Implementasi Pembelajaran Berbasis Harmonisasi Ilmu Agama dan Saintek di MAN Insan Cendekia Pekalongan

Mohammad Syaifuddin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses pembelajaran yang selama ini berjalan masih monoton terkait materi pelajaran/keilmuan sesuai mata pelajarannya saja. Guru belum mampu mengajak siswa untuk berfikir kritis komprehensif dengan memberikan wawasan yang lebih luas kepada peserta didik melalui sumber-sumber keilmuan lainnya. Permasalahan ini direspon oleh pengelola dan segenap guru MAN Insan Cendekia Pekalongan dengan menerapkan model pembelajaran yang integratif, melalui harmonisasi keilmuan agama dan saintek guna meningkatkan mutu dan kualitas lulusannya. Rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana implementasi pembelajaran berbasis harmonisasi ilmu agama, sains dan teknologi (Saintek) di MAN Insan Cendekia Pekalongan. Penelitian ini berbentuk penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini meliputi: Kepala Madrasah, Waka Kurikulum, Waka Kesiswaan, Waka Keasramaan, guru mata pelajaran al-Qur’an Hadis, Fiqih, Geografi dan Fisika, serta delapan siswa kelas X. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data, pengamat, teori yang selanjutnya dianalisis dengan cara mereduksi, mendisplay dan menverifikasi data.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi pembelajaran berbasis harmonisasi ilmu agama dan Saintek di MAN Insan Cendekia Pekalongan meliputi kegiatan; 1). Penyusunan silabus dan RPP dengan model Harmonisasi Verb (HV), 2). Penyusunan materi ajar dengan model Harmonisasi Konten Materi (HKM), 3). Kegiatan pembelajaran dengan model Harmonisasi Justifikasi Dialogis (HJD), 4). Kegiatan evaluasi pembelajaran dengan teknik refleksi pembelajaran.

 


Keywords


Pembelajaran; Harmonisasi Ilmu; Agama; Saintek

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 745 times | PDF view : 214 times

References


Abdullah, Amin. 2006. Islamic Studies Di Perguruan Tinggi Pendekatan Integratif-Interkonektif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ahmad Sabri. 2005. Strategi Belajar Mengajar Dan Micro Teaching. Jakarta: Quantum Teaching.

Al-Faruqi, Ismail Raji. 1984. Islamisasi Ilmu Pengetahuan. Bandung: Pustaka.

Arif, Syamsuddin (Ed). 2016. Islamic Science; Paradigma, Fakta, Dan Agenda. Jakarta: Insists.

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. “Sufiks –ISASI: Antara Penolakan Dan Penerimaan.” https://badanbahasa.kemdikbud.go.id/lamanbahasa/artikel/2808/sufiks-–isasi-antara-penerimaan-dan-penolakan (January 21, 2022).

Fauyan, Muchamad, and Kadar Wati. 2021. “Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Melalui Pola Pendekatan Pembelajaran Tematik Integralistik.” Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam) 4(1): 57–74. https://e-journal.iain-palangkaraya.ac.id/index.php/mdr/article/view/2862 (June 20, 2022).

Fiah, Rifda El. 2011. “Integrasi-Interkoneksi Keilmuan Ala Abdul Malik Fadjar (Refleksi Wacana Dan Konstruk Sejarah Pemikiran).” Analisis: Jurnal Studi Keislaman 11(2): 313–36. http://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/analisis/article/view/625 (June 20, 2022).

“Hasil Pencarian - KBBI Daring.” https://kbbi.kemdikbud.go.id/entri/harmoni (December 21, 2021).

Idrus, Muhammad. 2009. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga.

Iskandar, Syahrullah. 2016. “Studi Alquran Dan Integrasi Keilmuan: Studi Kasus UIN Sunan Gunung Djati Bandung.” Wawasan: Jurnal Ilmiah Agama dan Sosial Budaya 1(1): 86–93.

Kuntowijoyo. 2005. Islam Sebagai Ilmu. Jakarta: Teraju.

Muhlisin, Muhlisin, and Mohammad Syaifuddin. 2020. “The Implementation of Integrated Islamic Education Model at MAN Insan Cendekia Pekalongan.” Edukasia Islamika 5(1): 68–87.

Nata, Abuddin. 2005. Integrasi Ilmu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nata, Abudin. 2016. Metodologi Studi Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1135581.

Rahma Yuni, Sri Murhayati, Andi Murniati. 2021. “Implementasi Pembelajaran Integratif Interkonektif Agama Dan Sains Untuk Melatih Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri Se-Kecematan Sukajadi Kota Pekanbaru.” Jurnal kutubkhannah Vol 21(No 1): 65–81.

RI, Kemendikbud. 2006. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen Serta Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas. Bandung: Citra Umbara.

———. 2020. Pendidikan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jogyakarta: Absolut. http://piaud.uin-suka.ac.id/media/dokumen_akademik/43_20210506_Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.pdf.

Sari, Ramadhanita Mustika. 2012. “Ambivalensi Integrasi Ilmu Agama Dan Sains: Studi Transformasi Konflik Dan Konsesus Pengaruh Ilmu Agama Terhadap Perkembangan IPTEK Di Zaman Modern.” Conference Proceeding AICIS XII: 2050–51.

Shadily, John M. Echlos dan Hassan. 2003. Kamus Inggris Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Syaifuddin, Mohammad. 2016. “Redesain Pendidikan Islam Indonesia Berbasis Integrasi Sains Dan Teknologi.” In Proceeding of Pekalongan International Conference on Islamic Studies (PICIS): Realizing Mental Revolution through Recontruction of Science in Islamic Higher Education Institution, Pekalongan: IAIN Pekalongan Pers, 116–30. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=id&user=3EZZ6k0AAAAJ&citation_for_view=3EZZ6k0AAAAJ:d1gkVwhDpl0C (December 10, 2021).

———. 2021. “Strategi Manajemen Struktur Kurikulum Integratif Di MAN Insan Cendekia.” Tawshiyah: Jurnal Sosial Keagamaan dan Pendidikan Islam 16(1): 39–52. https://doi.org/10.32923/taw.v16i1.1617%0AStrategi.

Syaifuddin, Mohammad, and Ahmad Taufiq. 2020. “Strategi Mindset System Belajar Kritis Komprehensif,.” La-Tahzan: Jurnal Pendidikan Islam Volume XII(No. 1): 94–113.

Syamsuddin, Ach Maimun. 2012. Integrasi Multidimensi Agama Dan Sains. Yogyakarta: Ircisod. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=852017.

Taufiq, Ahmad, and Mohammad Syaifuddin. 2021. “Internalisasi Pendidikan Islam Dalam Al-Qur’an: Kajian Atas Surat Al-Qashash Ayat 7.” Jurnal Madaniyah 11(1): 15–32.




DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v4i2.3759

Article Metrics

Abstract view : 745 times
PDF - 214 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mohammad Syaifuddin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

Alamat Redaksi:

Jurusan Tarbiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111

Telp (Setria) 0857 141 777 54

Email: [email protected] / [email protected]

View My Stats