Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Kompetensi Iman Kepada Malaikat-malaikat Allah dengan Teknik Diskusi Di Kelas IV SDN – 9 Menteng Tahun Pelajaran 2018/2019
Abstract
Abstrak:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman siswa-siswi SDN 9 Menteng Kota Palangka Raya pada materi beriman pada malaikat Allah dengan menggunakan teknik diskusi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, yang mana jenis penelitiannya adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan pada bulan maret 2021. Sedangkan untuk  Subjek pada penelitian ini adalah siswa-siswi SDN 9 Menteng Kota Palangka Raya yang berjumlah 30 Orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Penelitian dilakukan dalam dua siklus. Data yang dikumpulkan berupa nilai hasil pembelajaran siswa pada pemahaman tentang keimanan terhadap malaikat-malaikat Allah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari siklus I dan siklus II adanya peningkatan pemahaman siswa pada kompetensi iman kepada malaikat Allah di SDN 9 Menteng Kota Palangka Raya dengan menggunakan teknik diskusi. Dapat dilihat nilai hasil belajar siswa mencapai nilai 57,7% pada siklus I, sedangkan untuk siklus II mencapai nilai 80% mengalami peningkatan 22,3 %. Jadi, dari siklus I dan siklus II siswa mengalami peningkatan dari hasil pembelajaran menggunakan teknik diskusi.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 54 times | PDF view : 309 timesReferences
Al-Afghany, M. I., Ikhtiono, G., & Syarifah. 2021. Model Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Akidah Akhlak. Jurnal Penelitian Pendidikan Sosial Humaniora, 6(1), 25–31. https://doi.org/10.32696/jp2sh.v6i1.717
Aldila, F. A. 2021. Pelaksanaan Evaluasi Afektif Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Di Mts Negeri Se-Bandar Lampung [Undergraduate, UIN Raden Intan Lampung]. http://repository.radenintan.ac.id/14603/
Arifin, S. 2018. Pendidikan Agama Islam. Deepublish.
Dabutar, I. 2021. Metode Pembelajaran Akidah Akhlak Dalam Membentuk Kepribadian Anak Didik Kelas Iii Min 3 Dairi Maha Bunga Kec. Siempat Nempu Hulu Kab. Dairi. Kumpulan Karya Ilmiah Mahasiswa Fakultas Agama Islam Dan Humaniora, 2(02), 21–21.
Fatimatuzahroh, F., Nurteti, L., & Koswara, S. 2019. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Melalui Metode Lectures Vary. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 35. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.362
Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. 2019. Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Abdimas Unwahas, 4(1). https://doi.org/10.31942/abd.v4i1.2690
Imelda, A. 2017. Implementasi Pendidikan Nilai Dalam Pendidikan Agama Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(2), 227–247. https://doi.org/10.24042/atjpi.v8i2.2128
Jailani, M., Widodo, H., & Fatimah, S. 2021. Pengembangan Materi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Implikasinya Terhadap Pendidikan Islam. Al-Idarah: Jurnal Kependidikan Islam, 11(1), 142–155.
Kamza, M., Ibrahim, H., & Lestari, A. I. 2021. Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi dengan Tipe Buzz Group Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120–4126. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1347
Masfufah, M. 2021. Efektifitas pelaksanaan Unit Kegiatan Belajar Mandiri (UKBM) dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII di MTs N 1 Lamongan [Undergraduate, UIN Sunan Ampel Surabaya]. http://digilib.uinsby.ac.id/49334/
Nur, L. K. N. 2021. Hubungan Perilaku Sopan Santun Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Di Mi Darwata Karangjati 01 [Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Purwokerto]. http://repository.iainpurwokerto.ac.id/10592/
Ruhana, R. (2021). Peningkatan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Akidah Akhlak Materi Adab Islami Terhadap Tetangga dengan Metode Cooperative Script pada Siswa Kelas Ix.2 MTsN Blangkejeren Kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues. Jurnal Serambi Akademica, 9(2), 208–217.
Salichah, S. M. 2021. Meningkatkan Minat Serta Hasil Belajar PAI Dan BP Melalui Metode Diskusi Kelompok. Nuansa Akademik: Jurnal Pembangunan Masyarakat, 6(2), 103–114. https://doi.org/10.47200/jnajpm.v6i2.798
Sentosa, A. R., Rosadi, K. I., & Muhammad, H. 2021. Penggunaan Smartphone Dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Terhadap Pelajaran Aqidah Akhlak Pada Masa Pandemi covid-19 Di Madrasah Negeri 3 Kota Jambi [Skripsi, UIN Sulthan Thaha Saifuddin jambi]. http://repository.uinjambi.ac.id/6517/
Seriada, I. W. 2021. Penerapan Metode Diskusi Kelompok untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 6(2), 977–985.
Yasin, I. 2021. Konstruksi Pluralisme Agama dalam Praktik Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Dompu. Ainara Journal (Jurnal Penelitian Dan PKM Bidang Ilmu Pendidikan), 2(1), 30–37. https://doi.org/10.1234567/ainarajournal.v2i1.22
Yusuf, M. 2021. Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Peserta Didik Melalui Metode Pemberian Tugas Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. PENDAIS, 3(1), 63–79.
DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v4i2.3175
Article Metrics
Abstract view : 54 timesPDF - 309 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Hamdanah Hamdanah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Jurusan Tarbiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya
Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111
Telp (Setria) 0857 141 777 54
Email: jurnal.al-mudarris@iain-palangkaraya.ac.id / setria.utama.rizal@iain-palangkaraya.ac.id