Pengembangan Modul Berbasis Flip and Pop Up Full GamesTerintegrasi Keislaman pada Konsep Sistem Pertahanan Tubuh Kelas XI

Maharani Nida Ervina, Nanik Lestariningsih

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui deskripsi, validitas, dan kepraktisan modul berbasis flip dan pop up full games terintegrasi keislaman yang dikembangkan pada konsep sistem pertahan tubuh untuk peserta didik kelas XI MA Darul Ulum Palangka Raya. Selain itu penelitian ini bertujuan untuk memenuhi analisis kebutuhan terhadap bahan ajar untuk peserta didik kelas XI MA Darul Ulum Palangka Raya. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan. Tahap penelitian yang dilakukan meliputi potensi masalah, analisis kebutuhan, pengumpulan data, desain produk, pengembangan, validasi, revisi desain, dan, uji coba produk skala kecil. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan angket dengan peserta didik kelas XI MA Darul Ulum Palangka Raya sebagai subjek penelitian. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa modul yang dikembangkan memiliki deskripsi berupa modul cetak ukuran 210 mm  250 mm yang dicetak pada kertas glossy dengan jilid perfect binding. Modul yang dikembangkan memiliki basis flip dan pop up serta memuat konten permainan edukatif berupa teka-teki silang, temu kata, puzzle, dan ular tangga. Adapun isi modul memuat integrasi keislaman dengan konsep yang dibahas serta biosupplement. Hasil penelitian menunjukkan persentase tingkat kevalidan materi modul 94,66% valid, kevalidan media (desain) modul 85,83% valid, dan kevalidan integrasi keislaman 86,09% valid. Adapun kepraktisan modul diperoleh rata-rata persentase sebesar 93,4% dengan kategori praktis. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa modul berbasis flip dan pop up full games terintegrasi keislaman pada konsep sistem pertahanan tubuh dinyatakan valid dan praktis serta layak digunakan di lapangan.

Keywords


modul, sistem pertahanan tubuh

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 306 times | PDF view : 231 times

References


Alfiriani, Adlia & Ellbert Hutabri. 2017. Kepraktisan dan Keefektifan Modul Pembelajaran Bilingual Berbasis Komputer. Jurnal Kependidikan 1 (1).

Aribowo. 2017. Media Pembelajaran DIY: Membuat Flash Card dan Teka Teki Silang Mandiri. INA-Rxiv.

Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Dewi, Eka P., et al. 2017. Efektivitas Modul dengan ModelInkuiri untuk Menumbuhkan Keterampilan Proses Sains Siswa pada Materi Kalor. Tadris: Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah 2(2).

Fatimah, D. D. S, Dewi T. & Cecep S. M. 2017. Perancangan Game Puzzle untuk Pembelajaran Menggunakan Metodologi Multimedia. Jurnal Algoritma Sekolah Tinggi Teknologi Garut 14 (2).

Irwandani, Latifah S., Asyhary, A. Muzannur & Widyanti. 2017. ModulDigital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13: Pengembangan pada Materi Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni (6)2.

Lasmiyati., Harta, Idris. 2014. Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika 9(2).

Mc Cawley, Paul. 2004. Methods for Conducting an Educational Needs Assessment. Moscow: Univercity of Idaho.

Marti, Syamswisna dan Panjaitan, G.P. 2014. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Heads Together) Dengan Media Visual Terhadap Hasil Belajar Peserta didik Padamateri Organisasi Kehidupan Di Kelas Vii Smp Rehoboth. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA 5(2).

Mawarni, Putri., Mawardi, dan Martunis Yahya. 2020. Penggunaan Media Permainan Ular Tangga Terhadap Motivasi Belajar Sejarah Siswa Kelas XI IPS 1 MAN 2 Banda Aceh. Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa (JIM): Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah 5(1).

Nisrokhah. 2016. Pengembangan Modul Mata Kuliah Sejarah Pendidikan Islam di Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Pemalahn. Jurnal Teknologi Pendidikan (18)1.

Prastowo, Andi. 2015. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Rahmatin, Nutia., Dkk. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran Bangun Ruang Dengan Metode CPS pada Siswa Kelas VIII SMP. JTAM 3 (1).

Suhartini, Ninik., Meini Sondang S. & Nurmida C. S. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran IPS Berorientasi Student Center Learning dalam Blended Learning Kelas VII SMP NEGERI 4 Surabaya. Jurnal Education and Development 7(3).

Sugiono.2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D Cetakan Ke-26. Bandung: ALFABETA cv.

Tjiptiany, Endang Novita., Abdur Rahman As’ari, & Makbul Muksar. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Inkuiri untuk Membantu Siswa SMA Kelas X dalam Memahami Materi Peluang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan 1 (10).

Wathoni, Lalu Muhammad Nurul. 2018. Integrasi Pendidikan Islam dalam Sains: Rekonstruksi Paradigma Pendidikan Islam. Ponorogo: CV Uwais Inspirasi Indonesia.




DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v1i1.2779

Article Metrics

Abstract view : 306 times
PDF - 231 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 maharani nida ervina, Nanik Lestariningsih, Nanik Lestariningsih, Ayatussa'adah Ayatussa'adah, Ayatussa'adah Ayatussa'adah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





Journal Management Address Map:


Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan,
ISSN 2775-6580 (online-electronics), 2776-7531 (print)
2021-2022 IAIN Palangka Raya