Penerapan Model Guided Inquiry Berbantukan Program One Day One Diary For Science Terhadap Hasil Belajar Dan Aktivitas Belajar Siswa Materi Suhu Dan Kalor
DOI:
https://doi.org/10.23971/jpsp.v1i1.2782Keywords:
model guided inquiry, program one day one diary for Science, hasil belajar kognitif, psikomotorik dan aktivitas belajar siswaAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk untuk mengetahui adanya perbedaan yang signifikan dalam kemampuan hasil belajar siswa ranah kognitif dan psikomotorik dan aktivitas belajar siswa menggunakan model pembelajaran guided inqury berbantukan program one day one diary for science. Penelitian ini menggunakan metode Quasy Experiment dengan model matching pretest-posttest comparation group design dengan pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Instrumen yang digunakan adalah hasil belajar psikomotorik, hasil belajar kognitif siswa, aktivitas belajar siswa, dan lembar pengelolaan pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pada kemampuan hasil belajar kognitif dan psikomotorik siswa yang cukup sigifikan. Hasil berikutnya menunjukkanReferences
Arikunto S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta:Bumi Aksara.
Herlianti PS, Linuwih S, Dwijananti P. 2015. Independent Learning Strategy Of Natural Science With One Day One Diary For Science Program. Jurnal Pendidikan Fisika, 11(2); 148-155.
Jufri AW. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains, Bandung : Pustaka Reka Cipta.
Sanjaya W. 2006. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Sukardi. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons - Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate permission for non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).