Urgensi Penilaian Pembelajaran di Dunia Pendidikan Formal (Hakikat, Sistem, dan Perencanaan)
DOI:
https://doi.org/10.23971/mdr.v5i2.5064Keywords:
Penilaian, pembelajaran, hakikat, sistem, perencanaan, efektif.Abstract
Penilaian merupakan hal penting dalam pendidikan dan menjadi bagian tidak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran di institusi pendidikan formal. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan dan menemukan kembali hakikat dari penilaian dimaksud. Penilaian pada hakikatnya bisa dimaknai melalui 3 hal inti, yaitu evaluation, assessment, dan judgement. Sebagai sebuah sistem, penilaian pembelajaran memiliki 7 komponen yang saling berkaitan, antara lain tujuan, jenis penugasan yang bisa memberikan data/bukti, dasar yang digunakan dalam menilai data/bukti, cara pelaporan, dan prosedur moderasi yang diberlakukan. Penilaian pembelajaran juga harus mengacu pada prinsip-prinsip tertentu, yakni komprehensif, reliabel, valid, objektif, kontinu dan bermakna. Penilaian yang efektif atas suatu pembelajaran bisa dilakukan sepanjang direncanakan dengan baik, diimplementasikan secara benar, dan ditujukan untuk memertahankan atau meningkatkan hasil dari penilaian itu sendiri, dengan beberapa hal seperti pelibatan para pemangku kepentingan, penetapan tujuan, perancangan pendekatan yang bijak dalam penilaian, perencanaan tertulis, dan waktu penilaian.References
A.M. Slamet Soewandi (2002) ‘Penilaian pembelajaran dengan portofolio
Abdul Qodir (2017) Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit K-Media.
Ana, M. andNdole, T. (2021) ‘Efektivitas Penilaian Pembelajaran Matematika Selama Masa Pandemi Covid-19 Sdk Ndona 2 Kecamatan Ndona Kabupaten Ende
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud (2022) Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).
Darmalaksana, W. (2020) ‘Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan
Fajarini, M. W., Sabtiawan, W. B. andWidodo, W. (2021) ‘Studi Kasus Penerapan Penilaian Pembelajaran IPA pada Masa Pandemi Covid-19.
Fitri Kurnia (2018) ‘Kemampuan Guru Melakukan Penilaian dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMA Bayt al-Hikmah, Pasuruan
Gordon Joughin (2009) Assessment, Learning and Judgement in Higher Education, Springer Science+Business Media B.V. Edited by Gordon Joughin.
Hafidhoh, N., Muhammad, D. andRifa
Hidayat, N. R. andRohita, R. (2023) ‘Efektivitas Penggunaan Sistem Informasi Perangkat Pembelajaran dalam Membuat Penilaian Pembelajaran di PAUD
Ikhsan Waseso (2014) ‘Modul Hakikat Evaluasi dan Asesmen
Irfan Effendi, Melisa Prawitasari, H. S. (2021) ‘Implementasi Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Sejarah 1Irfan
Munawaroh, R. Z., Prastowo, A. andNurjanah, M. (2021) ‘Efektivitas Penilaian Pembelajaran Menggunakan Google Form pada Pembelajaran Daring
Noor, S. (2020) ‘Penggunaan Quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup Biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin
Nuralan, S. (2022) ‘Implementasi Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Sdn 1 Buga
Rahmawati, D. N. et al. (2022) ‘Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam
Raja Hulan Dari Ramadhani; Zaka Hadikusuma Ramadan (2022) ‘Implementasi Penilaian Ranah Sikap dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar
Sumarna Surapranata; Muhammad Hatta (2006) Penilaian Portofolio: Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Trudy W. Banta; Catherine A. Palomba (2015) Assessment Essentialss: Planning, Implementing, and Improving. San Francisco: Jossey-Bass.
Wynne Harlen (2007) Assessment of Learning. London: Sage Publications.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.