Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis CTL Materi Ekosistem Pada Peserta Didik Kelas VII MTs

Elvi Dewi Minawati, Ayatussa'adah Ayatussa'adah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis CTL Materi Ekosistem yang memiliki kriteria valid dan praktis sehingga dapat digunakan dalam kegiatan pembelajaran di kelas VII MTs Fathul Jannah Palangka Raya. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang merupakan dari Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian meliputi lembar validasi (ahli materi dan media), angket respon peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Uji coba produk hanya dilakukan pada skala kecil dengan melibatkan 5 orang peserta didik. Hasil penelitian pengembangan ini menunjukkan bahwa LKPD Berbasis CTL Materi Ekosistem layak digunakan untuk uji skala besar setelah dilakukan perhitungan validasi dan kepraktisan. Validasi dari ahli materi sebesar 3.33 dan ahli media 3.45, keduanya masuk kategori sangat valid. Kepraktisan LKPD dilihat melalui angket respon peserta didik dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Skor keseluruhan dari angket respon peserta didik diperoleh hasil sebesar 3.40 sedangkan keterlaksanaan pembelajaran sebesar 4.33, keduanya masuk kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian LKPD yang dikembangkan dinyatakan valid dan praktis pada uji skala kecil.


Keywords


LKPD; CTL; Ekosistem

Full Text:

PDF PDF

Article Metrics

Abstract view : 297 times | PDF view : 103 times PDF view : 98 times

References


Astuti Y. 2016. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Kontekstual Sebagai Sumber Belajar Di SMPN 2 Semaka Untuk Kelas VII Pokok Bahasan Segiempat. Lampung: Institut Agama Islam Negeri Raden Intan.

Desmiwati R., Ratnawulan R., & Yulkifli Y. 2017. Validitas Lkpd Fisika Sma Menggunakan Model Problem Based Learningberbasis Teknologi Digital. Jurnal Eksakta Pendidikan: Validitas Lkpd Fisika Sma Menggunakan Model Problem Based Learningberbasis Teknologi Digital, 1(1): 33-38.

Fatmawati A. 2016. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Konsep Pencemaran Lingkungan Menggunakan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Untuk SMA Kelas X. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 4(2).

Fitria E., Buyung B., & Aisyah A. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Siswa Kelas X MIA SMAN 9 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1): 7-13.

Istikharah R., & Simatupang Z. 2017. Pengembangan lembar kegiatan peserta didik (lkpd) kelas x sma/ma pada materi pokok protista berbasis pendekatan ilmiah. Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 12(1).

Kasmawati K., Latuconsina NK., & Abrar AIP. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2): 70-75.

Komalasari MD., & Pardjono P. 2015. Pengembangan Lkpd Terintegrasi Nilai Karakter Untuk Mengembangkan Tanggung Jawab, Disiplin, Dan Prestasi Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, (1).

Lestari A., Amelia E., & Marianingsih P. 2017. Pengembangan lembar kerja siswa berbasis ctl (contextual teaching and learning) sebagai bahan ajar siswa sma/ma kelas xii subkonsep kultur in vitro. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(1): 32-44.

Lestari DY. 2017. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Contextual Teaching And Learning (CTL) pada Materi Perubahan Lingkungan. BioEdu, 6 (3).

Majid A. 2012. Perencanaan Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Marsa M., Hala Y., & Taiyeb AM. 2016. Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Pendekatan Ilmiah Terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VII Peserta Didik SMP Negeri 2 Watampone. Sainsmat: Jurnal Ilmiah Ilmu Pengetahuan Alam, 5(1).

Mauke M, Sadia IW, & Suastra W. 2013. Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran IPA-Fisika di MTs Negeri Negara. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 3(1).

Munandar H., Yusrizal, Y., & Mustanir, M. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berorientasi Nilai Islami Pada Materi Hidrolisis Garam. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 3(1): 27-37.

Nieveen N. 2013. Formative Evaluation in Educational Design Research, In T. Plom & N. Nieveen (Eds.), An Introduction to Educational Design Research. Netherlands: Netzodruk, Enschede. Retrieved from www.slo.nl/organisatie/international/publications.

Pawana MG. Suharsono N., dan Kirna IM. 2014. Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Proyek Dengan Model ADDIE Pada Materi Pemrograman WEB Siswa Kelas X Semester Genap di SMK Negeri 3 Singaraja. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia Vol. 4(1): 1- 10.

Pratama RA. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Pada Materi Kalor untuk Melatih Pemahaman Konsep Peserta Didik (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Pratama RA & Saregar A. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding Untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1): 84-97.

Sanjaya, Wina. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Sari E., Syamsurizal, S., & Asrial, A. 2016. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Karakter Pada Mata Pelajaran Kimia SMA. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Jember, 5(2): 59642.

Setyawan A., & Leonard L. 2017. Pengaruh model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar matematika. repository.

Sudjana. 2011. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.

Sugiyanto Y., Hasibuan MHE, & Anggereni E. 2018. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Kontekstual Pada Materi Ekosistem Kelas VII SMPN Tanjung Jabung Timur The Development of Contextual Based Student Worksheet (LKPD) in the Material of Class VII Ecosystem, SMP Tanjung Jabung Timur.

Syabani P., Darmawati, & Febrita E. 2018. Development Of Students Worksheet Based On Contracttivism Approach To Material Changes And Conservation Of Living Environment For Learning Biology Tenth Grade Senior High School. Jurnal Online Mahasiswa, 5(1).

Tegeh IM, dan Kirna IM. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Metode Penelitian Pendidikan dengan ADDIE Model. Jurnal Ika Vol. 11(1): 12- 26

Trianto. 2010. Mendesign Model Pembelajaran Inovativ-Progresif (Konsep, Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Jakarta: Kencana.

Yulia & Gusniarti. 2019. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Pada Materi Himpunan Kelas VII SMPN 2 Kubung. Math Educa Journal, 3(2), 156-168.




DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i1.2931

Article Metrics

Abstract view : 297 times
PDF - 103 times PDF - 98 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Elvi Dewi Minawati, Ayatussa'adah Ayatussa'adah, Nurul Septiana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





Journal Management Address Map:


Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan,
ISSN 2775-6580 (online-electronics), 2776-7531 (print)
©
2021-2022 IAIN Palangka Raya