Pemanfaatan Aplikasi X-Recorder dan Microsoft Sway Pada Pembelajaran IPS di SMP IT Darul Fikri Tanjungbalai

Wulani Kisty Hasanah, Satrio Ardian

Abstract


Pandemi global Covid-19 membuat terjadinya pergeseran sistem pembelajaran yang semula dilakukan secara tatap muka beralih menjadi pembelajaran jarak jauh atau disebut juga pembelajaran online . Untuk proses pembelajaran mendukung online dalam menghasilkan lingkungan pembelajaran yang lebih kolaboratif dan partisipatif, kami dapat menerapkan X-recorder dan Microsoft Sway sebagai salah satu solusinya. Penelitian ini bertujuan untuk membuat e-learning menggunakan X-recorder dan Microsoft Sway dalam proses pembelajarannya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian deskriptif kualitatif.Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi X-recorder dan Microsoft Sway dalam e-learning IPS memiliki dampak yang efektif terhadap e-learning .


Keywords


X-recorder, Microsoft Sway, Pembelajaran Jarak Jauh

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 302 times | PDF view : 237 times

References


Ardian, S., Hasanah, WK, & Rana, FI (2020). Pemanfaatan Microsoft Sway dan Microsoft Form Sebagai Media Interaktif dalam Pembelajaran Sejarah. BIHARI: JURNAL PENDIDIKAN SEJARAH DAN ILMU SEJARAH, 3(2).

Aripin, N. S. & Ginting, G. L. (2017). Penerapan metode retinex untuk meningkatkan kecerahan citra pada hasil screenshot. Refleksi Hukum: Jurnal Ilmu Hukum, 1(1), 24–27.

Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Brame, Cynthia J. (2016). Effective Educational Videos: Principles and Guidelines for Maximizing Student Learning from Video Content. CBE Life Sciences Education 15 (4). 61-66.

Budi Usodo, Sutopo, Henny Ekana C, Ira Kurniawati dan Yemi Kuswardi. (2016). Pelatihan Penerapan Beberapa Aplikasi Dari Microsoft: Office Mix, Onenote, Sway Dalam Pembelajaran Bagi Guru-Guru Matematika SMA Di Kabupaten Sragen. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. 4 (9). 743-752.

Huda, K. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran IPS Sejarah melalui Aplikasi Sway Berkonten Indis di SMP Negeri 8 Madiun. Jurnal Historia, 125-141.

Kemdikbud RI. (2020). Keputusan Bersama Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, Dan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia. 53 (9). 1689–1699.

Korucu, A. T., & Alkan, A. (2011). Differences between m-learning (mobile learning) and elearning, basic terminology and usage of m-learning in education. Procedia - Social and Behavioral Sciences [Online]. Diambil dari: https://doi.org/10.1016/j. sbspro.2011.04.029.

Maovangi Day, Vania, Qodariah, S. (2019). Menumbuhkan Literasi Digital pada Anak Usia Sekolah 6- 12 Tahun. Prosiding Nasional Psikologi. 2. 1–9.

Masitho, D.N, Jannah T.A & Ahmala M. (2021). Aplikasi XRecorder sebagai Media Pembelajaran Daring Bahasa Arab. Jurnal al Mahāra, 7(1):64-85

Merliana, Anggit, Nuraly Masum Aprily, & Ani Agustini. (2021). Penggunaan Aplikasi Sway sebagai Media Pembelajaran IPS SD Mengenai Materi Kegiatan Ekspor dan Impor. Indonesian Journal of Primary Education. 5 (1). 23-31.

Prasetya, A.E. (2021). Meningkatkan Hasil Pembelajaran Online Sejarah Berbasis Media Presentasi Interaktif. Jurnal Inovasi dan Riset Akademik. 737-748.

Pribadi, Benny A. (2017). Media & Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Purba, L. S. L. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two StayTwo Stray (TS-TS) terhadap Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Mahasiswa pada Pokok Bahasan Koloid. EduMatSains. 1(2). 137-152.

Shihab, Najelaa & Komunitas Guru Belajar Nusantara. (2021). Teknologi untuk Masa Depan Hadir di Pembelajaran Masa Kini. Tangerang Selatan: Penerbit Literasi.

Siregar, Budi Halomoan, Abil Mansyur, Septi Lumongga & Fannisa Rahmadani. (2021). Best Practice Pengembangan Media dan Bahan Ajar Digital Interaktif Berbasis Multimedia. Medan: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Medan.

Sudarmoyo. (2018). Pemanfaatan Aplikasi Sway untuk Media Pembelajaran. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. 346-352.

Trianto. (2011). Mendesain model pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Warsita, B. (2002). Teknologi Pembelajaran Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wiana, W. (2017). Application Design of Interactive Multimedia Development Based Motion Graphic on Making Fashion Design Learning in Digital Format. International Journal of Scientific & Technology Research. 102-108




DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v5i2.4001

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wulani Kisty Hasanah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

Alamat Redaksi:

Jurusan Tarbiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111

Telp (Setria) 0857 141 777 54

Email: [email protected] / [email protected]

View My Stats