Pengembangan Penuntun Praktikum Biokimia Terintegrasi Nilai Islam

Dedy Idamansyah, Mukhlis Rohmadi, Ayatusa'adah Ayatusa'adah

Abstract


Belum tersedianya penuntun praktikum yang terintegrasi Islam pada mata kuliah praktikum Biokimia menyebabkan mahasiswa kesulitan dalam mengintegrasikan nilai Islam pada materi yang berkaitan dengan topik praktikum Biokimia sehingga diperlukan pengembangan bahan ajar. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui proses pengembangan penuntun praktikum melalui tahapan untuk menguji kepraktisan, dan kevalidan penuntun praktikum yang dikembangkan. Penelitian ini merupakan penelitian R&D (Reseacrh and Development) menggunakan desain ADDIE. Metode penelitian menggunakan metode penelitian ini untuk menghasilkan suatu produk tertentu, dan menguji kepraktisan produk tersebut. Uji produk dilakukan dengan uji skala kecil. Instrumen penelitian menggunakan angket validitas ahli, angket respon mahasiswa, angket observasi keterlaksanaan. Hasil penelitian mendapatkan nilai validasi ahli media memperoleh persentase 82,01% dengan kriteria sangat valid, validasi ahli integrasi memperoleh persentase 83,33% dengan kriteria sangat valid dan validasi ahli materi memperoleh persentase 75,72% dengan kriteria valid. Untuk nilai kepraktisan memperoleh rata-rata 3,48 dengan persentase 87,18 memiliki kriteria sangat baik sedangkan keterlaksanaannya memperoleh persentase 81,81% dengan kriteria berhasil. Berdasarkan perolehan hasil penelitian maka produk berupa penuntun praktikum terintegrasi keislaman mata kuliah Biokimia dapat dikatakan valid dan praktis serta dapat digunakan sebagai media pembelajaran mata kuliah praktikum Biokimia.


Keywords


Penuntun Praktikum; Integrasi Islam; Biokimia

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 255 times | PDF view : 237 times

References


Abraham I., dan Millar R. 2008. Study of The Effectiveness of Practical Work as a teaching And Learning Method In School Science. International Journal Of Science Education, 30 (14): 1945-1969.

Akbar, Sa’dun. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosda Karja.

Amri, E., dan Mamboya, F. 2012. Papain, a Plant Enzyme of Biological Importance: A Review. American Journal of Biochemistry and Biotechnology, 8(2): 99-104.

Angko, Nancy dan Mustaji. 2013. Pengembangan Bahan Ajar dengan Model ADDIE untuk mata pelajaran Matematika Kelas 5 SDS Mawar Sharon Surabaya. Jurnal Kwangsan. Vol. 1. No.1

Arianti W., Qaddafi M., & Zulkarnaim Z. 2017. Pengembangan Penuntun Praktikum Kimia Dasar untuk Mahasiswa Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Alauddin Makassar. Jurnal Biotek, 5(2): 53-73.

Arifah I., Maftukhin A., & Fatmaryanti SD. 2014. Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Berbasis Guided Inquiry untuk Mengoptimalkan Hands On Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo Tahun Akademik 2013/2014. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 5(1): 24-28.

Azizah R. 2018. Pengembangan modul fisika materi listrik statis, listrik dinamis, dan kemagnetan kelas IX SMP/MTS berbasis integrasi sains dan Islam (Doctoral dissertation, UIN Walisongo Semarang).

Barokati N, & Annas F. 2013. Pengembangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning pada Mata Kuliah Pemrograman. Lamongan : UNISDA Lamongan.

Bhardwaj K., Raju A., dasn Rajaseharan R. 2001. Identifikasi, purification, and characterization of a thermally stable lipase from Rice bran. A New member of the (Phospho) Lipase Family, Plant Physiology, 127: 1728-1738.

Branch, Robert Maribe, 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach London Springer.

Ditjen Dikti.2014. Buku Panduan Kurikulum Pendidikan Tinggi Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Ditjen Pembelajaran dan Mahasiswa. 2016. Buku Panduan Perguruan Kurikulum Pendidikan Tinggi. Jakarta: Kementerian Riset dan Teknologi dan Pendidikan Tinggi.

Ertikanto C. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogjakarta: Media Akademi

Fitriyati U, Mufti N, & Lestari U. 2015. Pengembangan Modul Berbasis Riset Pada Matakuliah Bioteknologi. Jurnal Pendidikan Sains, 3 (3): 118-129.

Ginanjar A. 2010. Pengembangan Media Pembelajaran Modul Interaktif Mata Kuliah Pemindahan Tanah Mekanik (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Gustafson B, Maribe R. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach London Springer.

Hernawan, Asep H, Hj Permasih, & Laksmi D. 2012. Pengembangan Bahan Ajar. Bandung : Direktorat UPI.

Indrawati, R. 2009. Pembelajaran Remedi Menggunakan Modul dan Animasi pada Materi Kesetimbangan Kimia Ditinjau dari Tingkat Kesulitan Belajar Siswa (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Murniati M., & Muslim M. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Mekanika Berdasarkan Analisis Kompetensi. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK), 1(2): 67-73.

Musdalifah, dkk, 2019. Pengembangan penuntun praktikum Biologi terintegrasi nilai-nilai Islam di MAN 1 Makassar.

Nasution. 2011. Metode Research. Jakarta: Bumi Aksara.

Nuryadi, N. 2019. Pengembangan Media Matematika Mobile Learning Berbasis Android ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal pendidikan surya edukasi (JPSE), 5 (1): 1-13.

Parmin, 2013. Pengembangan Buku Praktikum IPA Terpadu Tema Mikroskop Berbasis Inkuiri Terbimbing Bermuatan Karakter. Skripsi, Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Peraturan Direktur Jenderal Nomor 2500. 2018. Standar Kompetensi Lulusan dan Capaian Pembelajaran Program Studi Jenjang Sarjana pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam dan Fakultas Agama Islam pada Perguruan Tinggi. Jakarta.

Prawiradilaga DS. 2019. Prinsip Disain Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Rahdiyanta D. 2016. Teknik Penyusunan Modul. Artikel. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta Press.

Samantha Tiara Putri dkk, 2019. Pengembangan buku penuntun praktikum sistem pernapasan manusia dengan model Argument-Driven Inquiry (ADI). Jurnal Bioterdidik, vol 1 (1).

Setiyadi MW. 2017. Pengembangan modul pembelajaran biologi berbasis pendekatan saintifik untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 102-112.

Sholihah, Khalifah. 2013. Pengembangan Petunjuk Praktikum IPA Terpadu Berbasis Pendidikan Karakter untuk Pembelajaran IPA Bertema Perjalanan Makanan pada Tumbuhan. Semarang

Sinaga, Emawati. 2012. Buku Biokimia. Jakarta: PT. ISFI Penerbitan.

Sink, Darryl L. 2014. Design Model and Learning Theories for Adults. American Society for Training and Development.

Somayasa, Wayan, Nyoman Natajaya dan Made Candiasa. 2013. Pengembangan Modul Matematika Realistik Disertai Asesmen Otentik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X Di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal: e-journal Volume 3.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sunantri A, Suyatna A, & Rosidin. 2016. Pengembangan Modul Pembelajaran Menggunakan Learning Content Development System Materi Usaha dan Energi. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4 (1).

Sunarti. 2018. Pengembangan buku petunjuk praktikum berbasis inquiri dilengkapi word square berintegrasi sains dan Islam pada materi keanekaragaman hayati di MA attanwir.

Sungkono S. 2009. Pengembangan dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pembelajaran, 5 (1).

Tegeh IM, Kirna IM. 2010. Metode Penelitian Pengembangan. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Trisnaa S., & Rahmi A. 2016. Validitas Modul Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry pada Materi Fluida di STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2 (1): 9-14.

Varadela IA. 2016. Pengaruh Metode Praktikum Berbasis Inkuiri Terbimbing Berbantuan Lembar Kerja Praktikum Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa SMA. Skripsi, Semarang: Universitas Negeri Semarang.




DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i2.2828

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dedy Idamansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.