Pengaruh Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Ipa Materi Ekosistem Pada Peserta Didik Kelas V SDN 15 Teluk Batang
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan hasil belajar pretest IPA materi ekosistem pada siswa kelas V SDN 15 Teluk Batang tahun pelajaran 2021/2022 sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran Make A Match, dan untuk memaparkan pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar IPA materi ekosistem pada siswa kelas V SDN 15 Teluk Batang tahun pelajaran 2021/2022. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan metode pra experiment dengan desain one group pretest posttest design. Peneliti menggunakan penelitian kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN 15 Teluk Batang yang terdiri dari 14 peserta didik. Data hasil penelitian diperoleh berdasarkan dari nilai pretest dan posttest. Berdasarkan analisis yang dilakukan, maka peneliti dapat menyimpulkan bahwa hasil pretest siswa pada materi ekosistem belum mencapai ketuntasan KKM dengan nilai rata-rata sebesar 26,35, hasil belajar posttest siswa pada materi ekosistem sudah melebihi ketuntasan KKM dengan nilai rata-rata sebesar 80,63, dan berdasarkan hasil uji t dari nilai pretest dan posttest makadiperoleh probabilitas dari t hitung sebesar 0,000 lebih kecil (<) dari t tabel yaitu 0,05, maka Ho ditolak dan HÉ‘ diterima. Hal ini dapat diartikan ada pengaruh model pembelajaran Make A Match terhadap hasil belajar peserta didik kelas V SDN 15 Teluk Batang tahun pelajaran 2021/2022 sebesar 7,17 sesuai dengan perhitungan effect size.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 59 times | PDF view : 29 timesReferences
Adriantoni, A. A., & Syafitri, A. (2019). PENGARUH PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME TERHADAP HASIL BELAJAR IPA DI KELAS V SDN KOTA PADANG. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 1(2). https://doi.org/10.23971/mdr.v1i2.1013
Akbar, A. H., & Desyandri, D. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Make a Macth. E-Journal Pembelajaran Inovasi, e-Journal Pembelajaran Inovasi, 8(5)
Alwi HS, M., Arsyad, M., & Akmal, M. (2020). GERAKAN MEMBUMIKAN TAFSIR AL-QUR’AN DI INDONESIA: Studi M. Quraish Shihab atas Tafsir Al-Misbah. Jurnal At-Tibyan: Jurnal Ilmu Alqur’an Dan Tafsir, 5(1). https://doi.org/10.32505/at-tibyan.v5i1.1320
Anjaswari, P., & Airlanda, G. S. (2019). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Muatan IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Macth Siswa SD. Pedagogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran Fakultas Tarbiyah Universitas Muhammadiyah Aceh, 6(1). https://doi.org/10.37598/pjpp.v6i1,%20April.631
Azhar, A., Basyir, M. D., & Alfitri, A. (2016). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN ETIKA LINGKUNGAN DENGAN SIKAP DAN PERILAKU MENJAGA KELESTARIAN LINGKUNGAN. Jurnal Ilmu Lingkungan, 13(1). https://doi.org/10.14710/jil.13.1.36-41
John W. Creswell. (2014). Research design : qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (Jessica Young (ed.)). SAGE Publications, Inc.
Kurnianningsih, Y., Sinyanyuri, S., & Lubna, A. (2018). Menyayangi Tumbuhan dan Hewan (Noviani Ekawati (ed.); Cetakan Ke). : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Lusidawaty, V., Fitria, Y., Miaz, Y., & Zikri, A. (2020). PEMBELAJARAN IPA DENGAN STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR. Jurnal Basicedu, 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/BASICEDU.V4I1.333
Noor, F. A. (2019). Kompetensi Pendidik MI di Era Revolusi Industri 4.0. ELEMENTARY: Islamic Teacher Journal, 7(2), 251. https://doi.org/10.21043/ELEMENTARY.V7I2.6386
Nurhaliza, E. (2019). Penerapan Model CTL (Contextual Teaching And Learning) Melalui Alat Peraga Torso dalam Peningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas V di SDN Muara Bumban 1 Kabupaten Murung Raya. Al-Mudarris (Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam), 2(2). https://doi.org/10.23971/mdr.v2i2.1837
Nurohma, S., Karyadi, B., & Irawati, S. (2018). PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE MAKE A MACTH DENGAN MEDIA KARTU QA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA SMP. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 2(1). https://doi.org/10.33369/diklabio.2.1.1-4
Purnamasari, I. (2019). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MACTH TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI & KEUANGAN, 2(1). https://doi.org/10.17509/jpak.v2i1.15459
Sulhan, S. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Materi Organ Peredaran Darah dan Fungsinya. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1). https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.23735
Suparlan, S. (2020). Peran Media dalam Pembeajaran di SD/MI. ISLAMIKA, 2(2). https://doi.org/10.36088/islamika.v2i2.796
Surtini, S. (2020). Application of Make A Match Type to Improve Student Learning Outcomes in SDN Batiombo 02. Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series, 3(3). https://doi.org/10.20961/shes.v3i3.46660
Zulkifli, Z. (2020). Analisis Kompetensi Guru Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3). https://doi.org/10.36312/JISIP.V4I3.1286
DOI: https://doi.org/10.23971/mdr.v5i1.5110
Article Metrics
Abstract view : 59 timesPDF - 29 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Saumi Setyaningrun Ningrum

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Alamat Redaksi:
Jurusan Tarbiyah
Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK)
Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palangka Raya
Jalan George Obos Komplek Islamic Centre, Palangka Raya, Kalimantan Tengah, 73111
Telp (Setria) 0857 141 777 54
Email: jurnal.al-mudarris@iain-palangkaraya.ac.id / setria.utama.rizal@iain-palangkaraya.ac.id