AKTUALISASI NILAI-NILAI PENDIDIKAN WASATHIYAH DALAM MENANGKAL INTOLERANSI DI MADRASAH

Salim salim

Abstract


Berangkat dari beberapa hasil penelitian tentang intoleransi di Indonesia yang masih terbilang tinggi yang dilakukan oleh pelajar dan guru yang ada di lembaga pendidikan. Untuk itu, tulisan ini ingin mengungkap tentang konsep pendidikan wasathiyah, nilai-nilai pendidikan wasathiyah, dan model pendidikan wasathiyah yang diaktualisasikan di Madrasah. Tulisan ini menggunakan metode library research yaitu dengan menggali kekayaan data dari berbagai literatur, baik primer maupun sekunder yang berasal dari buku, jurnal, dan literatur lain sesuai dengan fokus kajian. Dari beberapa literatur dalam hasil dan pembahasan, pendidikan wasatiyyah merupakan pendidikan yang mengedepankan sikap toleransi, keadilan, dan keseimbangan disemua lini kehidupan. Nilai-nilai   wasatiyyah yang harus diaktualisasikan di Madrasah seperti tawassut (jalan tengah), tawazun (seimbang), i'tidal (keadilan), tasamuh (toleransi), musawah (egaliter), syura (konsultasi), ishlah (reformasi), alawiyat (prioritas), tahaddhur (berperadaban), wathaniyah wa muwathani (nation-state), dan wudwatiyah (inovatif). Model pengembangan pendidikan wasatiyyah yang perlu diaktualisasikan madrasah yaitu; pertama, madrasah harus membuat visi dan misi yang mengarah pada nilai-nilai wasatiyyah. Kedua, madrasah harus mampu mengembangkan kurikulum berbasis nilai-nilai wasatiyyah. Ketiga, penguatan habituasi dan budaya madrasah sebagai strategi internalisasi nilai-nilai wasatiyyah. Keempat, madrasah harus mampu mengembangkan penguatan moderasi Islam lewat program-program yang terintegrasi dan mengarah pada nilai-nilai wasatiyyah.

Keywords


Nilai-nilai wasatiyyah, peran madrasah

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 271 times | PDF view : 561 times

References


Abidin, A. Z. (2021). NILAI-NILAI MODERASI BERAGAMA DALAM PERMENDIKBUD NO. 37 TAHUN 2018. JIRA: Jurnal Inovasi Dan Riset Akademik, 2(5), 729–736. https://doi.org/10.47387/jira.v2i5.135

Agil Husain Al-Munawwar. (2005). Fikih Hubungan Antar Agama. Ciputat Press.

Anthony Giddens. (1995). Politics, Sociology and Social Theory: Encounters with Classical and Contemporary Social Thought. Polity.

Arifin, S. (2014). MEMBENDUNG ARUS RADIKALISASI DI INDONESIA MEMBENDUNG ARUS RADIKALISASI DI INDONESIA. In ISLAMICA: Jurnal Studi Keislaman (Vol. 8, Issue 2).

Azizah, L., Purjatian, D., Uin, A., Kali, S., & Yogyakarta, J. (2015). ISLAM DI TENGAH MASYARAKAT MULTIKULTURAL INDONESIA (Studi Atas Konsep Multikultural Abdul aziz Sachedina) (Vol. 7, Issue 1).

Chairul Anwar. (2014). Hakikat Manusia dalam Pendidikan Sebuah Tinjauan Filosofis. Suka Press.

Fahri, M., & Zainuri, A. (2019). Moderasi Beragama di Indonesia. 25(2). https://doi.org/10.19109/intizar.v25i2.5640

Hamzah B.Uno Dan Nina Lamatenggo. (2016). Landasan Pendidikan. Bumi Aksara.

Hasbullah. (2015). Dasar Dasar Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Hiqmatunnisa, H., & Zafi, A. A. (n.d.). PENERAPAN NILAI-NILAI MODERASI ISLAM DALAM PEMBELAJARAN FIQIH DI PTKIN MENGGUNAKAN KONSEP PROBLEM-BASED LEARNING.

Kamrani Buseri. (2015). ISLAM WASATHIYAH DALAM PERSPEKTIF PENDIDIKAN.

Karim, H. A. (2019). Implementasi Moderasi Pendidikan Islam Rahmatallil ’Alamin dengan Nilai-Nilai Islam.

M. Chabib Thoha. (1996). Kapita Selekta Pendidikan Islam. Pustaka Pelajar.

M. Cholil Nafis dkk. (2019). Islam Wasatiyyah. Komisi Dakwah MUI.

M. Mahmud. (2019). MENUJU SEKOLAH ANTIKORUPSI (Perspektif Konstruksi Sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Jurnal Kajian dan Pengembangan Umat, 2(2).

Martin H. Manser. (1991). Oxford Learner’s Dictionary. Oxford University Press.

Masdar Hilmy. (2012). QUO-VADIS ISLAM MODERAT INDONESIA? Menimbang Kembali Modernisme Nahdlatul Ulama dan Muhammadiyah: Vol. XXXVI (Issue 2).

Muhammad Ali. (2003). Teologi Pluralis-Multikultural: Menghargai Kemajemukan, Menjalin Kebersamaan. Penerbit Buku Kompas.

Muhammad Tholchah Hasan. (2016). Pendidikan Multikultural Sebagai Opsi Penanggulangan Radikalisme. Lembaga Penerbitan UNISMA.

Nasikun. (2007). Sistem Sosial Indonesia. Raja Grafindo Persada.

Nurcholish Madjid. (2001). Pluralitas Agama: Kerukunan dalam Keragaman. Kompas.

Syaikhul Alim, M., & Munib Mahasiswa Program Doktor PAI Nusantara Unwahas, A. (2021). AKTUALISASI PENDIDIKAN MODERASI BERAGAMA DI MADRASAH (Vol. 9, Issue 2).

Zetty Azizatun Ni’mah. (2019). Urgensi Madrasah dalam Membangun Karakter Moderasi di Tengah Perkembangan Radikalisme.




DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v5i1.5068

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Salim salim

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Flag Counter

Alamat Redaksi:

Jurusan Tarbiyah

Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)

Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya

Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111

Telp (Setria) 0857 141 777 54

Email: [email protected] / [email protected]

View My Stats