Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Arthropoda Berbasis Student Centered Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Di Masa Pandemi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran materi  Arthropoda untuk meningkatkan kemandirian mahasiswa dan meningkatkan CTS dengan menggunakakan pendekatan Studen-Centered Learning. Pengembangan perangkat menggunakan pengembangan model ADDIE, perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari 1) RPS 2) Bahan Ajar 3) Lembar kerja mahasiswa 4) Evaluasi hots. Pengembangan perangkat mengunakan hasil validasi ahli dan uji terbatas. Hasil pengembangan berupa 1) Pengembangan perangkat perangkat dengan kategori valid dan layak digunakan 2) Hasil keterlaksanaan RPS menggunakan pendekatan SCL dengan kategori cukup baik dan respon mahasiswa terhadap langkah-langkah RPS positif dan mengacu pada keterampilan berpikir kritis dengan kategori N-gain 0,73 dengan nilai tinggi. 3)Pengembangan pada Bahan Ajar dengan kategori baik, 4) LKM didesain sederhana untuk meningkatkan keterrampilan berpikir kritis, 5) Alat evaluasi  mengacu pada soal hots. Pelaksanaan penelitian secara hybrid learning dengan memadukan kegiatan online dan offline, kegiatan, perkuliahan secara online menggunakan Whatsapp, GcR dan Zoom, dan kegiatan perkuliahan secara offline dilaksanakan mahasiswa dengan mengakses bahan ajar dan instruksional yang ada di dalam GcR secara mandiri. Perangkat pembelajaran materi Arthropoda berbasis Student-Centered Learning dapat digunakan di masa pandemi untuk  meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFArticle Metrics
Abstract view : 122 times | PDF view : 111 timesReferences
Care E., Griffin P., Woods K., & Mountain R. 2012. Defining and Assessing 21st Century Skills.
Crosby. 2000. The good teacher is more than a lecturer-the twelve roles of the. Medical Teacher, 22(4): 334-347
Ennis RH. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. University of Illinois
Sharma P., Hanapin M. 2004. Scaffolding Critikal Thingking In An Online Course: An Exploratory Study. Jounal Of Education: A Review. Educational Research. 42 (3): 237-249
Santoso D. 2014. Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi; Buku K-DIKTI. Jakarta: Tim Kurikulum & Pembelajaran Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan
Maulana. 2017. Konsep Dasar Matematika Berpikir Kritis-Kreatif. Sumedang: UPI Sumedang Press.
Haryono A, Basuki B, Adam C, Savitri S, Araina E, Fahrina A. 2021. The Development of Elema-SCl protozoa for invertebrate Zoologi Courses. Proceedings The 3rd International Conference on Elementary Education. 3(1).
Rusliadi. 2020. Teknologi Pembelajaran Masa Depan. Lentera: Jurnal Diklat Keagamaan Padang, 2(1): 70-83
Sulkifli S, Kaharudin K, Firdaus F. 2019. Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran Tambahan Siswa SMA Yasbip Bontolempangan. Jurnal Pendidikan Equilibrium, 7 (2)
Yuniar M. 2015. Analisis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Pada Soal Objektif Tes Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SDN 7 Ciamis. Pedadidaktika. 2(2)
DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i1.3586
Article Metrics
Abstract view : 122 timesPDF - 111 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Sitti minah minah, Sitti minah minah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
©2021-2022 IAIN Palangka Raya