Urgensi Penilaian Pembelajaran di Dunia Pendidikan Formal (Hakikat, Sistem, dan Perencanaan)

Authors

  • Fadli Rahman IAIN Palangkaraya
  • Dina Hermina Universitas Islam Negeri "Antasari" Banjarmasin
  • Nuril Huda Universitas Islam Negeri "Antasari" Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.23971/mdr.v5i2.5064

Keywords:

Penilaian, pembelajaran, hakikat, sistem, perencanaan, efektif.

Abstract

Penilaian merupakan hal penting dalam pendidikan dan menjadi bagian tidak terpisahkan dari kegiatan pembelajaran di institusi pendidikan formal. Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan dan menemukan kembali hakikat dari penilaian dimaksud. Penilaian pada hakikatnya bisa dimaknai melalui 3 hal inti, yaitu evaluation, assessment, dan judgement. Sebagai sebuah sistem, penilaian pembelajaran memiliki 7 komponen yang saling berkaitan, antara lain tujuan, jenis penugasan yang bisa memberikan data/bukti, dasar yang digunakan dalam menilai data/bukti, cara pelaporan, dan prosedur moderasi yang diberlakukan. Penilaian pembelajaran juga harus mengacu pada prinsip-prinsip tertentu, yakni komprehensif, reliabel, valid, objektif, kontinu dan bermakna. Penilaian yang efektif atas suatu pembelajaran bisa dilakukan sepanjang direncanakan dengan baik, diimplementasikan secara benar, dan ditujukan untuk memertahankan atau meningkatkan hasil dari penilaian itu sendiri, dengan beberapa hal seperti pelibatan para pemangku kepentingan, penetapan tujuan, perancangan pendekatan yang bijak dalam penilaian, perencanaan tertulis, dan waktu penilaian.

References

A.M. Slamet Soewandi (2002) ‘Penilaian pembelajaran dengan portofolio

Abdul Qodir (2017) Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran. Yogyakarta: Penerbit K-Media.

Ana, M. andNdole, T. (2021) ‘Efektivitas Penilaian Pembelajaran Matematika Selama Masa Pandemi Covid-19 Sdk Ndona 2 Kecamatan Ndona Kabupaten Ende

Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Kemdikbud (2022) Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI).

Darmalaksana, W. (2020) ‘Metode Penelitian Kualitatif Studi Pustaka dan Studi Lapangan

Fajarini, M. W., Sabtiawan, W. B. andWidodo, W. (2021) ‘Studi Kasus Penerapan Penilaian Pembelajaran IPA pada Masa Pandemi Covid-19.

Fitri Kurnia (2018) ‘Kemampuan Guru Melakukan Penilaian dalam Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan (PKn) di SMA Bayt al-Hikmah, Pasuruan

Gordon Joughin (2009) Assessment, Learning and Judgement in Higher Education, Springer Science+Business Media B.V. Edited by Gordon Joughin.

Hafidhoh, N., Muhammad, D. andRifa

Hidayat, N. R. andRohita, R. (2023) ‘Efektivitas Penggunaan Sistem Informasi Perangkat Pembelajaran dalam Membuat Penilaian Pembelajaran di PAUD

Ikhsan Waseso (2014) ‘Modul Hakikat Evaluasi dan Asesmen

Irfan Effendi, Melisa Prawitasari, H. S. (2021) ‘Implementasi Penilaian Pembelajaran Pada Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Sejarah 1Irfan

Munawaroh, R. Z., Prastowo, A. andNurjanah, M. (2021) ‘Efektivitas Penilaian Pembelajaran Menggunakan Google Form pada Pembelajaran Daring

Noor, S. (2020) ‘Penggunaan Quizizz dalam penilaian pembelajaran pada materi ruang lingkup Biologi untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X.6 SMA 7 Banjarmasin

Nuralan, S. (2022) ‘Implementasi Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013 Dalam Meningkatkan Partisipasi Aktif Siswa Sdn 1 Buga

Rahmawati, D. N. et al. (2022) ‘Pemanfaatan Aplikasi Quizizz sebagai Media Penilaian Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam

Raja Hulan Dari Ramadhani; Zaka Hadikusuma Ramadan (2022) ‘Implementasi Penilaian Ranah Sikap dalam Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar

Sumarna Surapranata; Muhammad Hatta (2006) Penilaian Portofolio: Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Trudy W. Banta; Catherine A. Palomba (2015) Assessment Essentialss: Planning, Implementing, and Improving. San Francisco: Jossey-Bass.

Wynne Harlen (2007) Assessment of Learning. London: Sage Publications.

Downloads

Published

2022-11-30