Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbantukan Program Adobe Flash Terhadap Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Materi Getaran Dan Gelombang

Riswanto Riswanto, Sri Fatmawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, hasil belajar siswa, dan aktivitas siswa setelah dilaksanakan model Problem Based Learning  (PBL) berbantukan Program Adobe flash pada Materi Pokok getaran dan gelombang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan memecahkan masalah, tes hasil belajar kognitif siswa, lembar pengamatan aktivitas siswa.  Populasi penelitian adalah kelas VIII semester 2 MTs Islamiyah  Palangka Raya, sampel penelitian adalah kelas VIII-D berjumlah 21 orang. Berdasarkan analisis hasil tes kemampuan siswa dalam memecahkan masalah didapatkan nilai rata-rata pretest 18,42 dan nilai rata-rata posttest sebesar 53,79.  Berdasarkan analisis gain dan N-gain menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam memecahkan masalah mengalami peningkatan setelah dilaksanakan model Problem Based Learning  (PBL) berbantukan Program Adobe flash didapatkan nilai sebesar 0,43 dengan kategori sedang. Berdasarkan analisis tes hasil belajar kognitif siswa  didapatkan nilai rata-rata pretest 39,12 dan nilai rata-rata posttest sebesar 78,57. Berdasarkan analisis menggunakan rumus ketuntasan belajar secara individual dan klasikal didapatkan ketuntasan siswa secara individual sebesar 76% tuntas dan 24% tidak tuntas dan secara klasikal dikatakan tuntas, berdasarkan analisis gain dan N-gain menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif siswa mengalami peningkatan setelah di  dilaksanakan model Problem Based Learning  (PBL) berbantukan Program Adobe flash termasuk dalam kategori sedang dengan nilai sebesar 0,65. Aktivitas siswa pada pembelajaran fisika secara keseluruhan dengan model Problem Based Learning  (PBL) berbantukan Program Adobe flash termasuk dalam kategori sangat baik dengan persentase nilai rata-rata sebesar 85,73 % .


Keywords


Model Problem Based Learning, Adobe flash, Kemampuan Memecahkan Masalah, getaran dan gelombang.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 296 times | PDF view : 249 times

References


Annovasho J & Budiningarti H. 2014. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Peminatan MIPA pada Pelajaran Fisika Materi Fluida Statik di SMA Negeri 1 Baureno Bojonegoro. Inovasi Pendidikan Fisika, 3(3): 20-26.

Trianto. 2010. Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Bumi Aksara.

Nurlaila N, Suparmi S, Sunarno W. 2013. Pembelajaran Fisika dengan PBL Menggunakan Problem Solving dan Problem Posing ditinjau dari Kreativitas dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Inkuiri, 2(2): 114-123

Setiawan GC. 2012. Penerapan Model Pembalajaran Problem Based Learning (PBL) disertai media computer macromedia flash. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(2), 245-250

Yamin. 2008. Paradigma Pendidikan Konstruktivistik, Jakarta: Gaung Persada Press.

Juniarti E, Medriati R, Hamdani D. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa Pada Materi Fluida di Kelas XI IPA2 SMA Negeri 5 Kota Bengkulu. Skripsi. Universitas Bengkulu.




DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v1i1.2831

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Riswanto Riswanto, Sri Fatmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.