Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Pembuatan Clip Video untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan
Abstract
Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penigkatahasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek pembuatan Clip video pada materi struktur dan fungsi tumbuhan. Desain penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas yang dilakukan dalam dua siklus yaitu siklus I dan siklus II. Subyek penerapan model pembelajaran berbasis proyek ini yaitu 24 siswa kelas VIII ruang A di MTs N 2 Ngawi. Hasil belajar siswa dianalisis menggunakan teknik pre test dan post test. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar tes formatif. Nilai tes formatif dianalisis mengguanakan rumus rata-rata dan persentase ketuntasan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis proyek dapat meningkatkan hasil belajar siswa setelah dua siklus pembelajaran. Pada akhir siklus II diperoleh rata-rata nilai siswa yaitu 83,4 yang artinya telah melampaui kriteria ketuntasan minimal. Persentase ketuntasan siswa secara klasikal setelah siklus II mencapai 83,3% yang menunjukkan persentase ketuntasan yang tinggi. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis proyek pembuatan Clip video dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sturktur dan fungsi tumbuhan.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 562 times | PDF view : 331 timesReferences
Haris Mujiman. 2011. Belajar Mandiri. Surakarta: UNS Press
Jagantara IMW, Adnyana PB, Widiyanti NLPM. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa SMA. E-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, 4(2014): 1-13.
Jajuli M. 2019. Pengembangan Video Klip Lagu Sains Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 6(1): 12-20.
Mahanal S, Darmawan E, Corebima AD, Zubaidah S. 2010. Pengaruh Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada Materi Ekosistem terhadap Sikap dan Hasil Belajar Siswa SMAN 2 Malang. Jurnal Bioedukasi, 1(1): 1- 11.
Molenda M, Jamszewki A. 2008. Education Tecnology: A Definition With Commentary. New York: Lawrence Erbaun Associates.
Sudjana N, Rivai A. 2007. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo
Sugiono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Surakarta: Alfabeta
Syam AN. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Di Kelas VIII MTs Madani Alauddin Paopao. Skripsi. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Alauddin Makassar.
Wahab JA. 2009. Pembelajaran Biologi Berbasis Proyek Untuk Mengembangkan Sikap Ilmiah Dan Kesadaran Lingkungan Siswa Sekolah Menengah. Jurnal Pijar MIPA, 4(2).
DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i2.3350
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Mufid Masruroh

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.