Implementasi Pendidikan Berbasis Fitrah Di Sekolah Karakter Imam Syafi’i Semarang
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan juga menjelaskan implementasi pendidikan berbasis fitrah di Sekolah Karakter Imam Syafi’ Semarang dengan fokus kajian mencakup : (1) bentuk proses perencanaan pendidikan berbasis fitrah, (2) bentuk proses pelaksanaan pendidikan berbasis fitrah, dan (3) bentuk evaluasi dalam pelaksanaan pendidikan berbasis fitrah di Sekolah Karakter Imam Syafi’i Semarang. Penelitian ini berbentuk penelitian kualitatif dengan penelitian lapangan yaitu studi kasus. Data yang dikumpulkan pada penelitian ini dengan teknik yang digunakan adalah berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Latarbelakang dari adanya penelitian ini dikarenkan sekolah dianggap sebagai sebuah media untuk mencetak anak-anak hebat dan cerdas yang kemudian para orangtua pun abai dari mendidik anak saat berada di rumah. Kenyataan yang ada sekarang ini bahwa proses pendidikan cenderung kurang memperhatikan perihal keimanan, kurang memberikan stimulus bernalar dengan baik, potensi dan bakat tidak digali sebagaimana mestinya, padahal setiap anak itu unik dan hebat sesuai dengan potensi dan bakatnya masing-masing, dan pemberian materi pelajaran tidak sesuai dengan tahap perkembangan anak. Adapun hasil dari penelitian ini adalah dimulai dari proses perencanaan dengan memilih komunitas yang satu visi dan misi, memahami framework yang menjadi acuan, memetakan anak sesuai usia dan bakatnya dan membuat program yang menunjang fitrah tersebut, sedangkan dalam tataran penerapanya maka fokus untuk tercapainya 4 fitrah menurut teori Hary Santosa yaitu fitrah iman,fitrah belajar, fitrah bakat yang diselaraskan dengan fitrah perkembangan dan bentuk evaluasi dalam sekolah ini adalah menggunakan alat bantu berupa indeks karakter dan pemetaan potensi anak yang yang dilakukan minimal setiap semester sekali.
Kata kunci : Pendidikan Berbasis Fitrah, Pendidikan Karakter, Pendidikan Islam
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 143 times | PDF view : 299 timesReferences
Arifin, H.M.1976.Hubungan Timbal Balik Pendidikan Agama. Jakarta:Bulan Bintang
Astuti , Ria dan Erni Munastiwi, 2018, Pendidikan Anak Usia Dini Berbasis Tauhid (Studi Kasus PAUD Ababil Kota Pangkalpinang), Al-Mudarris : Jurnal Ilmiah Pendidikan IslamVol. 1, No. 2, November 2018, pp. 1-19
Dan, A., Insan, M. A. N., &Pekalongan, C. (2022). Implementasi Pembelajaran Berbasis Harmonisasi Ilmu. 4(2), 131–152.
Hasbi, M., “Konsep Tauhid sebagai Problematika Pendidikan Agama bagi Siswa Madrasah”, Jurnal Pemikran Alternatif Kependidikan, Insania, Vol. 14,No. 2, Mei-Agustus 2009.
Husnah, Ziadatul,2018, Multiple Intelligence Based-Education
Mewujudkan Indonesia sebagai Bangsa Para Juara. Al-Mudarris : Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Vol. 1, No. 2, November 2018, pp. 51-65
Kholiq, Abdul. 2021. Pendidikan Karakter Nabawiyah. Semarang : Perkumpulan Radio Komunita Mutiara Quran
Muslim, Abd.Qodir, 2010, Konsep Pendidikan Akhlak. Studi Komparasi pada Pemikiran Ibn Miskawaih dan Ki Hajar Dewantara. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim.
Muthoifin dan Fahrurozi, 2018, Nilai-Nilai Pendidikan Tauhid Dalam Kisah Ashabul Ukhdud Surat Al-Buruj Perspektif Ibn Katsir Dan Hamka dalam PROFETIKA Jurnal Studi Islam, Vol. 19, No. 2, Desember: 163-174
Muthoifin, Mengungkap Isi Pendidikan Islam Perspektif Al-Qur’an Surat Al-Ashr Ayat 1-3
NS,Rosi. 2017. Fungsi Pendidikan Bagi Perkembangan Manusia, lihat dalam http://kancahkreatif.blogspot.com/2011/03/fungsi-pendidikan-bagi-perkembangan .html.
Rufaidah ,Anna, 2015, Pengaruh Intelegensi dan Minat Siswa Terhadap Putusan Pemilihan Jurusan dalam Faktor dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan.
Santosa, Harry,2017, Fitrah Based Education. Bekasi: Yayasan Cahaya Mutiara Timur.
Tanzeh, Ahmad,2011, Metode Penelitian Praktis.Yogyakarta: Percetakan Teras.
Undang-undang Sisdiknas,2009, Bandung:Citra Umbara
DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v5i1.4023
Article Metrics
Abstract view : 143 timesPDF - 299 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Rizqi Will Ramadlan, Syamsul Hidayat, Muthoifin .
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Jurusan Tarbiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya
Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111
Telp (Setria) 0857 141 777 54