Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Audio Visual Pada Materi Sistem Gerak

Hayati Mukaromah

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penigkatan aktivitas belajar siswa dan peningkatan pemahaman siswa pada materi sistem gerak melalui media audio-visual. Rancangan penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam tiga siklus yaitu siklus I, sikuls II, dan siklus III. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII ruang K MTsN 2 Ponorogo dengan jumlah 27 siswa. Aktivitas belajar siswa yang diamati dalam penelitian ini yaitu aktivitas visual, aktivitas berbicara, aktivitas mendengarkan, aktivitas menulis, aktivitas mental, dan aktivitas emosi.  Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi kegiatan siswa dan soal tes tertulis. Analisis data aktivitas siswa dilakukan melalui analisis deskriptif, sedangkan data hasil belajar siswa dianalisis menggunakan aplikasi anates. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menggunakan media audio-visual dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari siklus I hingga siklus III, yaitu  pada siklus I 56,58%, siklus II 58,9% dan siklus III 65,32%.  Hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan ditunjukkan dengan meningkatnya jumlah siswa yang memperoleh nilai tuntas. Pada siklus I, terdapat 15 siswa memperoleh nilai tuntas, pada siklus II terdapat 21 siswa memperoleh nilai tuntas,dan pada siklus III terdapat 25 siswa yang memperoleh nilai tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual pada materi sistem gerak dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa.


Keywords


aktivitas belajar; audio-visual; hasil belajar; sistem gerak

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 271 times | PDF view : 216 times

References


Almainah, Ulva R, Hader AE. 2021. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas IV SDN 06 Sitiung Pada Mata Pelajaran IPA Materi Gaya Dan Gerak. INNOVATIVE. 1(2): 55-60.

Anggraini, IA. 2015. Pengaruh Media Audio Visual terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa pada Konsep Sistem Organisasi Kehidupan. Skripsi. Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah.

Azhar A. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Devi C, Utari TSG, Nurkanti M. 2018. Penggunaan media pembelajaran MIVI (Media Interaktif Visual) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada topik sistem gerak manusia. JURNAL BIOEDUKATIKA. 6(1): 1 – 7.

Marliah, Y. 2016. Peningkatan Hasil Belajar IPA Bagi Siswa Kelas VI Dengan Menggunakan Media Audio Visual (VCD Pembelajaran) SD Negeri Panyingkiran Kota Tasikmalaya Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Edukasi, 4(4): 413-418.

Mukarromah N dan Julianto. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menerapkan Media Audio-visual Pada Pembelajaran IPA. JGPSD. 2(3): 1-4.

Purwono J, Yutmini S, Anitah, S. 2014. Penggunaan Media Audio-visual pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Menengah Pertama Negeri Pacitan. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 2(2): 127-144.

Riswanto dan Fatmawati S. 2021. Penerapan Model Problem Based Learning(PBL)BerbantukanProgramAdobe Flash Terhadap Kemampuan SiswaMemecahkan Masalah Materi Getaran Dan Gelombang. Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan. 1(1): 26-32

Romi. 2012. Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Media Audio-visual Kelas VIII SMP Segedong Bengkayang. Skripsi. Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura, Pontianak.

Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Akasara.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Yulius T. 2014. Penggunaan media audiovisual pada materi sistem gerak pada manusia dalam meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas VIIIB SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Yogyakarta. Skripsi. Universitas Santha Dharma, Yogyakarta.




DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v1i2.3314

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Hayati Mukaromah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





Journal Management Address Map:


Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan,
ISSN 2775-6580 (online-electronics), 2776-7531 (print)
2021-2022 IAIN Palangka Raya