Implementation Program Evaluation Early Childhood Education Standards

Ade Tursina, Veryawan Veryawan

Abstract


Abstrak

Penelitian evaluasi ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas penyelenggaraan standar pendidikan anak usia dini di RA Fadnur Aisyah. Penelitian evaluasi program ini menggunakan model CIPP yang mencakup konteks, input, proses, produk dan masukan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dan kuantitatif atau yang sering disebut dengan penelitian kombinasi (Mixed Methods). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara, observasi, studi dokumen dan angket. Teknik analisis data yang digunakan dalm penelitian evaluatif ini adalah menggunakan model Miles and Huberman, yang terdiri dari alur kegiatan yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verfikasi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penyelenggaraan standar pendidikan anak usia dini belum berjalan efektif, dimana (1) aspek konteks menunjukkan bahwa penyelenggaraan standar pendidikan anak usia dini di RA Fadnur Aisyah dikategorikan baik, (2) aspek input menunjukkan bahwa penyelenggaraan standar pendidikan anak usia dini di RA Fadnur Aisyah belum sepenuhnya berjalan dengan baik, (3) aspek proses menunjukkan bahwa penyelenggaraan standar pendidikan anak usia dini di RA Fadnur Aisyah sebahagian dikategorikan baik, (4) aspek produk menunjukkan bahwa penyelenggaraan standar pendidikan anak usia dini di RA Fadnur Aisyah sebahagian dikategorikan baik.


Keywords


Evaluasi Program; CIPP; Pendidikan Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 96 times | PDF view : 79 times

References


Agustina, A., & Retnowati, T. H. (2013). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran Program Pendidikan Anak Usia Dini (Paud) Di Kecamatan Trucuk Kabupaten Klaten. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 1(2), 128–140.

David Royse, BruThyer, and D. K. P. A. (2010). Program Evaluation: an Introduction fifth edition. Belmon: Wadsworth.

Djudju Sudjana. (2008). Evaluasi Program Pendidikan Luar sekolah: untuk Pendidikan Non Formal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia . Remaja Rosda Karya.

Hasibuan, R. H., Veryawan, & Tursina, A. (2021). Media Audio Visual : Pengaruhnya Terhadap Perkembangan Moral Anak Usia Dini. Pratama Widya : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 117–125.

Hidayanah, L. M., Wijayanti, E. T. N., & Mustikasari, R. (2022). Evaluasi Pelaksanaan Evaluasi Hasil Belajar Anak Usia Dini Di Ra Pas Bina Tazkiya Simo Slahung Ponorogo Evaluation of Early Children’S Learning Outcomes in Ra Pas Bina Tazkiya Simo Slahung Ponorogo. Jurnal Cikal Cendikia, 02(02), 43–54.

Huey-Tsyh Chen. (2005). Practical Program Evaluation: Assessing and Improving Planning, Implementationand Effectiveness. California: Sage Publication. Inc.

John Van Willigen. (2002). Applied Anthropology: An Introduction. Greenwood Group, Inc.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 137 Tahun 2014 Tentang Standar Nasional Pendidikan Anak Usia Dini.

Khaironi, M. (2017). Pendidikan Moral Pada Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 1(01), 1. https://doi.org/10.29408/goldenage.v1i01.479

Kirkpatrick, D.L. & Kirkpatrick, J. D. (2011). Evaluating training programs, the four levels (3nd ed). Berrett-Koehler Publisher, Inc.

Mayar, F. (2018). Happy Emotions within Drawing In the kindergarten. Atlantis Press, 169(Icece 2017), 210–212. https://doi.org/10.2991/icece-17.2018.54

Mulyasa. (2014). Manajemen PAUD. Bandung: Rosda.

Munthe, A. P. (2015). Pentingnya Evaluasi Program Di Institusi Pendidikan: Sebuah Pengantar, Pengertian, Tujuan dan Manfaat. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 1. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2015.v5.i2.p1-14

Panda, L., Wijayanti, R., & Asmah, A. (2019). Meningkatkan Kemampuan Mengekpresikan Karya Seni Gambar Dengan Teknik Grafito Pada Peserta Didik Kelompok A Tk Trisula I Perwari Singosari Kabupaten Malang. ProsidingSeminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran Bagi Guru Dan Dosen, 3, 996–1002.

Rakimahwati, Agus Lestari, N., & Hartati, S. (2018). 13-23-2-Pb. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini OBSESI : JURNAL PENDIDIKAN ANAK USIA DINI, 2(1), 102–110.

Stufflebeam, D.L., & Shinfield, A. J. (2007). Systematic evaluation. hof Publishing.Boston: Kluwer Nij. PBoston: Kluwer Nij.

Sugiono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Alfa Beta.

Sukardi. (2012). Evaluasi Pendidikan Prinsip Dan Operasionalnya. Bumi Aksara.

Suyadi, M. U. (2013). Konsep Dasar PAUD. Rosda Karya.

Tayibnapis, F. Y. (2008). Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian. Rineka Cipta.

Utami, W. Y. D., Jamaris, M., & Meilanie, S. M. (2019). Evaluasi Program Pengelolaan Lembaga PAUD di Kabupaten Serang. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(1), 67. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i1.259

Widodo, M. C., & Harini, M. (2016). Pengaruh kegiatan menggambar dengan krayon terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK. Satu Atap Pekayon 15 Pasar Reho Jakarta Timur. Permata: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, Edisi Khus(1), 18–26. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/index/article/view/4434

Wiratam, D., Setyaningsi, & Sukodoyo. (2018). Evaluasi Pelaksanaan Pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini Wira Putra. Jurnal Pencerahan STAB Syailendra, 11(11), 63–82.

Wirawan. (2011). Evaluasi: Teori, Model, Standar, Aplikasi, Dan Profesi. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v5i1.4522

Article Metrics

Abstract view : 96 times
PDF - 79 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Ade Tursina

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

Alamat Redaksi:

Jurusan Tarbiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111

Telp (Setria) 0857 141 777 54

Email: [email protected] / [email protected]

View My Stats