Pengaruh Model Pembelajaran CIRC Berbantuan Audio Visual Terhadap Keaktifan dan Hasil Belajar Materi Sistem Pernafasan Pada Kelas VIII SMPN 8 Palangka Raya
Abstract
Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh penggunaan
model pembelajaran CIRC berbantuan media audio visual terhadap keaktifan dan hasil belajar
serta untuk megetahui keterterapan model CIRC berbantuan media audio visual terhadap
keaktifan serta hasil belajar di kelas VIII SMPN 8 Palangka Raya.
Penelitian dilaksanakan menggunakan metode kuantitatif dengan design Nonequivalent
Control Group design, karena rancangan ini melibatkan 2 kelompok yaitu: kelompok
eksperimen serta kontrol. Pada kelompok eksperimen diberikan pretest terlebih dahulu,
kemudian diberikan posttest pada akhir pertemuan. Pada kelas kontrol diberikan pretest terlebih
dahulu, kemudian diberikan posttest pada akhir pertemuan. Sampel penelitian ini ialah 65 siswa.
Teknik yang digunakan pada pengumpulan data berupa test dan juga angket. Teknik analisis data
yang digunakan yaitu: analisis instrumen, perhitngan N-Gain, uji persyaratan analisiss data (uji
normalitass dan uji homogeniitas serta uji hipotessis).
Berdasarkan hasil perhitungan data, di dapatkan bahwa adanya pengaruh keaktifan
peserta didik kelas VIII.7 dan VIII.8 SMPN 8 Palangka Raya melalui pembelajaran dengan
model CIRC berbantuan media audio visual dengan skor rata yang di peroleh kelas eksperimen
yaitu 86,99 dengan kategori tinggi dan skor rata yang diperoleh kelas kontrol yaitu 65,52 dengan
kategori sedang. Terdapat pengaruh model CIRC berbantuan media audio visual terhadap hasil
belajar dengan kategori pengujian yaitu nilai Sig. (2- tailed) < 0,05 yaitu0,000<0,05 maka H0 di
tolak dan Ha di terima. Model pembelajaran CIRC berbantuan media audio visual bisa
meningkatkan hasil belajar siswa boleh dilihat dari pengujian N-Gain di dapatkan hasil rata kelas
ekspeimen 0.68 dengan kriteria sedang, untuk kelas kontrol 0,32 dengan kriteria rendah.
Keterterapan model CIRC berbantuan media audio visual terhadap keaktifan dan hasil belajar di
kelas VIII SMPN 8 Palangka Raya, termasuk kategori tinggi dimana skor rata-rata keaktifan
86,99 dan skor rata-rata hasil belajar pada posttest 84,54.
Kata Kunci : keaktifan, hasil belajar, keterterapan
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 168 times | PDF view : 145 timesReferences
Ahmad Sugandi. 2004. Teori
pembelajaran. Semarang: UPT UNNES.
Alwi Hasan, dkk. 2005. Kamus Besar
Bahasa Indonesia. Jakartaa:
Departemen Pendidikan
Nasional Balai Pustaka.
Arikunto, S. 2006. Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT.
Rineka Cipta. Azhar, Arsyad. 2011.
Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persadaa.
Darmawan. 2013. Metode Penelitian
Kuantitatif. Bandung: Remajaa Rosdakarya.
DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v1i2.2901
Article Metrics
Abstract view : 168 timesPDF - 145 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Zahidah Naufal Irbah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
�2021-2022 IAIN Palangka Raya