Pengembangan E-Book 3D Berbasis Aplikasi 3D Pageflip

Lastri Indriana, Mukhlis Rohmadi

Abstract


Penelitian ini bertolak dari belum tersedianya bahan ajar yang terintegrasi Keislaman dan berbasis 3D PageFlip. Hasil analisis kebutuhan 100% peserta didik setuju jika e-Book 3D berbasis aplikasi 3D PageFlip materi sistem gerak terintegrasi Keislaman dikembangkan. Tujuan penelitian untuk mengembangkan deskripsi e-Book 3D berbasis aplikasi 3D PageFlip, mendeskripsikan kevalidan dan kepraktisan e-Book 3D berbasis aplikasi 3D PageFlip materi sistem gerak terintegrasi Keislaman kelas XI MA Darul Ulum Palangka Raya. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan yaitu ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, dan Evaluation Instrumen yang digunakan adalah angket analisis kebutuhan peserta didik, angket wawancara, angket validasi ahli materi, media dan integrasi Keislaman, angket respon peserta didik, dan angket keterlaksanaan pembelajaran. Data yang diperoleh dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif dari setiap validator, peserta didik, dan observer. E-Book 3D berbasis aplikasi 3D PageFlip materi sistem gerak terintegrasi Keislaman diperoleh hasil yang valid oleh validator ahli materi, ahli media, dan ahli integrasi Keislaman. Kepraktisan e-Book 3D berbasis aplikasi 3D PageFlip materi sistem gerak terintegrasi Keislaman diperoleh hasil yang baik berdasarkan hasil respon peserta didik dan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran. Berdasarkan hasil validasi dan kepraktisan, maka e-Book 3D berbasis aplikasi 3D PageFlip materi sistem gerak terintegrasi Keislaman layak untuk diujicobakan ke skala besar.


Keywords


e-Book 3D; Sistem Gerak; Terintegrasi Keislaman

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 171 times | PDF view : 302 times

References


Azhar, A. 2014. Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo.

Magdalena S, Novianti R. 2018. Pengembangan e-Book Konstektual Berbasis 3D PageFlip pada Materi Invertebrata untuk Siswa SMA Kelas X MIA. Jambi: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Jambi.

Mindayula E. 2017. Pengembangan Bahan Ajar e-Book Berbasis Metagonisi Menggunakan 3D PageFlip Materi Reaksi Redoks di Kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muaro Jambi. Online. http://repository.unja.ac.id/id/eprint/1516.

Rofi’i R, Mulyuno Y, Lestariningsih N, Ayatusa’adah A. 2016. Analisis Kebutuhan Buku Ajar Biologi Madrasah Aliyah (MA) Terintegrasi keislaman di Kalimantan Tengah. Discussion Paper. IAIN Palangka Raya.

Sari DIN. 2019. Internalisasi Nilai-Nilai Pendidikan Agama Islam di SMK Abdi Negara Tuban. Jurnal Studi Islam, 16(1): 45-61.




DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v1i1.2834

Article Metrics

Abstract view : 171 times
PDF - 302 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lastri Indriana, Mukhlis Rohmadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





Journal Management Address Map:


Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan,
ISSN 2775-6580 (online-electronics), 2776-7531 (print)
2021-2022 IAIN Palangka Raya