Analisis Pelaksanaan Program Remedial Dan Pengayaan Di SMAN 1 Kerinci

Kinanti Eka Putri

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan remedial dan pengayaan di SMAN 1 Kerinci. Remedial dan pengayaan ini bermakna untuk sekolah karena untuk membantu siswa/siswi yang kesulitan belajar. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis penilitian yang dipakai yaitu studi kasus yang diperoleh melalui wawancara. Subjek pada penelitian ini siswa di SMAN 1 Kerinci. Sample dalam penelitian ini adalah narasumber dari 2 guru. Intrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dengan 10 pertanyaan . Data kualitatif adalah sumber deskripsi dan penjelasan yang kaya dan beralasan tentang proses manusia. Dengan data kualitatif, seseorang dapat mempertahankan alur kronologis, melihat peristiwa mana yang menyebabkan konsekuensi mana, dan memperoleh penjelasan yang bermanfaat. Data dikumpulkan menggunakan Teknik pengumpulan simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa remedial dan pengayaan berperan penting dalam membantu siswa yang kesulitan belajar, siswa aktif berkolaborasi untuk bekerja sama, dan pelaksanaan menjadi efektif.


Keywords


remedial; pengayaan.

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 1363 times | PDF view : 406 times

References


Astuti, S. P. 2015. Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 5(1): 70-79.

Harahap MH. 2021. Landasan Pendidikan. Makasar: Tahta Media Group.

Hisbullah NS. 2018. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Jawa Timur: Aksara Timur.

Lidi W. 2018. Pembelajaran Remedial Sebagai Suatu Upaya Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Foundasia, 9(1): 16-17

Masbur. 2012. Remedial Teaching sebagai Suatu Solusi: Suatu Analitis Teoritis. Jurnal Ilmiah Didaktika. 12(2): 348-367

Nugraha MF, Pratiwi AS. 2020. Pengantar Pendidikan Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jawa Barat: Edu Publisher.

Sugiyono. 2011. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sururiyah L. 2018. Efektivitas Penerapan Remedial Teaching Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Pelajaran. Jurnal Edu Tech, 4(1): 59-71

Triutami RR, Ruwanto B. 2017. Pengembangan Modul Pengayaan Berbasis Authentic Learning Pada Materi Pokok Fluida Dinamis Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Jatisrono. Jurnal Pendidikan Fisika. 6(5): 1-15.

Waldrip B., Prain, V. & Carolan, J. 2010. Using multi-modal representations to improve learning in junior secondary science. Research in Science Education. 40(1): 65–80.

Yuliati Y. 2017. Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2) : 21-24




DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i1.3470

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Kinanti Eka Putri

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.