Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Motion Graphic Materi Pertumbuhan Ilmu Pengetahuan pada Masa Bani Umayyah
Abstract
Materi Sejarah Kebudayaan Islam dalam mata pelajaran PAI dianggap sulit oleh siswa karena banyak menyajikan pertistiwa-peristiwa, tanggal, tahun, serta nama tokoh-tokoh sejarah di masa lampau yang sulit dihafalkan, sehingga dianggap hal yang abstrak dan hanya bisa dibayangkan siswa saja. Penggunaan media pembelajaran diharapkan mampu membantu siswa dalam mengatasi kesulitan tersebut. Pengembangan media pembelajaran berbasis motion graphic bertujuan untuk: (1) menghasilkan pengembangan media motion graphic mata pelajaran PAI materi pertumbuhan ilmu pengetahuan di masa Bani Umayyah kelas VIII di jenjang SMP; (2) mendeskripsikan kelayakan media motion graphic mata pelajaran PAI materi pertumbuhan ilmu pengetahuan di masa Bani Umayyah kelas VIII di jenjang SMP. Metode penelitian ini menggunakan research & development dengan model pengembangan ADDIE, yang diantaranya yaitu: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen penilaian yang digunakan untuk mengetahui kualitas produk berupa lembaran penilaian media yang digunakan untuk ahli materi, ahli media dan lembar tanggapan siswa dengan menggunakan skala likert. Hasil penelitian menunjukan bahwa media yang dikembangkan memenuhi syarat digunakan sebagai media pembelajaran. Berdasarkan validasi ahli materi diperoleh persentase nilai akhir dengan rata-rata 94,5% ketegori “sangat baik†dan hasil validasi ahli media diperoleh persentase nilai akhir dengan rata-rata 96,5% Kategori “sangat baikâ€. Berdasarkan hasil uji coba kelompok kecil kepada 10 siswa menyebutkan bahwa persentase akhir yang diperoleh adalah 83% dengan kategori “sangat baik†dan uji coba kelompok besar kepada 30 siswa memperoleh persentase akhir 84% dengan kategori “sangat baikâ€.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 173 times | PDF view : 108 timesReferences
Aji, Wahyu, Fatma Dewi, Universitas Kristen, and Satya Wacana. 2020. “DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI.†2(1): 55–61.
Aji, Wahyu, Fatma Dewi, Universitas Kristen, and Satya Wacana. 2020. “DAMPAK COVID-19 TERHADAP IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DARING DI.†2(1): 55–61.
Elihami, Elihami, and Abdullah Syahid. 2018. “Penerapan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Pribadi Yang Islami.†Edumaspul - Jurnal Pendidikan 2(1): 79–96.
Hamzah, Amir. 2019. Metode Penelitian Dan Pengembangan. Malang: Literasi Nusantara.
Muhammad Yaumi. 2018. Media & Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Prenadamedia Group.
Nawawi, M Ichsan et al. 2020. “Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar : Tinjauan Berdasarkan Karakter Generasi Z The Effect of Learning Media on Learning Motivation : Overview Based on Generation Z Character.†4(2): 197–210.
News, Borneo. 2020. “Tahun Ajaran Baru Dimulai 13 Juli 2020, Namun Tetap Belajar Dari Rumah. https://www.borneonews.co.id/berita/176617-tahun-ajaran-baru-dimuali-13-juli-2020-namun-tetap-belajar-dari-rumah. Diakses pada 8 Juli 2020 Pukul 19.30 WIB
Nurjanah. 2003. “Menemukan Nilai Karakter Dalam Pembelajaran.†Journal 1: 1–13.
Online, Tersedia. 2015. “Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan.†2(2).
Rizal, Setria Utama. 2016. Media Pembelajaran: Panduan Membuat Presentasi Menarik Untuk Pendidik Dan Peserta Didik. Bekasi: CV. Nuraini.
Sanjaya, Wina. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif. Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Tambak, Syahraini. 2014. “Metode Ceramah: Konsep Dan Aplikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam.†Jurnal Tarbiyah 21(2): 375–401.
Wongso, Livia, and Yana Erlyana. 2020. “PERANCANGAN LIGHT NOVEL SITTI NURBAYA DENGAN.†3: 26–37.
Yuwono, Fanny Novita et al. 2015. “PERANCANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MATA KULIAH AUDIO VISUAL DI PROGRAM STUDI DESAIN KOMUNIKASI VISUAL.â€
DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v4i2.3640
Article Metrics
Abstract view : 173 timesPDF - 108 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 randi Irvan Nudin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Jurusan Tarbiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya
Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111
Telp (Setria) 0857 141 777 54
Email: jurnal.al-mudarris@iain-palangkaraya.ac.id / setria.utama.rizal@iain-palangkaraya.ac.id