Penerapan Model Guided Inquiry Berbantukan Program One Day One Diary For Science Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa Materi Suhu Dan Kalor

Authors

  • Wiwit Susanty IAIN Palangka Raya
  • Suhartono Suhartono IAIN Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.23971/jpsp.v1i1.2782

Keywords:

model guided inquiry, program one day one diary for Science, hasil belajar kognitif, psikomotorik dan aktivitas belajar siswa

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan dalam kemampuan hasil belajar siswa ranah kognitif dan psikomotorik dan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran guided inqury berbantukan program one day one diary for science. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Experiment dengan model matching pretest-posttest comparation group design dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah hasil belajar psikomotorik, hasil belajar kognitif siswa, aktivitas belajar siswa, dan lembar pengelolaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada kemampuan hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa yang cukup sigifikan. Hasil berikutnya menunjukkan

References

Arikunto S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta:Bumi Aksara.

Herlianti PS, Linuwih S, Dwijananti P. 2015. Independent Learning Strategy Of Natural Science With One Day One Diary For Science Program. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(2); 148-155.

Jufri AW. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains, Bandung : Pustaka Reka Cipta.

Sanjaya W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2021-04-29

Issue

Section

Article
Abstract viewed: 267 times
PDF downloaded: 220 times