Analisis Pelaksanaan Program Remedial Dan Pengayaan Di SMAN 1 Kerinci
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan remedial dan pengayaan di SMAN 1 Kerinci. Remedial dan pengayaan ini bermakna untuk sekolah karena untuk membantu siswa/siswi yang kesulitan belajar. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Jenis penilitian yang dipakai yaitu studi kasus yang diperoleh melalui wawancara. Subjek pada penelitian ini siswa di SMAN 1 Kerinci. Sample dalam penelitian ini adalah narasumber dari 2 guru. Intrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu wawancara dengan 10 pertanyaan . Data kualitatif adalah sumber deskripsi dan penjelasan yang kaya dan beralasan tentang proses manusia. Dengan data kualitatif, seseorang dapat mempertahankan alur kronologis, melihat peristiwa mana yang menyebabkan konsekuensi mana, dan memperoleh penjelasan yang bermanfaat. Data dikumpulkan menggunakan Teknik pengumpulan simple random sampling. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa remedial dan pengayaan berperan penting dalam membantu siswa yang kesulitan belajar, siswa aktif berkolaborasi untuk bekerja sama, dan pelaksanaan menjadi efektif.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 1103 times | PDF view : 305 timesReferences
Astuti, S. P. 2015. Pengaruh Kemampuan Awal Dan Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika. Jurnal Formatif, 5(1): 70-79.
Harahap MH. 2021. Landasan Pendidikan. Makasar: Tahta Media Group.
Hisbullah NS. 2018. Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar. Jawa Timur: Aksara Timur.
Lidi W. 2018. Pembelajaran Remedial Sebagai Suatu Upaya Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar. Foundasia, 9(1): 16-17
Masbur. 2012. Remedial Teaching sebagai Suatu Solusi: Suatu Analitis Teoritis. Jurnal Ilmiah Didaktika. 12(2): 348-367
Nugraha MF, Pratiwi AS. 2020. Pengantar Pendidikan Dan Pembelajaran Di Sekolah Dasar. Jawa Barat: Edu Publisher.
Sugiyono. 2011. Metode penelitian pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sururiyah L. 2018. Efektivitas Penerapan Remedial Teaching Peningkatan Kemampuan Siswa Dalam Memahami Pelajaran. Jurnal Edu Tech, 4(1): 59-71
Triutami RR, Ruwanto B. 2017. Pengembangan Modul Pengayaan Berbasis Authentic Learning Pada Materi Pokok Fluida Dinamis Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Dan Pemahaman Konsep Peserta Didik Kelas XI SMA Negeri 1 Jatisrono. Jurnal Pendidikan Fisika. 6(5): 1-15.
Waldrip B., Prain, V. & Carolan, J. 2010. Using multi-modal representations to improve learning in junior secondary science. Research in Science Education. 40(1): 65–80.
Yuliati Y. 2017. Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2) : 21-24
DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i1.3470
Article Metrics
Abstract view : 1103 timesPDF - 305 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Kinanti Eka Putri

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
©2021-2022 IAIN Palangka Raya