Urgensi Penilaian Pembelajaran di Dunia Pendidikan Formal (Hakikat, Sistem, dan Perencanaan)
Abstract
Penilaian merupakan hal penting dalam pendidikan dan menjadi bagian tidak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran di institusi pendidikan formal. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan dan menemukan kembali hakikat dari penilaian dimaksud. Penilaian pada hakikatnya bisa dimaknai melalui 3 hal inti, yaitu evaluation, assessment, dan judgement. Sebagai sebuah sistem, penilaian pembelajaran memiliki 7 komponen yang saling berkaitan, antara lain tujuan, jenis penugasan yang bisa memberikan data/bukti, dasar yang digunakan dalam menilai data/bukti, cara pelaporan, dan prosedur moderasi yang diberlakukan. Penilaian pembelajaran juga harus mengacu pada prinsip-prinsip tertentu, yakni komprehensif, reliabel, valid, objektif, kontinu dan bermakna. Penilaian yang efektif atas suatu pembelajaran bisa dilakukan sepanjang direncanakan dengan baik, diimplementasikan secara benar, dan ditujukan untuk memertahankan atau meningkatkan hasil dari penilaian itu sendiri, dengan beberapa hal seperti pelibatan para pemangku kepentingan, penetapan tujuan, perancangan pendekatan yang bijak dalam penilaian, perencanaan tertulis, dan waktu penilaian.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 276 times | PDF view : 144 timesReferences
A.M. Slamet Soewandi (2002) ‘Penilaian pembelajaran dengan portofolio’, Jurnal Pendidikan Universitas Sanata Dharma, (Kurikulum 1994), pp. 197–209.
Abdul Qodir (2017) Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Ana, M. andNdole, T. (2021) ‘Efektivitas Penilaian Pembelajaran Matematika Selama Masa Pandemi Covid-19 Sdk Ndona 2 Kecamatan Ndona Kabupaten Ende’, Jupika: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), pp. 82–91. doi: 10.37478/jupika.v4i1.903.
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud (2022) Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
Darmalaksana, W. (2020) ‘Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan’, Pre-print Digital Library UIN Sunan Gunung Djati Bandung, pp. 1–6.
Fajarini, M. W., Sabtiawan, W. B. andWidodo, W. (2021) ‘Studi Kasus Penerapan Penilaian Pembelajaran IPA pada Masa Pandemi Covid-19.’, Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 9(3), pp. 336–355. Available at: https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa.
Fitri Kurnia (2018) ‘Kemampuan Guru Melakukan Penilaian dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMA Bayt al-Hikmah, Pasuruan’, TARBAWI: Jurnal Studi Pendidikan Islami, 6(2), pp. 1–9.
Gordon Joughin (2009) Assessment, Learning and Judgement in Higher Education, Springer Science+Business Media B.V. Edited by Gordon Joughin.
Hafidhoh, N., Muhammad, D. andRifa’, R. (2021) ‘Karakteristik Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Di Mi’, Awwaliyah: Jurnal PGMI, 4(1), pp. 10–16.
Hidayat, N. R. andRohita, R. (2023) ‘Efektivitas Penggunaan Sistem Informasi Perangkat Pembelajaran dalam Membuat Penilaian Pembelajaran di PAUD’, Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), pp. 292–302. doi: 10.31004/obsesi.v7i1.3444.
Ikhsan Waseso (2014) ‘Modul Hakikat Evaluasi dan Asesmen’, Modul 1 Hakikat Evaluasidan Asesmen, pp. 1–31.
Irfan Effendi, Melisa Prawitasari, H. S. (2021) ‘Implementasi Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Sejarah 1Irfan’, 1, pp. 21–25.
Munawaroh, R. Z., Prastowo, A. andNurjanah, M. (2021) ‘Efektivitas Penilaian Pembelajaran Menggunakan Google Form pada Pembelajaran Daring’, JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(3). doi: 10.36312/jisip.v5i3.2152.
Noor, S. (2020) ‘Penggunaan Quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup Biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin’, Jurnal Pendidikan Hayati, 6(1), pp. 1–7.
Nuralan, S. (2022) ‘Implementasi Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Sdn 1 Buga’, Tolis Ilmiah: Jurnal Penelitian, 4(1), pp. 33–43. doi: 10.56630/jti.v4i1.210.
Rahmawati, D. N. et al. (2022) ‘Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam’, Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 2(1), pp. 55–66. doi: 10.35878/guru.v2i1.335.
Raja Hulan Dari Ramadhani; Zaka Hadikusuma Ramadan (2022) ‘Implementasi Penilaian Ranah Sikap dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar’, Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 10(1), pp. 17–25.
Sumarna Surapranata; Muhammad Hatta (2006) Penilaian Portofolio: Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Trudy W. Banta; Catherine A. Palomba (2015) Assessment Essentialss: Planning, Implementing, and Improving. San Francisco: Jossey-Bass.
Wynne Harlen (2007) Assessment of Learning. London: Sage Publications.
DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v5i2.5064
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Fadli Rahman, Dina Hermina, Nuril Huda
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Jurusan Tarbiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya
Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111
Telp (Setria) 0857 141 777 54