Penerapan Metode Pembelajaran Bermain Peran pada Materi Sistem Pencernaan untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Peserta Didik

Arif Sulistiyohadi

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan pengaruh penerapan metode pembelajaran bermain peran terhadap aktivitas dan hasil belajar peserta didik MTsN 7 Ngawi. Penelitian ini merupakan penelitian tidakan kelas dengan parameter yang diamati yaitu persentase aktivitas belajar peserta didik dan tingkat ketuntasan yang mengindikasikan hasil belajar peserta didik. Penelitian dilaksanakan di MTsN 7 Ngawi pada peserta didik kelas VIII B sebagai subyek penelitian. Penelitian dilaksanakan dalam tiga siklus pembelajaran. Hasil belajar peserta didik diukur melalui pemberian tes formatif, sedangkan aktivitas belajar peserta didik dinilai menggunakan lembar obserbasi aktivitas siswa. Nilai hasil belajar dianalisi menggunakan rumus persentase ketuntasan peserta didik, sedangkan aktvitas peserta didik dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase peserta didik aktif dalam pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III secara berturut-turut yaitu 60.86%, 73,91%, dan 91,30%.  Hasil belajar peserta didik juga mengalami peningkatan ditunjukkan dengan rata-rata nilai tes formatif yaitu 64,78, 78,26, dan 86,95. Penelitian ini disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran siswa pada materi sistem pencernaan dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik

Keywords


aktivitas belajar; bermain peran; hasil belajar; metode pembelajaran

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 236 times | PDF view : 585 times

References


Suharsimi A, Suhardjono, Supardi. 2015. Penelitian Tindakan Kelas (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Ismail SM. 2009. Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM. Semarang: Rasail Media Group.

Yunus SR, Sudarto, Andrianto R. 2019. Pengaruh Metode Pembelajaran Bermain Peran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 24 Bulukumba (Studi Pada Materi Pokok Pencemaran Lingkungan). Jurnal IPA Terpadu. 3(1): 12-19.

Sinaga FN, Huzaifah S, Santoso LM. 2016. Penerapan Model Bermain Peran Pada Pembelajaran Biologi Materi Kode Genetik Dan Sintesis Protein Di SMA Negeri 1 Indralaya Utara. Jurnal Pembelajaran Biologi. 3(2): 214-222.

Cimer A. 2012. What Makes Biology Learning Difficult and Effective: Students Views. Turkey Educational Research and Review, 7 (3): 61-71.

Roestiyah NK. 2012. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Alfianto AB. 2015. Penerapan Model Bermain Peran Pada Materi Sistem Pernapasan Terrhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Semen Kediri. Skripsi. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Mutia M, Sartiati S, Badariah B. 2021. Pengaruh Penggunaan Metode Bermain Peran dengan Media Flashcard terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X Madrasah Aliyah Negeri Laboratorium Kota Jambi. Skripsi. UIN Sultan Thafa Saifuddin.




DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v1i2.3326

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Arif Sulistiyohadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





Journal Management Address Map:


Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan,
ISSN 2775-6580 (online-electronics), 2776-7531 (print)
2021-2022 IAIN Palangka Raya