didik Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 16.

Hidayatullah, M. F. (2010). Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Yuma Yustika.

Lesttari, F. D. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Karakter dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV B MIN Tempel Ngaglik Sleman [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. PT Remaja Rosdakarya.

Majid, A., & Rochman, C. (2014). Pendekatan Ilmiah Dalam Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.

Mulyaningsih, I. (2015). Implementasi Pendidikan Karakter pada Pembelajaran Tematik Di Kelas IV SD Negeri Prembulan Galur Kulon Progo [Skripsi]. Universitas Negeri Yogyakarta.

Mustari, M. (2014). Nilai Karakter: Refleksi untuk Pendidikan. PT Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2008). Metode Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (V). CV Alfabeta.

Wibowo, A. (2012). Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa Berperadaban. Pustaka Pelajar.

Wiyani, A. N. (2013). Konsep, Praktik dan Strategi Membumikan Pendidikan Karakter di SD. Ar Ruzz Media.

Zubaedi. (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.




DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.2862

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Muchamad Fauyan, Kadar Wati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

Alamat Redaksi:

Jurusan Tarbiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111

Telp (Setria) 0857 141 777 54

Email: [email protected] / [email protected]

View My Stats