Pembelajaran Modern: Membekali Peserta Didik Keterampilan Abad Ke-21
Abstract
Â
Kemunculan era globalisasi menjadi pemantik semangat bagi dunia pendidikan untuk memformulasikan model pembelajaran baru di abad ke-21. Untuk mengembangkan keterampilan tingkat tinggi, individu harus melakukan proses pembelajaran bermakna melalui pembelajaran inkuiri (pembelajaran melalui pengamatan langsung). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pembelajaran yang mampu memberikan kontribusi kepada peserta didiknya dalam menjawab kebutuhan kompetensi dan keahlian pada perkembangan abad ke-21. Penelitian ini merupakan penelitian library research. Pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi, yaitu mengumpulkan, membaca, dan membuat catatan yang berkaitan dengan pembelajaran yang membekali peserta didik keterampilan abad ke-21 dari buku, jurnal ilmiah, dokumen, dan literatul-literatur lainnya. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan content analysis. Hasil penelitian ini yaitu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik agar mampu menghadapi tantangan abad ke-21 yaitu: kemampuan berpikir kritis dan kreatif, kemampuan berkomunikasi secara efektif, kemampuan melakukan inovasi, kemampuan memecahkan masalah, dan kemampuan melakukan kolaborasi. Pembelajaran modern harus mampu kebutuhan atau kompetensi yang diperlukan peserta didik untuk kehidupannya. Â Â Â
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 400 times | PDF view : 6168 timesReferences
Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan Dan Solusi Dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 8.
Anagün, Ş. S. (2018). Teachers’ Perceptions about the Relationship between 21st Century Skills and Managing Constructivist Learning Environments. International Journal of Instruction, 11(4), 825–840. https://doi.org/10.12973/iji.2018.11452a
Ani, Y. (2013). Penilaian Autentik dalam Kurikulum 2013. 9.
Arisanti, D. (2015). Model Pembelajaran Kooperatif pada Pendidikan Agama Islam. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 82–93. https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1450
Baruah, J., & Paulus, P. B. (2019). Collaborative Creativity and Innovation in Education. In C. A. Mullen (Ed.), Creativity Under Duress in Education? (Vol. 3, pp. 155–177). Springer International Publishing. https://doi.org/10.1007/978-3-319-90272-2_9
Carr-Chellman, A. A., & Rowland, G. (2017). Issues in technology, learning, and instructional design: Classic and contemporary dialogues. Routledge, Taylor & Francis Group.
Chiang, C. L., & Lee, H. (2016). The Effect of Project-Based Learning on Learning Motivation and Problem-Solving Ability of Vocational High School Students. International Journal of Information and Education Technology, 6(9), 709–712. https://doi.org/10.7763/IJIET.2016.V6.779
Commission, E. (2013). The Teaching and Learning International Survey (TALIS) 2013. 38.
Djenic, S., & Mitic, J. (2017). Teaching Strategies and Methods in Modern Environments for Learning of Programming. 8.
ErdoÄŸan, V. (2019). Integrating 4C Skills of 21st Century into 4 Language Skills in EFL Classes. International Journal of Education and Research, 7(11), 12.
European Commission. (2020). Innovation & digitalisation: A report of the ET 2020 Working Group on Vocational Education and Training (VET) : EIGHT insights for pioneering new approaches. Publications Office. https://data.europa.eu/doi/10.2767/25307
Fraenkel, J. R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. (2012). How to design and evaluate research in education (8th ed). McGraw-Hill Humanities/Social Sciences/Languages.
Hamzah, A. (2017). Personalized Learning and Multimedia Berbasis Komputer Masih Perlukah Guru? JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran) Kajian dan Riset dalam Teknologi Pembelajaran, 50–57. https://doi.org/10.17977/um031v1i12014p050
Johnson, E. B. (2002). Contextual Teaching and Learning: What it is and why it’s here to stay. Corwin Press, Inc., Thousand Oaks.
Joynes, C., Rossignoli, S., & Kuofi, E. F. A. (2019). 21st Century Skills: Evidence of issues in definition, demand and delivery for development contexts (p. 75). Institute of Development Studies.
Laal, M., & Laal, M. (2012). Collaborative learning: What is it? Procedia - Social and Behavioral Sciences, 31, 491–495. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2011.12.092
Lestari, T., Wujoso, H., & Suryani, N. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran Ceramah Plus dan Metode Drill terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar pada Kompentensi. 7, 8.
Martin, R., J. Mcgill, T., & Sudweeks, F. (2013). Learning Anywhere, Anytime: Student Motivators for M-learning. Journal of Information Technology Education: Research, 12, 051–067. https://doi.org/10.28945/1771
Maryati, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah pada Materi Pola Bilangan di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 63–74. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.342
Noah, Y. (2018). 21 Lessons for the 21st Century. Jonathan Cape.
Noor, A. F. (2013). Pembelajaran Bermakna Untuk Mencapai Pendidikan Karakter. Anterior Jurnal, 12(2). https://doi.org/10.33084/anterior.v12i2.308
OECD. (2016). Innovating Education and Educating for Innovation: The Power of Digital Technologies and Skills. OECD. https://doi.org/10.1787/9789264265097-en
Prianto, A., Winardi, & Qomariyah, U. N. (2019). ON BECOMING A GLOBAL CITIZEN Berbagai Tantangan Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Era Global. Inteligensia Media.
Redhana, I. W. (2019). Mengembangkan Keterampilan Abad Ke-21 Dalam Pembelajaran Kimia. 13(1), 15.
Rozanda, N. E., & Wahyuningsih, R. (2017). Penerapan Knowledge Transfer Pada E-learning. 10.
Santos, J. M. (2017). 21st Century Learning Skills: A Challenge in Every Classroom. International Journal of Emerging Multidisciplinary Research, 1(1), 31–35. https://doi.org/10.22662/IJEMR.2017.1.1.031
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C Abad 21 dalam Pembelajaran Pendidikan Dasar. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII, 11.
Slavin, R. E. (1980). Cooperative Learning. Review of Educational Research, 50(2), 315–342. https://doi.org/10.3102/00346543050002315
TereseviÄienÄ—, M., VolungeviÄienÄ—, A., TrepulÄ—, E., ŽydžiÅ«naitÄ—, V., RutkienÄ—, A., Tait, A. W., & KaminskienÄ—, L. (2015). Technology Enhanced Learning Integration Into Organisation. Versus Aureus.
Timperly H, Wilson A, Barrar H, Fung I, University of Auckland, New Zealand, & Ministry of Education. (2007). Teacher professional learning and development: Best evidence synthesis iteration (BES).
Whitby, G. B. (2007). Pedagogies for the 21st Century. 2–11. https://robertsonss.eq.edu.au/Supportandresources/Formsanddocuments/Documents/pedagogy-for-the-21st-century.pdf
White, M. D., & Marsh, E. E. (2006). Content Analysis: A Flexible Methodology. Library Trends, 55(1), 22–45. https://doi.org/10.1353/lib.2006.0053
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 Sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di Era Global. 1, 16.
Zubaidah, S. (2016). Keterampilan Abad Ke-21: Keterampilan yang Diajarkan Melalui Pembelajaran. 18.
DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v4i1.3187
Article Metrics
Abstract view : 400 timesPDF - 6168 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Mashudi Mashudi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Jurusan Tarbiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya
Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111
Telp (Setria) 0857 141 777 54
Email: jurnal.al-mudarris@iain-palangkaraya.ac.id / setria.utama.rizal@iain-palangkaraya.ac.id