Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Arthropoda Berbasis Student Centered Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa Di Masa Pandemi

Sitti Minah, Agus Haryono, Saalon Sinaga

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran materi  Arthropoda untuk meningkatkan kemandirian mahasiswa  dan meningkatkan CTS dengan menggunakakan pendekatan Studen-Centered Learning. Pengembangan perangkat  menggunakan  pengembangan model ADDIE, perangkat pembelajaran yang dikembangkan terdiri dari 1) RPS 2) Bahan Ajar 3) Lembar kerja mahasiswa 4) Evaluasi hots. Pengembangan perangkat mengunakan hasil validasi ahli dan uji terbatas. Hasil pengembangan berupa 1) Pengembangan perangkat perangkat dengan kategori valid dan layak digunakan 2) Hasil keterlaksanaan  RPS  menggunakan pendekatan SCL dengan kategori cukup baik dan respon mahasiswa terhadap langkah-langkah RPS positif dan mengacu pada keterampilan berpikir kritis dengan kategori N-gain 0,73 dengan nilai tinggi. 3)Pengembangan pada Bahan Ajar dengan kategori baik,  4)  LKM didesain sederhana  untuk meningkatkan keterrampilan berpikir kritis, 5) Alat evaluasi   mengacu pada soal hots. Pelaksanaan penelitian secara hybrid learning dengan memadukan kegiatan online dan offline, kegiatan, perkuliahan secara online menggunakan Whatsapp, GcR dan Zoom, dan kegiatan perkuliahan secara offline dilaksanakan mahasiswa dengan mengakses bahan ajar dan instruksional yang ada di dalam GcR secara mandiri. Perangkat pembelajaran materi Arthropoda berbasis Student-Centered Learning dapat digunakan di masa pandemi untuk  meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa.


Keywords


Perangkat Pembelajaran; Student Center Learning; Materi Arthropada; Keterampilan Berpikir kritis

Full Text:

PDF

Article Metrics

Abstract view : 122 times | PDF view : 111 times

References


Care E., Griffin P., Woods K., & Mountain R. 2012. Defining and Assessing 21st Century Skills.

Crosby. 2000. The good teacher is more than a lecturer-the twelve roles of the. Medical Teacher, 22(4): 334-347

Ennis RH. 2011. The Nature of Critical Thinking: An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. University of Illinois

Sharma P., Hanapin M. 2004. Scaffolding Critikal Thingking In An Online Course: An Exploratory Study. Jounal Of Education: A Review. Educational Research. 42 (3): 237-249

Santoso D. 2014. Buku Kurikulum Pendidikan Tinggi; Buku K-DIKTI. Jakarta: Tim Kurikulum & Pembelajaran Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan

Maulana. 2017. Konsep Dasar Matematika Berpikir Kritis-Kreatif. Sumedang: UPI Sumedang Press.

Haryono A, Basuki B, Adam C, Savitri S, Araina E, Fahrina A. 2021. The Development of Elema-SCl protozoa for invertebrate Zoologi Courses. Proceedings The 3rd International Conference on Elementary Education. 3(1).

Rusliadi. 2020. Teknologi Pembelajaran Masa Depan. Lentera: Jurnal Diklat Keagamaan Padang, 2(1): 70-83

Sulkifli S, Kaharudin K, Firdaus F. 2019. Pemanfaatan Internet Sebagai Media Pembelajaran Tambahan Siswa SMA Yasbip Bontolempangan. Jurnal Pendidikan Equilibrium, 7 (2)

Yuniar M. 2015. Analisis HOTS (Higher Order Thinking Skill) Pada Soal Objektif Tes Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) Kelas V SDN 7 Ciamis. Pedadidaktika. 2(2)




DOI: https://doi.org/10.23971/jpsp.v2i1.3586

Article Metrics

Abstract view : 122 times
PDF - 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sitti minah minah, Sitti minah minah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.





Journal Management Address Map:


Jurnal Penelitian Sains dan Pendidikan,
ISSN 2775-6580 (online-electronics), 2776-7531 (print)
©
2021-2022 IAIN Palangka Raya