Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Struktural Think Pair Share pada Materi Pembentukan Bayangan Benda pada Lensa Cembung

Audi Wibowo

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peningkatkan aktivitas dan prestasi belajar siswa pada materi pembentukan bayangan benda pada lensa cembung pada mata pelajaran IPA Terpadu setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif metode struktural think pair share. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek penelelitian ini adalah siswa Kelas VIII D MTsN 9 Ngawi sebanyak 32 siswa. Secara garis besar terdapat 4 (empat) tahapan yang akan dilaksanakan pada penelitian tindakan kelas ini, yaitu meliputi: tahap (1) perencanaan (planning), (2) pelaksanaan (acting), (3) pengamatan (observating), dan (4) refleksi (reflecting). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas siswa dan tes tertulis. Data penelitian dianalisis menggunakan rumus persentase keaktivan siswa dan persentase ketuntasan belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa terlihat pada kenaikan persentase ketuntasan belajar siswa dari siklus I sebesar 60,61% meningkat pada siklus II menjasi sebesar 81,82%. Peningkatan prestasi belajar siswa juga terlihat pada nilai rata-rata hasil belajar siswa dari sebesar 66,00 pada siklus I meningkat menjadi 70,00 pada siklus II. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif metode struktural think pair share dapat meningkatkan pemahaman siswa Kelas VIII D MTsN 9 Ngawi pada mata pelajaran IPA Terpadu khususnya materi tentang pembentukan bayangan benda pada lensa cembung yang ditandai dengan peningkatan hasil belajar siswa.


Keywords


aktivitas siswa, hasil belajar; kooperatif; struktural think pair share

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 421 times | PDF view : 388 times

References


Andayani S, Lumowa SVT, Boleng DT. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dan Talking Stick Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Kognitif Ipa Biologi Siswa Kelas VII SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, & Pengembangan, 1(11): 2200 -2204.

Budiati A. 2018. Efektivitas Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di MTs N Gondowulung. Jurnal Pendidikan Madrasah, 3(1): 65-76.

Fariska C. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share disertai LKS Dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 2(2): 45-53.

Irwansyah M, Mahardika IK, Supriadi B. 2016. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Disertai Metode Praktikum Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas XI IPA 3 MAN 1 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 4(4): 372 -376.

Kurniasih D. 2018. Peningkatan minat dan hasil belajar IPA melalui model pembelajaran think pair share. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA, 5(1): 7-11.

Mufidah L. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswapada Bahasan Matriks. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1): 117-125.

Suharsimi. 2009. Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta: Bumi Akasara

Surraya L, Subagia IW, Tika IN. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1): 1-11.

Trianto. 2013. Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan. Jakarta: Kencana

Yuwono S. 2016. Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Kerja Kelompok Di SD kalilembu Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Penelitian Bahasa Indonesia, 2(11): 34-35.




DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v1i2.3357

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Audi Wibowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





Journal Management Address Map:


Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan,
ISSN 2775-6580 (online-electronics), 2776-7531 (print)
2021-2022 IAIN Palangka Raya