Perbedaan Tingkat Pengenalan Huruf Hijaiyyah melalui Metode Iqro pada Anak Kelas A Taman Kanak-Kanak

Imroatun Imroatun, Hunainah Hunainah, Yayah Rukhiyah, Ipah Apipah

Abstract


Penguasaan bahasa anak usia 4-5 tahun  bisa beragam teratama dalam menghafal huruf hijaiyah yang menjadi huruf Arab sebagai bahasa kedua di Indonesia. Dalam praktik belum mengenal atau belum bisa memisahkan antara huruf satu dengan huruf yang lainya adapula yang masih bingung memisahkan bentuk huruf hijaiyah. Tujuan penelitian ini ialah untuk memperoleh data tentang kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak usia 4-5 tahun di RA Al-Jauharotunnaqiyyah Kota Serang melalui pembelajaran Iqro yang sedang berjalan dan peran orang tua untuk menunjang penguasaan bahasa melalui metode pembelajran tersebut. Penelitian studi kasus ini menghasilkan temuan murid yang bisa mengenali huruf hijaiyah secara urut sudah baik dan benar. Pengenalan huruf beracak masiha hanya menyisakan 1 anak yang sudah berkembang sesuai harapan. Hal yang sama ditemukan ketika pengujian  dalam penguasaan kemammpuan untuk mengenali perbedaan bentuk huruf yang hampir sama. Hasil demikian juga dipengaruhi dengan frekuensi keterlibatan dalam orang tua di dalamnya ternyata sejajar dengan hasil penilaian tersebut. Mereka yang aktif mendampingi dalam pembiasaan Iqro di rumah mendapatkan hasil yang maksimal selama pembelajaran di sekolah.


Keywords


Penguasaan bahasa; huruf hijaiyah; anak usia dini; Iqro

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 96 times | PDF view : 89 times

References


Akla, A. (2017). Desain Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Penanaman Karakter untuk Anak Usia Dini. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(2), 144. https://doi.org/10.32332/elementary.v3i2.952

Ali, N., & Perdana, J. A. (2020). Kemitraan Orangtua: Memperkuat Eksistensi Karakter Islami di Era Revolusi Industri 4.0. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 3(1), 21–42. https://doi.org/10.23971/MDR.V3I1.2056

Alucyana. (2017). Pembelajaran Al-Quran untuk Anak Usia Dini dengan Metode Muyassar. Proceedings of The 2nd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 2(16), 33–45.

Alucyana, A., Raihana, R., & Utami, D. T. (2020). Peningkatan Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah Melalui Kartu Huruf Hijaiyah di PAUD. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 17(1), 46–57. https://doi.org/10.25299/al-hikmah:jaip.2020.vol17(1).4638

Amalia, D., & Rohmawati, A. (2020). Peningkatan Keterampilan Berbicara Bahasa Arab Melalui Metode Bernyanyi Pada Anak Kelompok B Di PAUD Al-Madaniy Gondanglegi-Malang. Juraliansi: Jurnal Lingkup Anak Usia Dini, 1(2), 11–20. https://doi.org/10.35897/juraliansipiaud.v1i2.335

Amellia, L., Salmina, M., & Hasibah, S. (2017). Pembiasaan Dalam Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyyah Anak Usia Dini DI KB PAUD Melati Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Didaktika, III(2), 70–84.

Arifin., M. (2003). Ilmu Pendidikan Islam Suatu Tinjauan Teoritis Dan Praktis BerdasarkanPendekatan Interdisipliner. Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2001). Managemen Penelitian. Rineka Cipta.

Colina, N., & Listiana, A. (2021). Al-Quran Based Learning in Early Childhood Education. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 538(Icece 2020), 19–22. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210322.005

Dalle, A., Amdar, F., B Mustamin, A. A., Dalle, A., Haekal Amdar, F., & Aziz Bin Mustamin, A. (2020). Arabic Learning Strategy In Early Childhood. Jurnal Ilmiah Potensia, 6(1), 11–16. https://doi.org/10.33369/jip.6.1.11-16

Fadlillah, M., & Khorida, L. M. (2013). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini: Konsep dan Aplikasinya dalam PAUD. Ar-Ruzz Media.

Faridah, L. U. (2017). Pengenalan Bahasa Arab Untuk Anak Sejak Dini. Prosiding Konferensi Nasional Bahasa Arab III, 3(3), 411–419.

Fitroh, S. F., Jannah, R., Wulani Fajar, Y., Faridatun Nisa, T., & Karim, M. B. (2018). Penggunaan Metode Iqro’ untuk Anak Usia Dini. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 1(1), 16–26.

Handayani, M. R. (2013). Game Edukasi Huruf Hijaiyah Usia Taman Kanak-Kanak untuk Program Kerja Karang Taruna Perumahan Kaliwungu Indah Desa Protomulyo Kendal. Dimas, 13(2), 221–240.

Hasanah, R., & Latif, M. A. (2019). Implementasi Model Pembelajaran BCCT (Beyond Centers And Circle Times) dan Model Pembelajaran Konsiderasi di TK Khalifah Baciro Kota Yogyakarta. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 2(2), 184–199. https://doi.org/10.23971/MDR.V2I2.1538

Huliyah, M. (2010). Metode Al Barqy dalam Perspektif Multiple Intelligences. Pendidikan, 23–32.

Huliyah, M. (2017). Pembelajaran Al-Qur’an di Pesantren Tahfidz Khusus Anak Al-Azka, Cisauk Tangerang, Banten. ACIECE, 2, 207–216.

Humam, A. (2000). Buku Iqro’ Cara Cepat Belajar Membaca Al-Qur’an edisi Revisi jilid 1-6. Yogyakarta: Balai Litbang LPTQ Nasional Team Tadarus AMM.

Hurlock, E. B. (2016). Perkembangan Anak (Vol. 2). Penerbit Erlangga.

Imroatun, I. (2017). Pembelajaran Huruf Hijaiyah bagi Anak Usia Dini. Proceedings of The 2nd Annual Conference on Islamic Early Childhood Education, 175–188.

Izzaty, R. E., & dkk. (2008). Perkembangan Peserta Didik. UNY Press.

Khasanah, N. (2016). Pembelajaran Bahasa Arab Sebagai Bahasa Kedua (Urgensi Bahasa Arab Dan Pembelajarannya Di Indonesia). An-Nidzam : Jurnal Manajemen Pendidikan dan Studi Islam, 3(2), 39–54. https://doi.org/10.33507/an-nidzam.v3i2.16

Khoiruddin, K. (2017). Pengenalan Bahasa Arab melalui Nyanyian pada Anak Usia Prasekolah di PAUD Terpadu Ihyaul Ulum Puncu Kediri Jatim. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 12. https://doi.org/10.31004/obsesi.v1i1.27

Kusmawati, A. (2017). Tahsin Method of Al-Quran and Parenting for Children Hyperactive in Kindergarten School Orange, Ciputat Timur, Tangerang Selatan, Indonesia. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 58, 97–104. https://doi.org/10.2991/icece-16.2017.16

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosda Karya.

Mulyasa, E. (2004). manajemen pendidikan karakter. Bumi Aksara.

Musodiqin, M., Difla Nadjih, & Nugroho, T. (2017). Implementasi Sorogan Dalam Pembelajaran Al-Qur’an Pada Madrasah Diniyah Takmiliyah. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 7(1).

Mutaqien, Z. (2017). The Learning Method Of Al-Quran For Early Childhood. International Conference On Education, 1(1).

Mutiah, D. (2010). Psikologi Bermain Anak Usia Dini. Prenadamedia Group.

Nakata, Y. (2009). Constructing New Stages of Education for Muslim Children: Impacts of The Dissemination of The Iqro’ Method Textbook on Islamic Education in Indonesia and Malaysia. Educare : international journal for educational studies., 2(1), 25–34.

Nikmat. (2014). Meningkatkan Kemampuan Anak Mengenal Huruf Hijaiyah Melalui Kartu Huruf Di Kelompok B TK Al-Khairaat Balamoa. Bungamputi, 2(7), 511–519.

Nufus, H. (2000). Model Pembelajaran Bahasa Arab Untuk Anak Usia Dini.

Nugroho, P. (2015). Pandangan Kognitifisme Dan Aplikasinya Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Usia Dini. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 3(2), 281–304.

Nurhuda, Z., Fatinova, D., & Wildan, M. (2020). Metode Pengajaran Komunikatif Sebagai Strategi Pembelajaran Bahasa Bagi Siswa Usia Dini. Jurnal Loyalitas Sosial: Journal of Community Service in Humanities and Social Sciences, 2(1), 1. https://doi.org/10.32493/jls.v2i1.p1-14

Pranowo. (1996). Analisis Pengajaran Bahasa Untuk Jurusan Bahasa Dan Guru Bahasa. Gadjah Mada University Press.

Rafika, I., Aziz, Y., & Ahmad, A. (2016). Penggunaan Media Kartu Huruf Hijaiyah Untuk Melejitkan Kecerdasan Spiritual Anak Usia Dini Pada Tk Islam Terpadu Suloh Kota Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 29–35.

Rahayu, S. H., Haroen, H., Budiutomo, T., Khasanah, N., & Nuryati, N. (2020). Manajemen Mutu Layanan Ta’lim Quran lil Aulad (TQA) di Yayasan Team Tadarus “AMM” Yogyakarta. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 5(2), 117–130. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v5i2.578

Rahayu, S. H., Huda, H., Wahono, J., Nadjih, D., & Sarnoto, A. Z. (2019). Implementasi Pendidikan Quran Tingkat Lanjut Bagi Santri Usia Dewasa. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 4(1), 63–78. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v4i1.508

Riyadi, M. (2014). Strategi Mengajar Bahasa Arab Inovatif Di Taman Kanak-Kanak. El-Ibtikar, 3(2), 114–139.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15–32.

Sajawandi, L. (2015). Meningkatkan Perkembangan Moral Anak Di Kelas Dan Kemampuan Menghafal Ayat Al Quran Di Tk Plus Al-Burhan. EDUCHILD, 4(1), 28–34.

Siwiyanti, L., Nuryani, I., Elnawati, E., & Putra, A. E. (2020). The Effectiveness of Learning Hijaiyah Letters of Iqro’ Method (Case Study in Group B Ages 5-6 Years in Kindergarten Bustanul Athfal 1 Sukabumi). Journal of Al-Islam and Muhammadiyah Studies, 1(1), 34–44. https://doi.org/10.32506/jaims.v1i1.544

Srijatun, S. (2017). Implementasi Pembelajaran Baca Tulis Al Qur’an Dengan Metode Iqra Pada Anak Usia Dini Di RA Perwanida Slawi Kabupaten Tegal. Nadwa, 11(1), 25. https://doi.org/10.21580/nw.2017.11.1.1321

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.

Susilawati, E. R., Chairilsyah, D., Pendidikan, P., Usia, A., Riau, U., Sukamulia, V., Sail, D., Sukamulia, V., Sail, D., & Capabilities, L. (2014). Pengaruh metode bercerita dengan media big book terhadap kemampuan menyimak anak usia 5-6 tahun di sps Az Zahra Kelurahan Sukamulia. 1–11.

Syaikhon, M. (2017). Penerapan Metode Tilawati Dalam Pembelajaran Membaca Alqur’an Pada Anak Usia Dini Di Kb Taam Adinda Menganti Gresik. Education and Human Development Journal, 2(1). https://doi.org/10.33086/ehdj.v2i1.394

Ulfah, M., Durtam, D., & Maesaroh, I. (2019). Pengenalan Mufrodat Bahasa Arab Melalui Permainan Ular Tangga Pada Anak Usia Dini. Seling: Jurnal Program Studi PGRA, 5(2), 124–136. https://doi.org/10.29062/seling.v5i2.436

Umam, N., & Budiyati, D. U. (2020). Pembelajaran Bahasa Arab Anak Usia Dini Berbasis Nilai-Nilai Karakter. Jurnal Warna, 4(1), 46–64.

Umar, J., Ali, M., & Lestari, S. (2014). Peningkatan Kemampuan Membaca Melalui Metode Tilawati Dengan Alat Peraga Kartu Huruf Hijaiyyah Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(10).

Umi Hanifah. (2015). Peningkatan Penguasaan Kosakata Bahasa Arab (Mufradat) Melalui Penggunaan Media Kartu Kata Bergambar. Jurnal PAUD Universitas Negeri Jakarta, 9(1), 108.

Wahab, L. A. (2014). Pemerolehan Bahasa Arab Anak Usia 2-7 Tahun (Studi Kasus Beberapa Anak di Konawe Selatan). Shautut Tarbiyah, Ed. Ke-31 Th. XX, November 2014, 20(31), 48–64.

Windarsih, C. A. (2019). an Implementation of Participative Iqro Method in the Oriented of Al-Quran Education Center on the Purpose of Learning Goal and Objectives for Early Children. Empowerment, 8(1), 25. https://doi.org/10.22460/empowerment.v8i1p25-29.1146

Zukhaira. (2010). Pengenalan Bahasa Arab Melalui Nyanyian Pada Anak Usia Prasekolah Di Tk Islam “Mutiara Hati.” Jurnal Abdimas, 14(1), 25492.




DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.2975

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 imroatun imroatun, Hunainah Hunainah, Yayah Rukhiyah, Ipah Apipah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

Alamat Redaksi:

Jurusan Tarbiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111

Telp (Setria) 0857 141 777 54

Email: jurnal.al-mudarris@iain-palangkaraya.ac.id / setria.utama.rizal@iain-palangkaraya.ac.id

View My Stats