Pengembangan Media Video Pembelajaran Materi Persamaan Linear Satu Variabel Dengan Kinemaster Pro

Fera Yuliana Subekti

Abstract


Pada pembelajaran daring saat ini, dibutuhkan media pembelajaran yang dapat meningkatkan minat belajar dan pemahaman peserta didik. Tujuan penelitian ini mengembangkan media video pembelajaran dengan aplikasi kinemaster pro pada materi persamaan linear satu variabel yang layak digunakan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model ADDIE yang dilaksanakan pada semester Genap Tahun Pelajaran 2020/2021 di SMP Negeri 03 Yogyakarta, dengan mengambil uji coba kelas kecil sebanyak lima peserta didik dan uji coba kelas besar seluruh peserta didik kelas VIIF. Data diperoleh dengan menyebarkan angket ke ahli materi dan media untuk mengetahui kevalidan dan angket respon peserta didik untuk mengetahui kepraktisan dari video yang dikembangkan, dan hasilnya dianalisis secara kualitatif. Hasil rata – rata penilaian dari ahli materi sebesar  4,3 dengan kategori sangat baik, dari ahli media sebesar  3,96 dengan kategori baik. Respon peserta didik pada uji coba kelas kecil diperoleh rata-rata 3,12 dan pada uji coba kelas besar diperoleh rata-rata 3,20 dengan kategori baik. Dari penilain ahli materi, ahli media  dan respon peserta didik dengan kategori minimal baik, maka pengembangan video pembelajaran materi PLSV dengan aplikasi kinemaster pro layak digunakan.


Keywords


kinemaster pro; media pembelajaran; PLSV; video

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 548 times | PDF view : 374 times

References


Hamid A, Ramadhani R., Masrul M., Juliana J., Safitri M., Munsarif. 2020. Media Pembelajaran. Yayasan Kita Menulis.

Aditya PT. 2018. Pengembangan media pembelajaran matematika berbasis web pada materi lingkaran bagi siswa kelas VIII. Jurnal Matematika. Statistika dan Komputasi. 15(1): 64-74.

Andriyani A., & Buliali JL. 2021. Pengembangan media pembelajaran lingkaran menggunakan augmented reality berbasis android bagi siswa tunarungu. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2): 170-185.

Apriadi H. 2021. Video Animasi Matematika Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika. 5(1): 173-187.

Charissudin A., Farida F., & Putra RWY. 2021. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika dengan Animasi Menggunakan Aplikasi Swishmax. Square: Journal of Mathematics and Mathematics Education. 3(1): 10-19.

Handarini O & Wulandari Y. 2020. Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP). 8(3): 496-503.

Heriyadi H, Prahmana RCI. 2020. Pengembangan lembar kegiatan siswa menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika. 9(2): 395-412.

Ma'ruufah MA, Gestiardi R, & Chumdari M. 2021. Pemanfaatan Teknologi Dalam Pembelajaran Daring Era Covid-19 Pada Peserta Didik Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Nalar Pendidikan, 9(1): 36-42.

Mulyatiningsih E. 2014. Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Novita MD, Muchlis EE, Yensi NA. 2018. Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) Pada Materi Segitiga untuk Siswa Kelas VII SMPN 1 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah. 2(01).

Nuritha C & Tsurayya A. 2021. Pengembangan video pembelajaran berbantuan geogebra untuk meningkatkan kemandirian belajar siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1): 48-64.

Riayah S, Fakhriyana D. 2021. Optimalisasi Pembelajaran dalam Jaringan (Daring) dengan Media Pembelajaran Video Interaktif Terhadap Pemahaman Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus). 4(1): 19-30.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2012. Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: Pedagogia.

Sumargiyani S., Susandi AD, Ainurrahman, MA, & Nafi'ah B. 2021. Pengembangan Video Pembelajaran Kalkulus Untuk Memahamkan Konsep. Jurnal Turunan: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika , 8(2): 129-139.

Suryani N., Setiawan A., & Putria, A. 2018. Media Pembelajaran Inovatif dan Pengembangannya. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Susanti S, Nurfitriyanti M. 2018. Pengaruh Model Realistic Mathematics Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika). 3(2): 130-136.

Syarifudin AS. 2020. Implementasi Pembelajaran Daring Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing. METALINGUA. 32.

Yudela S, Putra A, Laswadi L. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis YouTube Pada Materi Perbandingan Trigonometri. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. 2(6): 526-539.

Yuliana Y. 2020. Corona virus diseases (Covid-19): Sebuah tinjauan literatur. Wellness And Healthy Magazine. 2(1): 187-192.




DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i1.3448

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 fera yuliana subekti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





Journal Management Address Map:


Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan,
ISSN 2775-6580 (online-electronics), 2776-7531 (print)
2021-2022 IAIN Palangka Raya