Penerapan Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Besaran Dan Satuan MTs Muslimat NU Palangka Raya
Abstract
Penelitian ini bertolak dari sebagian siswa yang menganggap bahwa pelajaran IPA fisika merupakan pelajaran yang sulit dan membosankan membuat motivasi dan hasil belajarnya cenderung rendah. Pemilihan model pembelajaran discovery learning dirasa sangat tepat untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa saat proses pembelajaran. Sehingga mampu menunjang hasil belajar dan kemampuan dalam menemukan sendiri konsepnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan motivasi belajar siswa sebelum dan sesudah penerapan model discovery learning pada materi besaran dan satuan. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif pra eksperimental dengan desain One Group Pretest-Posttest design. Pengambilan sampelmenggunakan pupossive sampling, sampel yang dipilih yaitu kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Muslimat NU Palangka Raya. Instrumen yang digunakan adalah tes hasil belajar, dan lembar angket motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan yang signifikan motivasi belajar siswa sebelum dan setelah penerapan model discovery learning dengan taraf signifikansi 0,000 < 0,05.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 432 times | PDF view : 258 timesReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Brumer, Jerome S. 1999. The Process of Education. London: Harvard University Press. Dalam Dahar, Ratna Wilis. (2011). Teori -Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Dahar R. 2006. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta : Erlangga
Hadiono, Hidayati NA. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-D SMPN 2 Kamal Materi Cahaya. Jurnal Pena
Sains, 3(2), 77-84.
Putri RH, Lesmono AD, Aristya PD. 2017.
Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Man Bondowoso. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(2), 173-
Hamalik O. 2006. Proses Belajar Mengajar, Bandung: Bumi Aksara
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar.
Jakarta: Rineka Cipta
Sardiman. 2005. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada
DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v1i2.3289
Article Metrics
Abstract view : 432 timesPDF - 258 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jasmin Jasmin, Suhartono Suhartono, Muhammad Nasir
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
�2021-2022 IAIN Palangka Raya