PENGARUH MEDIA POP UP BOOK TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL LAMBANG BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK A DI RAUDHATUL ATHFAL AL IRSYAD BIRINGKALORO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh media pop up book terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak kelompok A di RA Al Irsyad Biringkaloro. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitaif dengan jenis penelitian Quasi Experiment. Populasi dalam penelitian ini adalah kelompok A di RA Al Irsyad Biringkaloro. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 14 anak 7 anak sebagai kelompok eksperimen dan 7 anak sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis statistik nonparametrik. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh penggunaan media pembelajaran pop up book terhadap kemampuan mengenal lambang bilangan anak dikelas eksperimen.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 63 times | PDF view : 60 timesReferences
DAFTAR PUSTAKA
Amylia, L. R., & Setyowati, S. (2014). Pengaruh Outdoor Learning Terhadap Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Kelompok A di TK Tunas Harapan Menongo Sukodadi. Paud Teratai, 3(3).
Gandana Gilar, dkk. 2017. Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 Melalui Media Balok Cuisenaire Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK At-Toyyibah. Jurnal PAUD Agapedia (Volume 1, No. 1 Tahun 2017)
Hajerah & Syamsuardi. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kemampuan Membaca Anak di TK Insan Cita Kec. Masamba Kab. Luwu Utara. In Seminar Nasional LP2M UNM.
Herlina & Indrati Yuke. 2010. Sejarah Perkembangan Kurikulum Taman Kanak-Kanak di Indonesia dari Masa ke Masa. Jakarta.
Ilyas Sitti Nurhidayah. 2019. Aplikasi Multiple Intelligences System (MIS) dalam Pembelajaran Anak Usia Dini Studi Kasus di Rumah Sekolah Cendekia Makassar. (Volume 8, No. 2, Tahun 2019)
Jalinus Nizwardi & Ambiyar. 2016. Media Sumber Pembelajaran. Jakarta. Prenada Media Group.
Johnson Paul. 2013. New Pop-Up Paper Projects. New York: Routledge.
Kusuma Tesya Cahyani & Wahyuni Nurama. 2018. Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Anak Usia 5-6 Tahun Menggunakan Media Pop-UP Book di TK Pertiwi 1 Kota Padang. (Volume 5, No 1, Tahun 2018)
Lestari, Dewi. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Melalui Kegiatan Bermain Kartu ASngka Pada Anak Kelompok A di TK Aba Jimbung I, Kalikotes, Klaten. Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta.
Nancy Larson Bluemel, dkk. 2012. Pop-up Books: A Guide For Teachers and Librarians. California : santa barbara
Nisrina Richna, dkk (2020). Peningkatan Kemampuan Mengenal Konsep Bilangan Melalui Penggunaan Media Pop-Up Picture Book Anak Usia 4-5 Tahun. (Volume 8, No. 3 Tahun 2020)
Noor, Juliansyah. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 137 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 146 Tahun 2014 tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.
Putri Marlina Shinta, dkk. 2018. Pop-Up Cards For Early Childhood Learning. National Seminar On Elementary Education. (Volume 1, No. 1 Tahun 2018).
Pratiwi Ika. 2020. Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Usia 4-5 Tahun Melalui Media Makanan Lanting Angka di TK Tunas Harapan Karanggedang Kabupaten Kebumen. Universitas Negeri Semarang.
Qomusuddin, Fanani Ivan. 2019. Statistik Pendidikan (Lengkap Dengan Aplikasi IBM SPSS Statistic 20.0). Jakarta: PT Depublish
Rachmawati Yeni & Kurniati Euis. 2012. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Jakarta. Prenada Media Group.
Rahman, T., & Fuadatun, F. (2017). Peningkatan Kemampuan Anak Usia Dini Mengenal Konsep Bilangan melalui Media Flashcard. Jurnal PAUD Agapedia, 1(1), 118-128.
Sidabatur, Desi Maisura. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Pop Up Book Terhadap Kecerdasan Linguistik Anak Usia 5-6 Tahun DiRaudhatul Athfal (RA) Nurhayati Kecamatan Medan Tembun. Medan. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.
Sudaryono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, 2011, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, 11th Edition, Alfabeta, Bandung
Sumiharsono Rudy & Hasanah Hisbiyatul. 2017. Media Pembelajaran. Jawa Timur. CV Pustaka Abadi.
Susanto Ahmad. 2017. Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta. PT Bumi Aksara.
Sylvia Nur Indah & Hariani Sri. 2015. Pengaruh Penggunaan Media Pop-Up Book Terhadap Keterampilan Menulis Narasi Siswa Sekolah Dasar. (Volume 3, No. 2 Tahun 2015)
Wortam, Sue C. 2006. Early Childhood Curriculum Developmental Bases For Learning And Teaching.
DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v4i2.3532
Article Metrics
Abstract view : 63 timesPDF - 60 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Waode Nurulutami
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Jurusan Tarbiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya
Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111
Telp (Setria) 0857 141 777 54