Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Materi Sistem Gerak
DOI:
https://doi.org/10.23971/jpsp.v1i2.3314Keywords:
aktivitas belajar, audio-visual, hasil belajar, sistem gerakAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penigkatan aktivitas belajar siswa dan peningkatan pemahaman siswa pada materi sistem gerak melalui media audio-visual. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus yaitu siklus I, sikuls II, dan siklus III. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII ruang K MTsN 2 Ponorogo dengan jumlah 27 siswa. Aktivitas belajar siswa yang diamati dalam penelitian ini yaitu aktivitas visual, aktivitas berbicara, aktivitas mendengarkan, aktivitas menulis, aktivitas mental, dan aktivitas emosi.References
Almainah, Ulva R, Hader AE. 2021. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SDN 06 Sitiung Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya Dan Gerak. INNOVATIVE. 1(2): 55-60.
Anggraini, IA. 2015. Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa pada Konsep Sistem Organisasi Kehidupan. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.
Azhar A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Devi C, Utari TSG, Nurkanti M. 2018. Penggunaan media pembelajaran MIVI (Media Interaktif Visual) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada topik sistem gerak manusia. JURNAL BIOEDUKATIKA. 6(1): 1
Marliah, Y. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPA Bagi Siswa Kelas VI Dengan Menggunakan Media Audio Visual (VCD Pembelajaran) SD Negeri Panyingkiran Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Edukasi, 4(4): 413-418.
Mukarromah N dan Julianto. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Media Audio-visual Pada Pembelajaran IPA. JGPSD. 2(3): 1-4.
Purwono J, Yutmini S, Anitah, S. 2014. Penggunaan Media Audio-visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2): 127-144.
Riswanto dan Fatmawati S. 2021. Penerapan Model Problem Based Learning(PBL)BerbantukanProgramAdobe Flash Terhadap Kemampuan SiswaMemecahkan Masalah Materi Getaran Dan Gelombang. Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan. 1(1): 26-32
Romi. 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Media Audio-visual Kelas VIII SMP Segedong Bengkayang. Skripsi. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, Pontianak.
Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Akasara.
Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.
Yulius T. 2014. Penggunaan media audiovisual pada materi sistem gerak pada manusia dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIIIB SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Skripsi. Universitas Santha Dharma, Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons - Attribution 4.0 International (CC BY 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate permission for non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).