Pengelolaan Hubungan Sekolah dan Masyarakat Madrasah Aliyah Al- Khairat Kota Gorontalo

Rinaldi Datunsolang, Mohammad Afandi Kakatua

Abstract


Penelitian ini mendiskripsikan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi hubungan sekolah dan masyarakat di madrasah aliyah al-Khairat, Gorontalo; sesuai fungsi manajemen/pengelolaan, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi dan memaksimalikan pengelolaan di MA Al-khairaat Kota Gorontalo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian dan validasi data menggunakan metode triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengelolaan hubungan masyarakat dan kemitraan dalam meningkatkan partisipasi masyarakat di MA Al-khairaat Kota Gorontalo menggunakan fungsi manajemen yakni perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi, yang melibatkan orang tua peserta didik, masyarakat dan instansi-instansi terkait program-program. 2) Tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan humas dan kemitraan yaitu secara struktural bidang humas dan kemitraan belum memiliki personil yang benar-benar kompeten di bidang kehumasan, kurang memanfaatkan teknologi informasi. 3) MA Al-khairaat Kota Gorontalo melakukan evaluasi dan perbaikan-perbaikan program humas dan kemitraan yang lebih strategis untuk memaksimalkan hubungan sekolah dan masyarakat yang lebih efektif. Fakta ini menunjukkan bahwa pengelolaan hubungan masyarakat dan kemitraan di MA Al-khairaat Kota Gorontalo belum maksimal, hasil studi ini merekomendasikan bahwa untuk meningkatkan efetivitas pengeolaan humas peru didukung dengan personil pengelola humas yang profesional, dan  trampil memanfaatkan teknologi informasi.


Keywords


Kata Kunci: Pengelolaan, Hubungan masyarakat, Partisipasi

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 158 times | PDF view : 134 times

References


Daftar Pustaka

Anwar, Herson. 2021. Pengelolaan Pendidikan Teori dan Aplikasi di Madrasah, Cirebon: EDUVISION.

Assegaf, Abd. Rachman. 2011. Desain Riset Sosial-Keagamaan: Pendekatan Integratif-Interkonektif. Yogyakarta: CDIE dan Gama Media.

Bungin, Burhan. 2010. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya, Ed I. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Cet. IV.

Departemen Agama RI. 2015. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Jakarta: Sinar Baru Algesindo.

Dwiningrum, Siti Irene Astuti. 2011. Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ghony, M. Djunaidy. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Harini, Ira Nur dan Karwanto. “Manajemen Hubungan Masyarakat dalam Upaya Peningkatan Pencitraan Sekolah (Studi Kasus di SMP Al-Hikmah Surabaya)”. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, Vol. 4 No. 4, Tahun 2014.

Herlambang, Susatyo. 2013. Pengantar Manajemen. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Hermawati. 2017. Skripsi: “Strategi Manajemen Hubungan masyarakat dalam Membangun Citra Madrasah di MTs Negeri Lubuk Pakam Kabupaten Deli Serdang”. Medan: UIN Sumatera Utara.

Hikmah, N., Surawan, S., Ansari, M. R., Endah, E., & Muslimah, M. 2022. Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Membuat Media Pembelajaran Berbasis IT di SMP Muhammadiyah Palangka Raya: Training for Increasing Teachers' Competence in Making IT-Based Learning Media at SMP Palangka Raya Muhammadiyah. PengabdianMu: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, 7(5), 652-663. DOI: https://doi.org/10.33084/pengabdianmu.v7i5.3175

Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2007 tentang “Standar Pengelolaan Pendidikan oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah”. Jakarta: BSNP.

Margono, S. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rinke Cipta.

Miniarti, Sri. 2016. Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Moleong, Lexy J. 2017. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2014. Manajemen Berbasis Madrasah: Konsep, Strategi dan Implementasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, Cet. ke 15.

Qomar, Mujamil. 2007. Manajemen Pendidikan Islam; Strategi Baru Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Malang: PT. Gelora Aksara Pratama.

Rahmat, Abdul. 2016. Manajemen Hubungan masyarakat Sekolah. Yogyakarta: Media Akademi.

Syaifuddin, M. 2021. Implementasi Pembelajaran Berbasis Harmonisasi Ilmu Agama dan Saintek di MAN Insan Cendekia Pekalongan. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 4(2), 131-152.DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v4i2.3759

Sinambela, Lijan Poltak. 2016. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Suriansyah, Ahmad. 2015. Manajemen Hubungan Sekolah dengan Masyarakat dalam Rangka Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Rajawali Pers, Cet. Ke-2.

Suryosubroto. 2012. Hubungan Sekolah dengan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 8, 9, dan 10.

Zainuddin. 2008. Reformasi Pendidikan: Kritik Kurikulum dan Manajemen Berbasis Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v4i2.3415

Article Metrics

Abstract view : 158 times
PDF - 134 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rinaldi Datunsolang

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

Alamat Redaksi:

Jurusan Tarbiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111

Telp (Setria) 0857 141 777 54

Email: [email protected] / [email protected]

View My Stats