Penggunaan GCA dan PBL untuk Meningkatkan Hasil Belajar serta Partisipasi Siswa pada Materi Limit Fungsi
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui, seberapa besar peningkatan hasil belajar, dan bagaimana perubahan perilaku partisipatif siswa melalui penggunaan Giesoft Cloud Assessment (GCA) dan Problem Based Learning (PBL) pada pada materi limit fungsi bagi siswa kelas XI IPA 3 semester 2 tahun pelajaran 2016. Metode penelitian ini adalah PTK. Analisis data menggunakan diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran menggunakan GCA dan PBL dapat diimplementasikan oleh siswa dan guru dengan baik, hasil belajar siswa meningkat, yaitu: persentase ketuntasan belajar matematika pada kondisi awal 37,80% (14 dari 37 siswa), pada siklus I sebesar 59,50% (22 dari 37 siswa), dan pada siklus II sebesar 81,10% (30 dari 37 siswa), perubahan perilaku partisipasi siswa dalam kerja kelompok meningkat, rata rata nilai sikap partisipatif siswa pada kondisi awal sebesar 51, pada siklus I mencapai 63, dan pada siklus II mencapai 74. Proses pembelajaran menggunakan GCA dan PBL dapat diimplementasikan oleh siswa dan guru dengan baik, besar peningkatan hasil belajar terlihat dari peningkatan persentase ketuntasan belajar sebesar 43% (bergerak dari kondisi awal 37.8% menuju siklus II 81,10%), disamping itu terjadi peningkatan perilaku partisipatif siswa saat melaksanakan aktifitas kerja kelompok dan antar kelompok.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 346 times | PDF view : 183 timesReferences
Abdullah NI, Tarmizi RA, & Abu R. 2010. The effects of Problem Based Learning on mathematics performance and affective attributes in learning statistics at form four secondary level. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 8(5): 370–376.
Diantari P, Wiarta W, dan Negara GA. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbasis Hypnoteaching Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan PGSD. 2(1)
Mathew S. 2012. Implementation of Cloud Computing in Education - A Revolution. International Journal of Computer Theory and Engineering, 4(3): 473–475.
Padmavathy RD, & Mareesh K. 2013. Effectiveness of Problem Based Learning In Mathematics. International Multidisciplinary e-Journal, 2(1): 45–51.
Slameto. 2011. Penelitian dan Inovasi Pendidikan. Semarang: Widya Sari Press.
Eismawati E, Koeswanti HD, Radia EH. 2019. Peningkatan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Mercumatika. 3(2): 71-78.
Normala R. 2017. Peningkatan Aktivitas Belajar Matematika Melalui Pendekatan Problem Based Learning Bagi Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 7(3): 241-250.
DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i1.3465
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Sugiarto Sugiarto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.