Pengembangan Media Boneka Tangan untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Siswa

Dyah Ayu Anbarwati, Fitri Hilmiyati, Oman Farhurohman

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah kemampuan berbicara pada siswa kelas IV SDN Kedaung Wetan 6 yang sangat rendah. Siswa kesulitan untuk menyampaikan pendapatnya dan akibatnya adalah siswa kurang fokus saat menyimak penjelasan guru. Tujuan pada penelitian ini untuk 1) mengetahui kelayakan produk media boneka tangan, 2) mengetahui kemampuan berbicara peserta didik setelah diterapkan pembelajaran menggunakan media boneka tangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode R&D (Reasearch and Development) tipe 4D. Pada penelitian ini teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah teknik observasi, wawancara, dan angket validasi ahli materi dan media. Boneka tangan ini dikembangkan menjadi sebuah boneka dengan karakter benda mati yang dapat berbicara seperti makhluk hidup menggunakan mulut yang dapat digerakan oleh tangan. Validasi dilakukan kepada ahli media dan ahli materi dengan perolehan skor 94 dan 97,setelah dilakukan perhitungan dapat disimpulkan skor yang diperoleh sangat baik, jadi media boneka tangan sangat layak untuk digunakan. Hal ini selaras dengan hasil uji coba dengan siswa yang memperoleh skor rata-rata 93 dengan kategori sangat baik. Demikian pula dengan respons peserta didik sangat aktif dalam pembelajaran menggunakan media boneka tangan, terlihat antusias, dan peningkatan rasa ingin tahu.


Keywords


Media Boneka Tangan; Kemampuan Berbicara; R&D

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 239 times | PDF view : 429 times

References


Abbas, S. (2006). pembelajaran bahasa indonesia yang efektif di SD. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Arikunto, S. (1996). prosedur penelitian pendekatan praktek. Jakarta: Rineka cipta.

Cahyani, i. (2009). Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta Pusat: Direktorat Jendral Pendidikan Islam Departemen Agama RI.

Dellawati, D. (2018). Pengembangan Media Boneka Tangan dengan Metode Bercerita untuk Siswa kelas V SDN Sudimoro 2 Kabupaten Malang. Jurnal bidang Pendidikan Dasar (JBPD), vol. 2 No.1.

Gloria, S. (2018). Menggunakan media boneka tangan untuk meningkatkan keterampilan dalam berdongeng siswa kelas IX-5 SMP Negeri 4 Tebing Tinggi. School Education Jurnal, Vol.8 no. 3, 296.

Guntur, H. (2015). Berbicara sebagai suatu keterampilan berbicara. Bandung: Angkasa.

Gusti, Wayan, I Made. (2014). Penerapan metode bercerita berbantuan media boneka tangan untuk meningkatkan perkembangan bahasa pada anak. e-Journal PG-PAUD Universitas Pendidikan Ganesha, vol.2 no. 1, 8.

Joko Sulianto, Mei Fita, Fitri Yulianti. (2014). Media Boneka Tangan dalam Metode Bercerita untuk Menanamkan Karakter Positif kepada siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, vol.15, No.2.

Khairunnisa, Dina Aryanti. (2018). Penerapan Media Boneka Tangan dalam Keterampilan Berbicara siswa Kelas III B MI At-Thayyibah. AL-ADZKA, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtida'iyah, vOL. VIII, NO. 02, 107-116.

Lee. (2014). Pembelajaran keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Madyawati, L. (2017). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak. Jakarta: Kencana.

Riduan. (2013). Dasar-Dasar statistika. Bandung: Alfabeta.

Saodih, I. (2013). Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. (2012). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiono. (2017). metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D . Alfabeta.

Tadrikotun, M. (2015). Bercerita untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Dirjen Dikti.

Tarigan, Khundaru Saddhono. (2014). Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Venni, Hastri, Tiara. (2020). Pemanfaatan Boneka Tangan untuk media pembelajaran daring dan ekonomi masyarakat selama covid. 4.




DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v4i2.3608

Article Metrics

Abstract view : 239 times
PDF - 429 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dyah Ayu Anbarwati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

Alamat Redaksi:

Jurusan Tarbiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111

Telp (Setria) 0857 141 777 54

Email: jurnal.al-mudarris@iain-palangkaraya.ac.id / setria.utama.rizal@iain-palangkaraya.ac.id

View My Stats